Topik Terkait: Tarekat Naqsabandiyah

  • Kepala Tarekat Naqsyabandiyah Menyebut Dirinya Anjing
    Hikmah
    Minggu, 08 November 2020 - 07:00 WIB
    Tenanglah, ujar Maulana, karena anjing sebenarnya kata-kata yang baik. Aku anjing, yang taat pada majikannya, menuntun domba dengan isyarat, penjelasan tentang keinginan Majikan kita.
  • Syaikh Abdul Qadir al-Jilani Pelopor Tarekat
    Dunia Islam
    Rabu, 12 Oktober 2022 - 16:31 WIB
    Tokoh pertama yang memperkenalkan sistem thariqah (tarekat) adalah Syaikh Abdul Qadir al-Jilani (w. 561 H/1166 M) di Baghdad. Ajarannya menyebar ke seluruh penjuru dunia Islam.
  • Kisah Sufi: Tiga Kunjungan ke Guru Bahauddin Naqsyabandi
    Hikmah
    Jum'at, 14 Oktober 2022 - 16:01 WIB
    Kisah berikut adalah kisah Bahauddin Naqsyabandi ketika dikunjungi oleh para pencari. Mereka menemukannya di halaman, dikelilingi murid beliau. Banyak opini ketika itu.
  • 8 Syarat Orang yang Ingin Menjalankan Tarekat Menurut KH Hasyim Asyari
    Tausyiah
    Rabu, 18 Januari 2023 - 18:23 WIB
    KH Muhammad Hasyim Asyari menyebut ada delapan syarat yang harus dipenuhi oleh orang yang bakal menjalankan thariqat. Salah satunya harus mempunyai tujuan yang benar.
  • Cara Tarekat Naqsabandiyah Menentukan Awal dan Akhir Bulan Ramadhan
    Hikmah
    Senin, 27 Februari 2023 - 17:55 WIB
    Cara Tarekat Naqsabandiyah untuk menentukan awal dan akhir bulan Ramadhan sejatinya tidak jauh berbeda dengan ormas Islam di Indonesia. Tarekat ini menggunakan metode hisab dan rukyat.
  • Kisah Mukjizat dan Muslihat Bahauddin Naqsyabandi
    Hikmah
    Sabtu, 05 November 2022 - 09:51 WIB
    Tarekat mengembangkan banyak sekolah khusus, yang mengambil nama-nama individu. Banyak penulis menganggapnya sebagai awal dari seluruh mata rantai penyebaran mistik.
  • Mukjizat dan Muslihat Bahauddin Naqsyabandi
    Hikmah
    Senin, 09 November 2020 - 11:04 WIB
    Sepanjang hari ia menunjukkan keajaiban satu demi satu ia membawa kematian menuju kehidupan, ia berjalan di atas air, ia membuat kepala yang terputus berbicara dan keajaiban-keajaiban lain.
  • Jamaah Tarekat Syattariyah Sumatera Barat Baru Memulai Puasa Ramadhan Besok
    Dunia Islam
    Rabu, 14 April 2021 - 23:08 WIB
    Jamaah Tarekat Syattariyah Kabupaten Agam Sumatera Barat (Sumbar) baru memulai puasa Ramadhan besok, Kamis (15 April 2021). Kepastian ini setelah melakukan hisab takwin.
  • Tiga Kunjungan ke Guru Bahauddin Naqsyabandi
    Hikmah
    Rabu, 04 November 2020 - 09:43 WIB
    Ketika pertama kalian datang, kelasku sangat serius --aku sedang menerapkan perbaikan. Kedua kali kalian datang, mereka terlalu gembira-- aku sedang memperbaikinya.
  • Imam Al-Ghazali (2): Tarekat sampai Untung dan Rugi
    Hikmah
    Senin, 03 Agustus 2020 - 17:11 WIB
    Seorang murid harus mengurangi sampai batas minimun, perhatiannya terhadap hal-hal biasa seperti masyarakat dan lingkungannya, karena kapasitas perhatian (sangatlah) terbatas.
  • Imam Mahdi: Sang Ratu Adil yang Dinanti di Jawa
    Dunia Islam
    Senin, 17 Oktober 2022 - 05:15 WIB
    Bagi masyarakat Jawa, Imam Mahdi adalah Ratu Adil yang dinanti-nantikan kedatangannya untuk menjadi pemimpin yang membawa zaman keemasan. Paham Mahdi berkembang tatkala penindasan dan kezaliman merajalela.
  • Penerus dan Guru-Guru Paling Lama
    Hikmah
    Kamis, 05 November 2020 - 09:26 WIB
    Berikut dua kisah menarik tentang wafatnya Zabit ibnu al-Munawwar dan lamunan Bahauddin. Kisah ini bagian dari materi pengajaran dalam tradisi tarekat naqsyabandi.
  • Teknik Cepat dari Tarekat Sufi Menurut Idries Shah
    Hikmah
    Minggu, 21 Agustus 2022 - 15:14 WIB
    Tidak ada aspek sufisme yang lebih memikat bagi orang yang tidak sabar selain kecepatan. Minat dan kegemaran yang sangat kuat ini telah muncul sejak teknik cepat dari tarekat sufi ini telah dibawa ke India oleh Syekh Syattar.
  • Kisah Ahli Kebun Sejati dalam Instruksi dan Tradisi Tarekat Chisytiyah
    Hikmah
    Minggu, 30 Oktober 2022 - 08:21 WIB
    Mereka memasuki sebuah kota dan meramaikan suasana dengan seruling dan genderang, untuk mengumpulkan orang-orang sebelum menceritakan dongeng atau legenda.
  • Jalan Sufi: Berikut Salah Satu Materi Tarekat Chrisytiyah
    Hikmah
    Sabtu, 10 Oktober 2020 - 15:43 WIB
    Metodologi khusus kaum Chisyti segera mengalami kristalisasi menjadi kecintaan sederhana terhadap musik pembangkitan emosional yang dihasilkan musik dikacaukan dengan pengalaman spiritual.
  • Kisah Naqsyaband Berlagak Tuli dan Bodoh dalam Pengajaran Langsung
    Hikmah
    Jum'at, 06 November 2020 - 09:55 WIB
    Bahauddin memintanya mengulangi apa yang ia katakan. Dan ia kemudian bertanya lagi padanya, dan lagi, sampai ia yakin bahwa Naqsyaband tuli dan mungkin bodoh.
  • Kaum Sufi Maroko: Obat Penangkal Radikalisme
    Dunia Islam
    Kamis, 25 Mei 2023 - 06:45 WIB
    Tradisi Sufi di Maroko sudah terjadi selama berabad-abad lampau. Kini Raja Mohammed VI mencoba menggunakan mereka untuk memerangi radikalisme. Program reformasinya meliputi promosi gerakan Sufi dan pemikir Islam moderat.
  • Kisah Sufi Tarekat Asaaseen: Orang Berjalan di Atas Air
    Hikmah
    Senin, 27 Desember 2021 - 11:49 WIB
    Selain terdapat dalam sastra populer masa kini di Timur, kisah ini juga ditemukan dalam naskah-naskah ajaran darwis, beberapa di antaranya merupakan naskah yang besar.
  • Tanda-tanda Mencapai Maqam Badal Menurut Syaikh Abdul Qadir Al-Jilani
    Tausyiah
    Senin, 09 November 2020 - 05:00 WIB
    Bila kau telah sampai pada kebenarannya kebenaran, yang disebut pencelupan (mahwu) atau peleburan (fana), berarti kau berada pada maqam badal yang patah hati demi Dia.
  • Para Guru Desain dan Bagaimana Tarekat Diwujudkan
    Hikmah
    Selasa, 03 November 2020 - 12:31 WIB
    Bahauddin menghabiskan waktu tujuh tahun sebagai kerabat istana, tujuh tahun memelihara binatang dan tujuh tahun dalam pembangunan jalan. Ia belajar di bawah bimbingan Baba as-Samasi.