Topik Terkait: Manfaat Mengakhirkan Sahur (halaman 2)

  • Lagi Makan Sahur Terdengar Adzan, Berhenti Makan Atau Diteruskan?
    Tips
    Minggu, 03 April 2022 - 03:00 WIB
    Di antara kaum muslimin mungkin pernah punya pengalaman ketika makan sahur tiba-tiba terdengar Adzan. Pertanyaannya, makanan yang di piring dihabiskan atau berhenti makan dan minum?
  • Memperbanyak Istighfar di Waktu Sahur, Faedahnya Luar Biasa
    Tips
    Senin, 04 April 2022 - 15:34 WIB
    Waktu sahur merupakan waktu mustajab untuk berdoa, salah satunya dianjurkan untuk memperbanyak istighfar. Sayangnya, amalan satu ini sering terabaikan atau dilalaikan, padahal manfaat dan efeknya sangat luar biasa bagi yang mengamalkannya.
  • Inilah Hikmah dan Manfaat Puasa Sunnah Syawal
    Muslimah
    Minggu, 16 Mei 2021 - 15:25 WIB
    Setelah menyelesaikan puasa Ramadhan, umat Islam juga dianjurkan mengamalkan 6 hari puasa Syawal setelah merayakan Idul Fitri. Banyak keistimewaan dan hikmah serta manfaat dari puasa Syawal ini. Apa saja hikmah dan manfaatnya?
  • Manfaat Puasa Senin Kamis dan Pahala Mengamalkannya
    Tips
    Senin, 06 September 2021 - 17:23 WIB
    Puasa Senin --Kamis merupakan puasa sunnah yang memiliki segudang manfaat. Bahkan puasa ini sangat dianjurkan Rasulullah Sholallahu Alaihi wa sallam untuk melaksanakan dan mengamalkannya secara rutin serta istiqamah.
  • Inilah Keutamaan dan Manfaat Wudhu Sebelum Tidur
    Tausyiah
    Rabu, 25 Mei 2022 - 23:48 WIB
    Wudhu merupakan amalan yang tidak dapat dipisah dari aktivitas seorang muslim. Berikut beberapa keutamaan dan manfaat wudhu sebelum tidur.
  • 6 Manfaat Puasa Senin-Kamis, Nomor 5 Sering Diabaikan
    Tips
    Kamis, 10 Februari 2022 - 07:07 WIB
    Pahala puasa sunnah Senin-Kamis ini sangat istimewa dan banyak manfaatnya, karena puasa sunnah ini berhubungan langsung dengan Allah subhanahu wa taala.
  • 5 Manfaat Puasa Daud bagi Kesehatan, Salah Satunya Mendetoksifikasi Tubuh
    Tips
    Senin, 18 September 2023 - 10:42 WIB
    Manfaat puasa Daud bagi kesehatan tubuh ternyata banyak sekali. Ibadah puasa ini adalah ibadah yang dijalankan Nabi Daud sepanjang hayatnya, dengan berpuasa selang seling dengan jeda satu hari saja.
  • Cara Mengetahui Waktu Sahur yang Benar, Berikut Fiqihnya
    Tips
    Rabu, 22 April 2020 - 08:05 WIB
    Kita biasa mengerjakan Sunnah Nabi yaitu makan sahur pada waktu sahar. Ada yang makan terlalu malam agar punya energi lebih. Apabila waktu fajarnya 4.30, imsaknya jam berapa?
  • Manfaat Qiyamul Lail Bagi Kesehatan Tubuh
    Tips
    Minggu, 18 Juli 2021 - 05:00 WIB
    Waktu malam adalah momentum terbaik untuk mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa Taala. Bentuk pendekatan diri kepada Rabbnya yang paling utama ini, adalah shalat tahajud atau qiyamul lail.
  • Sunnah Sahur dan Berbuka Puasa Ramadhan yang Perlu Diketahui
    Tips
    Kamis, 31 Maret 2022 - 07:42 WIB
    Dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan, ada beberapa hal yang perlu diketahui seorang muslim, selain niat puasa juga sunnah-sunnahnya, terutama yang berkaitan dengan sahur dan buka puasa.
  • 5 Keutamaan dan Manfaat Surat Asy-Syuara, Penghilang Rasa Takut dan Lelah
    Tips
    Kamis, 26 Januari 2023 - 22:44 WIB
    Keutamaan dan manfaat Surat Asy-Syuara, surat ke-26 dalam Al-Quran perlu diketahui kaum muslim. Salah satunya dapat menghilangkan rasa takut dan kelelahan.
  • Mandi Sebelum Subuh, Pahala dan Manfaat untuk Kesehatan
    Tips
    Senin, 14 Februari 2022 - 23:50 WIB
    Mandi sebelum Subuh memiliki keutamaan pahala dan manfaat untuk kesehatan. Inilah kebiasaan orang-orang terdahulu yang dapat kita teladani.
  • Selama Ramadhan, Masjid Istiqlal Tidak Gelar Buka dan Sahur Bersama
    Dunia Islam
    Senin, 12 April 2021 - 16:59 WIB
    Kabid Pendidikan dan Pelatihan Masjid Istiqlal, Faried F Saenong menegaskan, selama Ramadhan 1442 H Masjid Istiqlal tidak mengadakan buka dan sahur bersama.
  • Mengapa Tidur Setelah Sahur Dilarang? Begini Penjelasannnya
    Hikmah
    Minggu, 02 April 2023 - 03:05 WIB
    Dalam Islam, langsung tidur setelah santap sahur dan salat subuh sangat tidak dianjurkan, bahkan beberapa ulama menghukuminya itu adalah makruh (jika tidak ada udzur dan keperluan).
  • Manfaat dan Doa Perlindungan dari Niat Jahat
    Tips
    Kamis, 16 November 2023 - 18:51 WIB
    Sebagai muslim kita diperintahkan agar berdoa dan zikir memohon perlindungan baik dari kejahatan setan maupun kejahatan manusia lainnya.
  • Dahsyatnya Keutamaan Waktu Sahur dan Subuh, Begini Penjelasan
    Tips
    Sabtu, 25 Maret 2023 - 04:02 WIB
    Dahsyatnya keutamaan waktu sahur dan subuh banyak dijelaskan dari berbagai hadis. Dua waktu tersebut, dalam Islam disebutkan sebagai waktu yang penuh limpahan keberkahan. Kenapa demikian?
  • 7 Keutamaan Makan Sahur, Salah Satunya Mendapat Doa Malaikat
    Hikmah
    Kamis, 14 Maret 2024 - 04:00 WIB
    Sahur merupakan amalan yang disepakati oleh para ulama hukumnya sunnah, tetapi memiliki keutamaan yang penuh berkah. Mengapa demikian?
  • Makan Sahur Memiliki Keberkahan Dunia dan Akhirat
    Tausyiah
    Rabu, 06 April 2022 - 20:02 WIB
    Makan sahur memiliki keberkahan dunia dan akhirat. Ibnu Hajjar dalam kitab Fat-hul Baari mengatakan bahwa keberkahan dalam makan sahur dapat diperoleh dari banyak segi.
  • Keutamaan Sahur, Salah Satunya Didoakan Para Malaikat
    Tips
    Jum'at, 01 Mei 2020 - 03:05 WIB
    Salah satu sunnah dan adab Ramadhan adalah bersahur sebagaimana dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW. Apa saja keutamaan bersahur ini hingga Nabi sangat menganjurkannya?
  • Manfaat  Harta untuk Memborong Pahala
    Tips
    Kamis, 24 Maret 2022 - 19:18 WIB
    Banyak manfaat dari harta yang kita miliki, baik dari aspek dunia atau pun aspek agama. Dari aspek dunia misalnya, harta yang kita miliki bisa untuk membeli makanan yang kita inginkan, memiliki kendaraan untuk kebutuhan,