alexametrics

Artikel Terkait Wabah Tho'un

Haram Hukumnya Menolak Jenazah Pasien Covid-19

Sejumlah pimpinan ormas Islam mengimbau kepada seluruh masyarakat di Indonesia untuk tidak menolak kehadiran jenazah sesama muslim yang meninggal akibat Covid-19

Cara Orang Beriman Menghadapi Wabah dan Doa Para Nabi

Pembina Yayasan Al Fatih Pilar Peradaban yang juga pakar sejarah Islam, Ustaz Budi Ashari, menyampaikan enam cara orang beriman saat menghadapi musibah wabah.

Wabah Corona, Gus Baha: Jangan Takut dan Gelisah Berlebihan

KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau Gus Baha, mengingatkan agar umat Islam tidak gelisah dan takut yang berlebihan dalam menghadapi wabah virus corona.

Gus Mus: Selamat Pagi Dunia yang Lelah

Gus Mus seakan tengah bicara tentang kondisi kini, saat orang-orang sibuk berjemur pada matahari pagi dan lebih rajin membersihkan diri untuk melawan virus corona.

UAS Posting Pesan Syeikh Ali Jum'ah Terkait Wabah Penyakit

Ulama terkemuka Mesir Syeikh Ali Jum'ah menceritakan peristiwa wabah besar pernah melanda Mesir. Pesan Syeikh Ali Jum'ah ini diposting oleh dai kondang Ustaz Abdul Somad (UAS).

Ramadhan Nanti Tenaga Kesehatan Boleh Tidak Berpuasa

Untuk menjaga kekebalan tubuh, tenaga medis boleh meninggalkan puasa Ramadhan saat sedang bertugas. Bila ini dilakukan tetap harus menggantinya sesuai dengan tuntunan syariat.

Di Tengah Ancaman Covid-19, Maksimalkan Zakat, Infak dan Sedekah

Pada kondisi saat ini umat Islam hendaknya menggalakkan sikap berbuat baik (ihsan) dan saling menolong (taawun) di antara warga masyarakat.

Meninggal karena Covid-19 Syahid, yang Menularkan Zalim

Mereka yang menyepelekan wabah Covid-19 sehingga abai dan membahayakan dirinya dan juga orang lain adalah termasuk yang berlawanan dengan upaya jihad mempertahankan nyawa. Itu merupakan bentuk kezaliman

Syeikh Fikri: 4 Cara Agar Keluar dari Musibah Wabah

Dai lulusan Hadramaut Yaman, Syeikh Fikri Thoriq mengingatkan agar umat Islam tidak saling menyalahkan dan tidak berputus asa dari rahmat Allah Ta'ala.

Gara-gara Covid-19, Kalimat Adzan Diubah Shallu fi Rihalikum

Azan harus tetap dikumandangkan dengan mengubah lafat azan Hayya  alah-halah jadi  shallu fi rihalikum, shallu fi buyutikum, atau shallu fir rihal.

Jenazah Pasien Covid-19 Boleh Tak Dimandikan dan Dikafani

Apabila dipandang darurat dan mendesak, jenazah pasien Covis dapat dimakamkan  tanpa dimandikan dan dikafani

Jintan Hitam, Madu, dan Air Zamzam Bisa Jadi Alternatif Obat Corona

Hadis Nabi menyatakan tidaklah ada penyakit melainkan pasti ada obatnya. Ibrahim menyebut jintan hitam, madu, dan air zamzam dapat sebagai alternatif obat corona.

Jangan Putus Asa, Musibah Pasti Akan Berakhir

Dunia saat ini berduka karena ujian wabah Covid-19 (virus Corona) yang begitu sulit. Tidak hanya menyempitkan masalah ekonomi, ibadah pun mengalami kesulitan.

Umar: Lari dari Takdir Allah, Menuju Takdir Allah yang Lain

Abu Ubaidah mengabarkan adanya  wabah penyakit yang menyerang Negeri Syam kepada Umar dan para sahabat lainnya. Wabah itu bernama Tho'un.

Ustaz Zulkifli Ali: 3 Langkah Agar Terhindar dari Wabah

Ustaz Zulkfili Muhammad Ali (UZMA) yang dijuluki Dai Akhir Zaman menyampaikan tiga langkah supaya terhindar dari wabah penyakit.

3 Bacaan Masyhur untuk Ruqyah Menangkal Virus Corona

Metode ruqyah termasuk sebab syar&rsquoi yang bermanfaat dan diizinkan Rasulullah. Berikut  bacaan ruqyah yang bermanfaat dan paling masyhur.

Saat Lockdown, Waktu Tepat untuk Uzlah dan Khalwat

Work from home yang kini menjadi keseharian masyarakat di tengah mewabahnya Covid-19 membuka kesempatan bagi kaum Muslimin untuk uzlah dan khalwat.

Wabah Corona, Konsepsi Kematian secara Medis dan Al-Qur'an

Seiring dengan meluasnya wabah virus corona, muncul diskursus tentang kematian. Perbedaan mengemuka karena perspektif medis dihadapkan dengan konsepsi kematian dalam Islam.

Subhanallah! Ahli Hadis Ini Telah Prediksi Wabah Virus Terjadi

Terkait virus yang melanda dunia saat ini, Syeikh Imran Hosein, ulama ahli hadis akhir zaman kelahiran Trinidad 1942 telah memprediksi virus yang membahayakan kesehatan bakal terjadi.

Begini Cara Melindungi Diri dari Virus Corona bagi Muslim

Tiga langkah pertama  adalah bertaubat kepada Allah, bertawakal, berdoa dan berlindung kepada Allah, serta membentengi diri dengan kalimat zikir dan doa.