Kumpulan Artikel: Sufi (halaman 26)

  • Santri-Santri Demo Anarkis di Malam Hari, Abu Nawas Jadi Provokator
    Hikmah
    Senin, 02 November 2020 - 06:47 WIB
    Selalu ada provokator dalam setiap demonstrasi. Begitu juga yang terjadi di era Baginda Khalifah Harun Ar-Rasyid. Abu Nawas tercatat pernah menjadi provokator itu. Demonya anarkis lagi.
  • Syaikh Abdul Qadir al-Jilani Islamkan 100.000 Penjahat, 5.000 Orang Kristen dan Yahudi
    Hikmah
    Senin, 02 November 2020 - 05:00 WIB
    Majelis pengajian al-Jilani dipenuhi oleh orang-orang Islam dari mualaf kalangan Kristen dan Yahudi, bekas para perampok, pembunuh dan para penjahat.
  • Kisah Waliyullah Imam Sari as-Saqathi dan Seorang Pejabat Istana
    Hikmah
    Minggu, 01 November 2020 - 10:38 WIB
    Imam Sari as-Saqathi (wafat 253 H/867 M), seorang waliyullah dan tokoh sufi terkemuka di Baghdad. Berkat khutbahnya, seorang pejabat khalifah meninggalkan istana dan memilih jalan sufi.
  • Guru dan Muridnya: Perumpamaan Tuan Rumah dan Tamu
    Hikmah
    Minggu, 01 November 2020 - 09:03 WIB
    Karena mereka tidak dapat melihat makanan atau persiapannya, maka mereka bingung, barangkali penuh keraguan, kadang-kadang perasaannya kurang tentram.
  • Ditawari Jadi Menteri Oleh Baginda, Abu Nawas Malah Konsultasi dengan Burung
    Hikmah
    Minggu, 01 November 2020 - 07:09 WIB
    Baginda mulai mempercayai juga omongan Abu Nawas. Apalagi begitu melihat wajah si cerdik ini yang serius. Lagi pula untuk apa Abu Nawas menyepi di hutan jika itu tidak masalah serius?
  • cover top ayah
    وَوَهَبۡنَا لَهٗۤ اِسۡحٰقَ وَيَعۡقُوۡبَ‌ؕ كُلًّا هَدَيۡنَا ‌ۚ وَنُوۡحًا هَدَيۡنَا مِنۡ قَبۡلُ‌ وَمِنۡ ذُرِّيَّتِهٖ دَاوٗدَ وَسُلَيۡمٰنَ وَاَيُّوۡبَ وَيُوۡسُفَ وَمُوۡسٰى وَ هٰرُوۡنَ‌ؕ وَكَذٰلِكَ نَجۡزِى الۡمُحۡسِنِيۡنَۙ (٨٤) وَزَكَرِيَّا وَيَحۡيٰى وَعِيۡسٰى وَاِلۡيَاسَ‌ؕ كُلٌّ مِّنَ الصّٰلِحِيۡنَۙ (٨٥) وَاِسۡمٰعِيۡلَ وَالۡيَسَعَ وَيُوۡنُسَ وَلُوۡطًا‌ ؕ وَكُلًّا فَضَّلۡنَا عَلَى الۡعٰلَمِيۡنَۙ (٨٦) وَمِنۡ اٰبَآٮِٕهِمۡ وَذُرِّيّٰتِهِمۡ وَاِخۡوَانِهِمۡ‌ۚ وَاجۡتَبَيۡنٰهُمۡ وَهَدَيۡنٰهُمۡ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسۡتَقِيۡمٍ (٨٧) ذٰ لِكَ هُدَى اللّٰهِ يَهۡدِىۡ بِهٖ مَنۡ يَّشَآءُ مِنۡ عِبَادِهٖ‌ؕ وَلَوۡ اَشۡرَكُوۡا لَحَبِطَ عَنۡهُمۡ مَّا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ (٨٨)
    Dan Kami telah menganugerahkan Ishak dan Yakub kepadanya. Kepada masing-masing telah Kami beri petunjuk; dan sebelum itu Kami telah memberi petunjuk kepada Nuh, dan kepada sebagian dari keturunannya (Ibrahim) yaitu Dawud, Sulaiman, Ayyub, Yusuf, Musa, dan Harun. Dan demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik, dan Zakaria, Yahya, Isa, dan Ilyas. Semuanya termasuk orang-orang yang shalih, dan Ismail, Ilyasa‘, Yunus, dan Luth. Masing-masing Kami lebihkan (derajatnya) di atas umat lain (pada masanya), (dan Kami lebihkan pula derajat) sebagian dari nenek moyang mereka, keturunan mereka dan saudara-saudara mereka. Kami telah memilih mereka (menjadi nabi dan rasul) dan mereka Kami beri petunjuk ke jalan yang lurus. Itulah petunjuk Allah, dengan itu Dia memberi petunjuk kepada siapa saja di antara hamba-hamba-Nya yang Dia kehendaki. Sekiranya mereka mempersekutukan Allah, pasti lenyaplah amalan yang telah mereka kerjakan.

    (QS. Al-An'am Ayat 84-88)
    cover bottom ayah
  • Kisah Abdul Qadir al-Jilani: Murid Pertamanya Adalah Pemimpin Perampok
    Hikmah
    Minggu, 01 November 2020 - 05:00 WIB
    Mendengar kejujuran al-Jilani itu, konon gerombolan perampok itu tersungkur jatuh di kaki al-Jilani. Dan diceritakan, bahwa pemimpin perampok itulah muridnya yang pertama kali.
  • Berdebat, Hakim Dibuat Mati Kutu oleh Abu Nawas
    Hikmah
    Selasa, 27 Oktober 2020 - 08:50 WIB
    Hakim mencoba bertaktik dan bertanya kepada Abu Nawas, Tapi coba kita lihat cendekiawan seperti Anda. Kalau Anda memiliki pilihan: kekayaan atau kebijaksanaan, mana yang akan dipilih?
  • Teguran Syaikh Abdul Qadir al-Jilani: Dib-Dib yang Mengerikan
    Hikmah
    Selasa, 27 Oktober 2020 - 06:29 WIB
    Perempuan tua itu tidak menyebarkan tentang tindakan bodoh si Faqih.. Ia akhirnya bermaksud memetik manfaat secara baik barangkali suatu kesempatan yang tepat akan muncul.
  • Ketika Tuhan Melempar Uang Seratus Keping kepada Abu Nawas
    Hikmah
    Senin, 26 Oktober 2020 - 06:39 WIB
    Dasar Abu Nawas. Merespon omongan istrinya ia pun langsung ke pekarangan, bersujud, dan berteriak keras-keras, Ya Allah, berilah hamba upah seratus keping perak!
  • Bunga Mawar dari Baghdad dan Anggur
    Hikmah
    Minggu, 25 Oktober 2020 - 05:00 WIB
    Ringkasan berikut, menurut Idries Shah, termasuk materi pelajaran tradisional dari disiplin Qadiriyah dan juga beberapa pokok ucapan atau teguran Abdul Qadir sendiri.
  • Tamparan Keras Ulama Sufi Abu Yazid Al-Busthami kepada Muridnya
    Hikmah
    Jum'at, 23 Oktober 2020 - 21:40 WIB
    Kisah Abu Yazid Al-Busthami ulama sufi berkebangsaan Persia (lahir tahun 188 Hijriyah) dengan seorang muridnya dapat dijadikan pelajaran berharga.
  • Abu Nawas dan Gajah yang Bisa Mengerti Bahasa Manusia
    Hikmah
    Rabu, 21 Oktober 2020 - 10:05 WIB
    Abu Nawas tak mau ketinggalan. Ia maju ke tengah gelanggang mencoba menaklukkan gajah ajaib itu. Setelah berhadapan dengan gajah, Abu Nawas pun menguji gajah itu.
  • Instruksi dan Tradisi Chisytiyah: Misteri Kaum Sufi?
    Hikmah
    Rabu, 14 Oktober 2020 - 07:55 WIB
    Jika manusia mencari Kebenaran, ia harus memenuhi syarat untuk menerima kebenaran. Ia tidak mengetahui ini. Akibatnya, meyakini keberadaan Kebenaran, ia beranggapan dirinya mampu menerimanya.
  • Instruksi dan Tradisi Chisytiyah: Kaum Sufi Adalah Pembohong
    Hikmah
    Selasa, 13 Oktober 2020 - 15:22 WIB
    Kedudukan kaum Sufi seperti orang asing di sebuah negeri, seperti tamu di sebuah rumah. Siapa pun dalam kemampuan masing-masing berpikir pada mentalitas lokal.
  • Kelompok Sufi, Ketika Kematian Bukan Kematian, dan Kamar Pinjaman
    Hikmah
    Senin, 12 Oktober 2020 - 12:49 WIB
    Untuk menghindari perhatian yang tidak diinginkan, hanya satu orang yang bertugas -- Pemimpin -- mengajar publik. Sisanya, mengemban tugas sebagai pelayan di rumahnya.
  • Instruksi dan Tradisi Chisytiyah: Tujuh Bersaudara, Sebab dan Akibat
    Hikmah
    Minggu, 11 Oktober 2020 - 14:36 WIB
    Tidakkah mereka sedikit menyadari apa yang sebenarnya terjadi? Mereka hanya melihat satu jenis sebab dan akibat, sementara kadang akibat, seperti yang mereka katakan, muncul sebelum sebab.
  • Jalan Sufi: Berikut Salah Satu Materi Tarekat Chrisytiyah
    Hikmah
    Sabtu, 10 Oktober 2020 - 15:43 WIB
    Metodologi khusus kaum Chisyti segera mengalami kristalisasi menjadi kecintaan sederhana terhadap musik pembangkitan emosional yang dihasilkan musik dikacaukan dengan pengalaman spiritual.
  • Penulis Klasik Hakim Sanai, Sudah Keluar dari Islam?
    Hikmah
    Jum'at, 09 Oktober 2020 - 13:16 WIB
    Melalui proses yang familiar, ketika terminologi dan organisasi sufi diadopsi oleh penganut agama secara luas, bahwa perbedaan antara kaum Sufi dan penganut yang dangkal ini telah dikaburkan.
  • Penulis Klasik Hakim Jami dalam Jalan Sufi Idries Shah
    Hikmah
    Rabu, 07 Oktober 2020 - 15:47 WIB
    Ia membuat para pendeta dan pujangga di zamannya benar-benar merasa tidak nyaman. Terutama sejak konvensi, dimana tidak seorang pun kelihatan hebat kecuali ia merendahkan diri.
  • Kisah Guru dan Keledai, Omar Khayyam Percaya Reinkarnasi?
    Hikmah
    Minggu, 27 September 2020 - 08:29 WIB
    Salah satu pembelaan para penyair terhadap Omar dalam melawan pemikir mekanis mungkin masih digunakan sebagai justifikasi untuk mencela pengkritiknya yang arogan.