Topik Terkait: Manfaat Mengakhirkan Sahur

  • 5 Manfaat Mengakhirkan Sahur, Nomor Terakhir Dapat Keutamaan Berlipat
    Tausyiah
    Kamis, 23 Maret 2023 - 03:10 WIB
    Mengakhirkan sahur merupakan sunnah Nabi Muhammad shollallahu alaihi wasallam (SAW) ketika puasa Ramadan. Setidaknya ada lima manfaat mengakhirkan sahur di bulan Ramadan.
  • 5 Manfaat Mengakhirkan Sahur di Bulan Ramadhan
    Tausyiah
    Kamis, 07 April 2022 - 03:01 WIB
    Manfaat mengakhirkan sahur di bulan Ramadhan perlu diketahui umat muslim yang menjalankan ibadah puasa. Mengakhirkan sahur merupakan kebiasaan Nabi Muhammad.
  • 7 Keutamaan Sahur dan Berkahnya yang Luar Biasa
    Tausyiah
    Selasa, 21 Maret 2023 - 12:27 WIB
    Sahur bukan sekadar makan untuk mengeyangkan perut saat berpuasa Ramadan nanti, tetapi sahur adalah ibadah yang juga terdapat banyak keutamaan dan keberkahan
  • Makan Sahur Memiliki Keberkahan Dunia dan Akhirat
    Tausyiah
    Rabu, 06 April 2022 - 20:02 WIB
    Makan sahur memiliki keberkahan dunia dan akhirat. Ibnu Hajjar dalam kitab Fat-hul Baari mengatakan bahwa keberkahan dalam makan sahur dapat diperoleh dari banyak segi.
  • Inilah Hidangan Terbaik Saat Sahur Ramadan
    Tips
    Selasa, 28 Maret 2023 - 02:05 WIB
    Salah satu hidangan terbaik saat sahur ternyata adalah kurma. Hal ini disebutkan dalam hadis Nabi Shallallahu alaihi wa sallam yang diriwiyatkan dari dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Doa yang Dibaca Saat Sahur seperti Dicontohkan Rasulullah SAW
    Tips
    Rabu, 06 April 2022 - 03:00 WIB
    Doa yang dibaca saat sahur sebagaimana dicontohkan Rasulullah SAW ada dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam At-Thabaran sebagai berikut ini.
  • Benarkah Hidangan Terbaik Saat Sahur Adalah Kurma? Begini Penjelasan Ulama
    Tips
    Rabu, 06 April 2022 - 18:57 WIB
    Salah satu amalan yang paling baik dalam menjalankan ibadah puasa Ramdhan adalah melakukan makan sahur. Amalan ini disepakati oleh para ulama dihukumi sunnah dan bukanlah wajib.
  • Doa dan Niat Sahur Puasa Ramadan, Arab, Latin dan Terjemahan
    Tips
    Kamis, 14 Maret 2024 - 02:05 WIB
    Doa dan Niat Sahur puasa Ramadan ini dibaca ketika hendak menyantap hidangan di waktu sahur. Mengingat waktu sahur merupakan salah satu waktu yang mustajab doa.
  • Inilah Doa Para Nabi dan Sahabat pada Waktu Sahur
    Tips
    Kamis, 07 April 2022 - 04:00 WIB
    Waktu sahur adalah saat dimana Allah Azza wa Jalla menurunkan rahmat dan mengabulkan doa dan istighfar hamba-Nya. Inilah doa para Nabi dan sahabat di waktu sahur.
  • Dilarangnya Tidak Tidur Setelah Sahur, Ini Alasannya!
    Muslimah
    Selasa, 13 April 2021 - 20:03 WIB
    Kondisi perut yang kenyang dan rasa kantuk yang masih tersisa kerap membuat seseorang memilih kembali tidur usai santap sahur. Padahal, baik secara kajian agama maupun kesehatan prilaku ini termasuk dalam kategori yang kurang baik.
  • Sahur adalah Pembeda Puasa Umat Muslim
    Tips
    Sabtu, 16 April 2022 - 03:00 WIB
    Sebelum menjalankan ibadah puasa sepanjang hari di bulan Ramadhan, umat Islam disunnahkan sahur terlebih dahulu. Kenapa harus sahur? Dan bagaimana keutamaan serta hukum sahur ini?
  • Bacaan Niat Makan Sahur Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Terjemahan
    Tips
    Selasa, 12 Maret 2024 - 15:31 WIB
    Bacaan niat makan sahur penting diketahui umat Muslim. Sesuai namanya, doa tersebut dilafazkan sebelum menyantap makanan sahur di bulan Ramadan.
  • Faedah Luar Biasa Istighfar di Waktu Sahur, Yuk Amalkan!
    Hikmah
    Minggu, 26 Maret 2023 - 03:05 WIB
    Memperbanyak istighfar di waktu sahur memiliki faedah yang luar biasa dahsyatnya. Karena, waktu sahur merupakan waktu mustajab untuk berdoa.
  • Niatkan Sahur Sebelum Puasa Sunnah, Ini Keutamaannya!
    Tips
    Minggu, 05 Maret 2023 - 15:29 WIB
    Agar puasa sunnah baik puasa Senin atau Syaban bisa berjalan baik dan mendapat pahala berlimpah, niatkan sahur terlebih dahulu. Ada banyak keutamaan dalam sahur tersebut. Apa saja?
  • Lagi Makan Sahur Terdengar Adzan, Berhenti Makan Atau Diteruskan?
    Tips
    Minggu, 03 April 2022 - 03:00 WIB
    Di antara kaum muslimin mungkin pernah punya pengalaman ketika makan sahur tiba-tiba terdengar Adzan. Pertanyaannya, makanan yang di piring dihabiskan atau berhenti makan dan minum?
  • Menu Sahur dan Berbuka ala Nabi Muhammad SAW
    Tips
    Sabtu, 15 April 2023 - 03:00 WIB
    Terkait hidangan buka puasa dan sahur, Nabi Muhammad SAW memiliki makanan favorit yang biasa disantap pada dua waktu tersebut. Selain kurma, apa saja?
  • Waktu Utama Melaksanakan Sahur
    Tausyiah
    Selasa, 12 Maret 2024 - 13:45 WIB
    Ketika melaksanakan ibadah puasa, salah satu sunnah yang dianjurkan adalah makan sahur. Di bulan Ramadan ini, melaksanakan sahur juga memiliki banyak keutamaan. Lantas, kapan waktu utama melaksanakan sahur tersebut?
  • Berkah Sahur: Mendapat Salawat dari Allah dan Malaikat
    Tips
    Rabu, 22 Maret 2023 - 21:17 WIB
    Ramadan telah tiba. Salah satu ibadah yang sangat dianjurkan dalam bulan puasa adalah sahur. Rasulullah SAW memerintahkan umat Islam untuk bersahur karena di dalamnya ada keberkahan.
  • Puasa Ramadan: Mengapa Rasulullah SAW Mendorong Umatnya Makan Sahur?
    Hikmah
    Selasa, 12 Maret 2024 - 04:00 WIB
    Rasulullah SAW sangat menekankan dan mendorong umatnya melaksanakan sahur, di antaranya adalah hadis yang diriwayatan Imam Muslim dari Amr bin al-Ash ra.
  • Larangan Tidur Setelah Sahur, Begini Penjelasannya
    Tips
    Selasa, 12 April 2022 - 18:30 WIB
    Dalam Islam, langsung tidur setelah santap sahur dan shalat subuh memang tidak dianjurkan, bahkan beberapa ulama menghukuminya itu adalah makruh (jika tidak ada udzur dan keperluan).