Topik Terkait: Akhlah Terpuji

  • Melindungi  Keistimewaan Tubuh Perempuan dari Risiko Penyakit
    Muslimah
    Senin, 17 Agustus 2020 - 17:30 WIB
    Dari sisi ilmu pengetahuan telah banyak penelitian yang menunjukkan pentingnya jilbab bagi perempuan, karena beberapa hal yang menyangkut kondisi fisik perempuan itu sendiri.
  • Sikap Tenang  Mengundang Datangnya Pertolongan Allah
    Muslimah
    Kamis, 20 Agustus 2020 - 19:00 WIB
    Adalah tipikal manusia dihinggapi rasa gelisah, resah, dan pikiran-pikiran yang membuat hati berguncang dan kacau. Perasaan-perasaan tidak tenteram itu terkadang membesar dan menjadi penyakit stres jika seseorang tidak bisa meredamnya.
  • Inilah Cara-cara Mengingat Kematian
    Muslimah
    Selasa, 04 Agustus 2020 - 17:08 WIB
    Di manapun, kapanpun, dan dalam keadaan bagaimanapun, kematian itu pasti akan datang menyergap, baik dalam keadaan siap atau tidak, baik dalam keadaan baik atau buruk, kematian adalah suatu kepastian.
  • Mengapa Seorang Muslimah Harus Menjaga Izzah dan Iffah? Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Senin, 21 November 2022 - 10:15 WIB
    Sifat izzah dan iffah sudah semestinya dimiliki setiap muslimah. Sifat apakah itu dan bagaimana menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari kaum muslimah ini?
  • Hikmah dan Manfaat Sikap Husnuzan dalam Kehidupan
    Muslimah
    Minggu, 16 Agustus 2020 - 20:33 WIB
    Islam adalah sumber dari segala sumber pendidikan akhlak terpuji baik terhadap Allah, sesama manusia dan juga pada makhluk yang lain yang diciptakan oleh Allah di muka bumi ini.
  • cover top ayah
    وَوَهَبۡنَا لَهٗۤ اِسۡحٰقَ وَيَعۡقُوۡبَ‌ؕ كُلًّا هَدَيۡنَا ‌ۚ وَنُوۡحًا هَدَيۡنَا مِنۡ قَبۡلُ‌ وَمِنۡ ذُرِّيَّتِهٖ دَاوٗدَ وَسُلَيۡمٰنَ وَاَيُّوۡبَ وَيُوۡسُفَ وَمُوۡسٰى وَ هٰرُوۡنَ‌ؕ وَكَذٰلِكَ نَجۡزِى الۡمُحۡسِنِيۡنَۙ (٨٤) وَزَكَرِيَّا وَيَحۡيٰى وَعِيۡسٰى وَاِلۡيَاسَ‌ؕ كُلٌّ مِّنَ الصّٰلِحِيۡنَۙ (٨٥) وَاِسۡمٰعِيۡلَ وَالۡيَسَعَ وَيُوۡنُسَ وَلُوۡطًا‌ ؕ وَكُلًّا فَضَّلۡنَا عَلَى الۡعٰلَمِيۡنَۙ (٨٦) وَمِنۡ اٰبَآٮِٕهِمۡ وَذُرِّيّٰتِهِمۡ وَاِخۡوَانِهِمۡ‌ۚ وَاجۡتَبَيۡنٰهُمۡ وَهَدَيۡنٰهُمۡ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسۡتَقِيۡمٍ (٨٧) ذٰ لِكَ هُدَى اللّٰهِ يَهۡدِىۡ بِهٖ مَنۡ يَّشَآءُ مِنۡ عِبَادِهٖ‌ؕ وَلَوۡ اَشۡرَكُوۡا لَحَبِطَ عَنۡهُمۡ مَّا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ (٨٨)
    Dan Kami telah menganugerahkan Ishak dan Yakub kepadanya. Kepada masing-masing telah Kami beri petunjuk; dan sebelum itu Kami telah memberi petunjuk kepada Nuh, dan kepada sebagian dari keturunannya (Ibrahim) yaitu Dawud, Sulaiman, Ayyub, Yusuf, Musa, dan Harun. Dan demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik, dan Zakaria, Yahya, Isa, dan Ilyas. Semuanya termasuk orang-orang yang shalih, dan Ismail, Ilyasa‘, Yunus, dan Luth. Masing-masing Kami lebihkan (derajatnya) di atas umat lain (pada masanya), (dan Kami lebihkan pula derajat) sebagian dari nenek moyang mereka, keturunan mereka dan saudara-saudara mereka. Kami telah memilih mereka (menjadi nabi dan rasul) dan mereka Kami beri petunjuk ke jalan yang lurus. Itulah petunjuk Allah, dengan itu Dia memberi petunjuk kepada siapa saja di antara hamba-hamba-Nya yang Dia kehendaki. Sekiranya mereka mempersekutukan Allah, pasti lenyaplah amalan yang telah mereka kerjakan.

    (QS. Al-An'am Ayat 84-88)
    cover bottom ayah
  • Pentingnya Berbaik Sangka Kepada Sesama Muslim
    Muslimah
    Minggu, 03 Januari 2021 - 06:01 WIB
    Berbaik sangka (husnudzan) merupakan cerminan kebersihan hati. Salah satu bentuk kebersihan hati seorang muslim adalah dalam hubungannya dengan sesama manusia, terlebih lagi dengan sesama muslim.
  • Inilah Buah dan Keutamaan Sikap Tawakkal
    Muslimah
    Sabtu, 12 September 2020 - 07:49 WIB
    Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam menganjurkan umatnya untuk senantiasa bertawakkal kepada Allah Taala. Dengan bertawakkal kepada Allah setiap perbuatan akan diridhai-Nya. Bahkan, Allah Taala akan memberikan rezeki kepada orang yang bertawakkal.
  • Sifat Malu Adalah Kunci dari Semua Kebaikan
    Muslimah
    Rabu, 16 September 2020 - 05:52 WIB
    Di antara akhlak mulia yang wajib dimiliki oleh seorang mukmin yaitu sifat malu, baik itu malu kepada Allah maupun kepada sesama manusia. Karena malu itu adalah kunci dari semua kebaikan.
  • Sikap Terpuji Ini, Salah Satu Jalan Kemuliaan bagi Seorang Muslimah
    Muslimah
    Sabtu, 07 Januari 2023 - 05:15 WIB
    Salah satu akhlak terpuji yang harus dimiliki kaum muslimah adalah sikap rendah hati atau tawadhu. Rasulullah Shallallaahualaihi wa sallam adalah teladan utama dalam sikap terpuji ini
  • 3 Sifat Malu yang Perlu Ada dalam Diri Setiap Muslim
    Muslimah
    Kamis, 31 Maret 2022 - 18:33 WIB
    Benteng pertahanan bagi seluruh akhlak manusia adalah sifat malu. Sifat ini, merupakan keutamaan yang agung dan karenanya perilaku manusia menjadi terarah. Ia adalah pagar yang melindungi tatanan nilai dan moral.
  • Jadikan Sifat Tawadhu sebagai Modal Kebahagiaan
    Muslimah
    Selasa, 01 Desember 2020 - 05:21 WIB
    Orang yang tawadhu akan memancarkan cahaya keakraban, kehangatan, dan keindahan. Kepribadiannya akan cemerlang dan menjadi magnet bagi datangnya kebaikan dari sekelilingnya.
  • Sifat Qanaah: Arti, Ciri dan Contohnya
    Tausyiah
    Sabtu, 23 September 2023 - 07:00 WIB
    Sifat qanaah adalah karakteristik yang mengacu pada sikap manusia untuk menerima dan puas dengan apa yang dimilikinya, tanpa merasa terus-menerus ingin memiliki lebih atau mencari kekayaan yang berlebihan.
  • 3 Keutamaan Sifat Memaafkan, Nomor 1 Lebih Mulia dari Akhlak Terpuji
    Tips
    Sabtu, 24 September 2022 - 17:23 WIB
    Sifat memaafkan orang lain banyak keutamaannya. Sebab memaafkan merupakan sifat terpuji dan bagian dari akhlak mulia yang telah diperintahkan oleh Allah Shubhanahu wa Taalla pada para nabi serta hamba -Nya.
  • Efek Dahsyat dari Sikap yang Rendah Hati
    Muslimah
    Rabu, 07 Oktober 2020 - 06:57 WIB
  • Perbuatan Baik yang Bisa Diamalkan untuk Orang Tua yang Sudah Wafat
    Muslimah
    Senin, 02 November 2020 - 09:31 WIB
    Berbakti kepada orang tua menempati posisi yang tinggi di dalam Islam. Berbuat baik kepada orang tua tidak hanya dilakukan ketika mereka masih hidup akan tetapi juga setelah dia meninggal dunia.
  • 23 Akhlak Nabi Muhammad yang Menakjubkan Layak Diteladani
    Tausyiah
    Kamis, 18 Februari 2021 - 05:00 WIB
    Tak ada manusia yang dalam dirinya tersimpan kesempurnaan kecuali ada pada diri Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam. Berikut 23 akhlak beliau yang patut kita teladani.
  • Ghibtaah adalah Hasad yang Dibolehkan, Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Senin, 13 Juni 2022 - 13:28 WIB
    Hasad atau dengki adalah perkara yang membahayakan. Penderita hasad akan merasa sakit hati bila saudaranya berbahagia atau mendapat rezeki. Namun ada dua keadaan yang dibolehkan seseorang berbuat hasad.
  • Inilah Balasan Bagi yang Pandai Bersyukur
    Muslimah
    Minggu, 20 September 2020 - 06:15 WIB
    Bersyukur atau syukur, banyak disebutkan dalam Al-Quran. Sebagai muslim kita diperintahkan untuk pandai bersyukur atas semua karunia dan nikmat yang telah Allah Taala berikan.
  • Inilah Etika Persahabatan Sesuai Syariat
    Muslimah
    Minggu, 27 September 2020 - 18:16 WIB
    Bergaul dengan teman yang baik, niscaya akan mengantarkan kita pada perbuatan yang baik pula. Sebab, teman yang baik akan senantiasa memberikan sesuatu yang terbaik. Karena itu, janganlah teman yang seperti ini disakiti.
  • Menjadi Istri Penyayang Adalah Perintah Rasulullah
    Muslimah
    Jum'at, 25 September 2020 - 18:47 WIB
    Dalam kehidupan berumah tangga selalu ada suka dan dukanya. Bahkan tak jarang kesalahan kecil bisa memicu perdebatan antar suami istri. Demi mencegah ketidakharmonisan suami-istri, Islam menganjurkan untuk memilih pasangan yang baik dan lemah lembut akhlaknya.