Topik Terkait: Surat Ghafir

  • Surat Al-Kautsar, Surat Terpendek yang Keutamaannya Banyak
    Muslimah
    Rabu, 30 September 2020 - 08:26 WIB
    Surat ini merupakan surat terpendek dalam Al-Quran karena hanya terdiri dari tiga ayat saja. Namun, surat Al-Kautsar ternyata memiliki keutamaan dan faedah yang banyak.
  • Bacaan Surat Al-Ikhlas dan Kandungan Per Ayat
    Tips
    Rabu, 02 Agustus 2023 - 20:39 WIB
    Surat Al-Ikhlas termasuk surat yang sangat populer di kalangan umat Islam (golongan surat Makkiyah). Terdiri dari empat ayat, surat ini memiliki fadhilah dan manfaat luar biasa.
  • Yuk, Mengenal Berbagai Keutamaan dalam Surat At-Taubah
    Hikmah
    Rabu, 23 Agustus 2023 - 16:01 WIB
    Ada banyak keutamaan dan khasiat yang dimiliki surat At-Taubah. Di antaranya terletak pada dua ayat terakhirnya. Sesuai namanya, At-Taubah memiliki makna Pengampunan.
  • 5 Manfaat Membaca Surat An Nas Setiap Hari
    Tips
    Selasa, 01 November 2022 - 21:48 WIB
    Manfaat membaca Surat An Nas setiap hari perlu diketahui umat muslim. Surat An Nas termasuk salah satu surat terbaik dalam Al-Quran dan dinamakan Surat Al-Muawwidzatain.
  • Inilah 15 Manfaat Surat Yasin ketika Dibaca Rutin
    Tips
    Kamis, 10 Agustus 2023 - 18:29 WIB
    Membaca surat Yasin banyak manfaatnya. Membaca Surat Yasin adalah membaca al-Quran. Maknanya, manfaat membaca Surat Yasin bisa juga diterjemahkan sama dengan manfaat membaca al-Quran.
  • cover top ayah
    وَقُلْ لِّـلۡمُؤۡمِنٰتِ يَغۡضُضۡنَ مِنۡ اَبۡصَارِهِنَّ وَيَحۡفَظۡنَ فُرُوۡجَهُنَّ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا مَا ظَهَرَ مِنۡهَا‌ وَلۡيَـضۡرِبۡنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلٰى جُيُوۡبِهِنَّ‌ۖ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا لِبُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اٰبَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اٰبَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اَخَوٰتِهِنَّ اَوۡ نِسَآٮِٕهِنَّ اَوۡ مَا مَلَـكَتۡ اَيۡمَانُهُنَّ اَوِ التّٰبِعِيۡنَ غَيۡرِ اُولِى الۡاِرۡبَةِ مِنَ الرِّجَالِ اَوِ الطِّفۡلِ الَّذِيۡنَ لَمۡ يَظۡهَرُوۡا عَلٰى عَوۡرٰتِ النِّسَآءِ‌ۖ وَلَا يَضۡرِبۡنَ بِاَرۡجُلِهِنَّ لِيُـعۡلَمَ مَا يُخۡفِيۡنَ مِنۡ زِيۡنَتِهِنَّ‌ ؕ وَتُوۡبُوۡۤا اِلَى اللّٰهِ جَمِيۡعًا اَيُّهَ الۡمُؤۡمِنُوۡنَ لَعَلَّكُمۡ تُفۡلِحُوۡنَ
    Dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang (biasa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau para perempuan (sesama Islam) mereka, atau hamba sahaya yang mereka miliki, atau para pelayan laki-laki (tua) yang tidak mempunyai keinginan (terhadap perempuan) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat perempuan. Dan janganlah mereka menghentakkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertobatlah kamu semua kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman, agar kamu beruntung.

    (QS. An-Nur Ayat 31)
    cover bottom ayah
  • Hukum Bacaan Tajwid Surat Al-Ikhlas Beserta Cara Bacanya
    Tips
    Selasa, 15 Agustus 2023 - 14:38 WIB
    Hukum bacaan Tajwid Surat Al-Ikhlas penting dipelajari umat muslim agar tidak keliru membacanya. Surat ini diturunkan di Makkah terdiri 4 ayat dan 47 huruf.
  • Makna Kun Fayakun di Surat Yasin Ayat 82
    Tips
    Selasa, 27 September 2022 - 08:08 WIB
    Makna Kun Fayakun di Surat Yasin ayat 82, banyak dijelaskan dalam kitab-kitab tafsir yang ditulis ulama salaf (terdahulu) maupun ulama Khalaf (yang datang kemudian).
  • Hukum Bacaan Tajwid Surat Al-Kahfi Ayat 1-3 dan Penjelasannya
    Tips
    Rabu, 07 Desember 2022 - 23:12 WIB
    Hukum bacaan tajwid Surat Al-Kahfi penting dipelajari kaum muslim agar tidak keliru ketika membacanya. Berikut tajwid Surat Al-Kahfi ayat 1-3 dan penjelasannya.
  • Surat Al-Ghafir Ayat 44, Doa Meringankan Sakit Mata
    Hikmah
    Senin, 31 Juli 2023 - 13:03 WIB
    Adapun caranya yaitu dengan membaca Surat Al-Ghafir ayat 44 di hadapan orang yang sakit mata, namun lebih bagus lagi jika yang menderita sakit mata sendirilah yang membacanya.
  • Keutamaan dan Manfaat Membaca Surat Al-Ghasyiyah
    Tips
    Kamis, 12 Januari 2023 - 22:56 WIB
    Surat Al-Ghasyiyah adalah surat ke-88 dalam mushaf Al-Quran. Surat yang terdiri 26 ayat ini memiliki keutamaan dan manfaat yang tak banyak diketahui kaum muslim.
  • Khasiat Membaca Surat Al-Fatihah Sebanyak 7 Kali
    Tips
    Senin, 30 Januari 2023 - 17:24 WIB
    Sebagai induk dari semua isi Al-Quran, Al-Fatihah juga disebut Ummul Quran atau pembuka kitab suci Al-Quran. Surat ini memiliki khasiat dan keutamaan luar biasa.
  • Manfaat Membaca Surat Yasin Setiap Pagi Hari
    Tips
    Selasa, 18 Oktober 2022 - 06:20 WIB
    Manfaat membaca Surat Yasin setiap pagi hari diyakini dapat mendatangkan kegembiraan bagi pembacanya. Berikut keterangan dari Yahya Ibnu Katsir.
  • Hukum Bacaan Tajwid Surat Al Lahab, Pahami Sebelum Membacanya!
    Tips
    Sabtu, 10 Juni 2023 - 09:39 WIB
    Hukum bacaan tajwid dalam Surah Al-Lahab penting untuk diketahui oleh seluruh umat Islam. Dengan mengetahuinya, maka setiap muslim yang membaca Al Quran bisa melafalkannya dengan benar.
  • Doa Setelah Membaca Surat Yasin lengkap dengan Lafadz Arab. Latin dan Artinya
    Tips
    Minggu, 12 September 2021 - 11:29 WIB
    Inilah doa setelah membaca Surat Yasin yang bisa diamalkan kaum muslim secara istiqamah. Doa ini sebagai pelengkap setelah kita membaca surat yang merupakan jantung hatinya Al Quran.
  • Surat Al-Waqiah Lengkap Arab Latin dan Terjemahan
    Tips
    Rabu, 14 Juni 2023 - 23:25 WIB
    Surat Al-Waqiah lengkap Arab latin dan terjemahan sangat dianjurkan dibaca kaum muslim setiap hari. Surat ini memiliki keutamaan membuka pintu rezeki dan penghalang kemiskinan.
  • Surat-surat dalam Al-Quran untuk Ibu Hamil
    Muslimah
    Selasa, 26 Juli 2022 - 13:09 WIB
    Ada banyak surat-surat dalam Al-Quran yang menjelaskan tentang kondisi ibu hamil. Bahkan Al-Quran menceritakan detik-detik kelahiran seorang anak yang dikandung ibunya ketika usia kehamilan sudah waktunya melahirkan
  • Asbabun Nuzul Surat Al-Waqiah Ayat 13 dan 39
    Hikmah
    Sabtu, 14 Januari 2023 - 18:15 WIB
    Dalam Surah Al Waqiah banyak mengandung tentang keadaan pada hari kiamat, keadaan orang orang terdahulu, hingga mengenai sakaratul maut.
  • Inilah Para Pendusta Agama Menurut Penjelasan Surat Al-Maun
    Tips
    Kamis, 27 Januari 2022 - 16:21 WIB
    Dalam Al-Quran, surat Al Maun merupakan surat yang menjelaskan hakikat para pendusta agama dan mendustakan hari pembalasan.
  • Mengenal 8 Keutamaan Surat Al-Fatihah, Salah Satunya Pembuka Pintu Langit
    Hikmah
    Senin, 04 September 2023 - 18:40 WIB
    Ada banyak keutamaan surat Al-Fatihah yang bisa diketahui umat Muslim. Salah satunya adalah menjadi pembuka pintu langit. Al-Fatihah adalah surat pertama dalam Al Quran.
  • 5 Keutamaan dan Manfaat Surat Asy-Syuara, Penghilang Rasa Takut dan Lelah
    Tips
    Kamis, 26 Januari 2023 - 22:44 WIB
    Keutamaan dan manfaat Surat Asy-Syuara, surat ke-26 dalam Al-Quran perlu diketahui kaum muslim. Salah satunya dapat menghilangkan rasa takut dan kelelahan.