Topik Terkait: Surat Berharga Negara

  • Inilah Manfaat Surat Al-Waqiah jika Dibaca Rutin
    Tips
    Selasa, 23 Agustus 2022 - 11:57 WIB
    Bila rutin membaca surat Al-Waqiah, maka Allah Taala akan memberikan banyak manfaat. Salah satunya adalah kemudahan rezeki dan dihindari dari kesusahan.
  • Surat Al-Kautsar, Surat Terpendek yang Keutamaannya Banyak
    Muslimah
    Rabu, 30 September 2020 - 08:26 WIB
    Surat ini merupakan surat terpendek dalam Al-Quran karena hanya terdiri dari tiga ayat saja. Namun, surat Al-Kautsar ternyata memiliki keutamaan dan faedah yang banyak.
  • 4 Manfaat Surat Yasin untuk Orang yang Masih Hidup
    Tips
    Senin, 25 Juli 2022 - 15:57 WIB
    Setidaknya ada 4 manfaat surat Yasin untuk orang yang masih hidup. Salah satunya, mendapatkan keberkahan, memperoleh kebahagiaan, dan dosa-dosa diampuni Allah SWT.
  • Hukum Tajwid Surat Luqman Ayat 13 dan 14
    Tips
    Jum'at, 02 Juni 2023 - 09:46 WIB
    Terdapat sejumlah hukum tajwid di surat Luqman ayat 13 dan 14 yang perlu dipahami umat muslim supaya tidak mengalami salah baca yang dapat menimbulkan salah arti.
  • Asbabun Nuzul Surat Al Fatihah, Serta Penjelasan Pentingnya Surat Ini dalam Salat
    Hikmah
    Senin, 04 Maret 2024 - 14:26 WIB
    Surat Al Fatihah merupakan salah satu surat yang paling dikenal dan dihafal oleh setiap umat muslim. Mengingat membaca surat ini merupakan salah satu syarat wajib dalam salat.
  • cover top ayah
    وَقُلْ لِّـلۡمُؤۡمِنٰتِ يَغۡضُضۡنَ مِنۡ اَبۡصَارِهِنَّ وَيَحۡفَظۡنَ فُرُوۡجَهُنَّ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا مَا ظَهَرَ مِنۡهَا‌ وَلۡيَـضۡرِبۡنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلٰى جُيُوۡبِهِنَّ‌ۖ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا لِبُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اٰبَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اٰبَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اَخَوٰتِهِنَّ اَوۡ نِسَآٮِٕهِنَّ اَوۡ مَا مَلَـكَتۡ اَيۡمَانُهُنَّ اَوِ التّٰبِعِيۡنَ غَيۡرِ اُولِى الۡاِرۡبَةِ مِنَ الرِّجَالِ اَوِ الطِّفۡلِ الَّذِيۡنَ لَمۡ يَظۡهَرُوۡا عَلٰى عَوۡرٰتِ النِّسَآءِ‌ۖ وَلَا يَضۡرِبۡنَ بِاَرۡجُلِهِنَّ لِيُـعۡلَمَ مَا يُخۡفِيۡنَ مِنۡ زِيۡنَتِهِنَّ‌ ؕ وَتُوۡبُوۡۤا اِلَى اللّٰهِ جَمِيۡعًا اَيُّهَ الۡمُؤۡمِنُوۡنَ لَعَلَّكُمۡ تُفۡلِحُوۡنَ
    Dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang (biasa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau para perempuan (sesama Islam) mereka, atau hamba sahaya yang mereka miliki, atau para pelayan laki-laki (tua) yang tidak mempunyai keinginan (terhadap perempuan) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat perempuan. Dan janganlah mereka menghentakkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertobatlah kamu semua kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman, agar kamu beruntung.

    (QS. An-Nur Ayat 31)
    cover bottom ayah
  • Keutamaan Surat Al Waqiah, Dijauhkan dari Kemiskinan hingga Dapat Syafaat
    Hikmah
    Jum'at, 26 April 2024 - 15:43 WIB
    Banyak keutamaan surat Al Waqiah serta faedah bila rutin membacanya. Surat ini dikenal sebagai surat Al-Quran yang mustajab mengatasi kesulitan ekonomi.
  • Inilah Khasiat Membaca Al-Quran Surat Fatir
    Tips
    Selasa, 10 Januari 2023 - 09:34 WIB
    Surat Fatir sendiri berarti Pencipta, yang terdiri dari 45 ayat dan termasuk golongan surat Makiyyah. urat Fathir juga merupakan surat terakhir di urutan surat-surat di dalam Al Quran yang dimulai dengan lafaldz Alhamdulillah.
  • Surat-surat Al Quran untuk Ruqyah Berdasarkan Tuntunan Rasulullah SAW
    Tips
    Rabu, 21 September 2022 - 12:40 WIB
    Ada beberapa surat dalam Al Quran yang digunakan untuk ruqyah. Ruqyah sendiri adalah salah satu metode penyembuhan secara Islam yang menggunakan bacaan yang bersumber pada Al-Quran dan hadis.
  • Keutamaan Surat Al-Ikhlas yang Jarang Diketahui, Ini 7 Fadilahnya
    Tausyiah
    Selasa, 13 Juni 2023 - 18:16 WIB
    Keutamaan Surat Al-Ikhlas penting diketahui umat muslim karena termasuk surat yang agung dalam Al-Quran. Berikut tujuh keutamaan membaca Surat Al-Ikhlas.
  • Asbabun Nuzul Surat Abasa, Hikmah Dakwah Rasulullah SAW
    Tips
    Minggu, 08 Agustus 2021 - 12:40 WIB
    Asbabun nuzul Surat Abasa menceritakan tentang hikmah dakwah Nabi Muhammad Shallalllahu alaihi wa sallam kepada orang tanpa melihat status sosial. Surat Abasa sendiri terdiri dari 42 ayat.
  • Cara Membaca Tajwid Surat At-Taubah Ayat 105 Beserta Penjelasannya
    Tips
    Sabtu, 23 Desember 2023 - 16:17 WIB
    Cara membaca tajwid Surat At-Taubah ayat 105 menjadi pembelajaran penting untuk dipelajari umat Muslim sehingga bisa meminimalisir kesalahan ketika membacanya.
  • 9 Kandungan Surat Al Baqarah, dari Perintah Mengimani Al Quran hingga Anjuran Bersedekah
    Hikmah
    Rabu, 28 Februari 2024 - 17:41 WIB
    Kandungan Surat Al Baqarah ini perlu diketahui oleh setiap muslim, karena tujuan dan fungsi dari kitab suci Al Quran tidak hanya untuk dibaca namun juga memahami isi kandungannya.
  • Surat At-Taubah Ayat 128-129 dan Keutamaannya
    Tausyiah
    Selasa, 07 September 2021 - 23:48 WIB
    Surat At-Taubah Ayat 128-129 merupakan dua ayat yang agung dengan kandungan hikmah dan rahasia besar. Berikut rahasia kedua ayat ini dan keutamaannya.
  • Pesan dan Hikmah di Balik Surat Yusuf Ayat 4
    Hikmah
    Minggu, 21 Agustus 2022 - 17:23 WIB
    Pada surat Yusuf terdapat satu ayat yang mengandung hikmah dan pelajaran berharga yaitu ayat ke-4. Ayat tersebut menceritakan mimpi yang dialami Nabi Yusuf.
  • Kapan Sebaiknya Membaca Surat Al Waqiah? Begini Petunjuk Hadis
    Tips
    Senin, 21 Agustus 2023 - 13:58 WIB
    Kapan sebaiknya membaca surat Al Waqiah? Sejumlah hadis menginformasikan sebaiknya dilakukan sesering mungkin, saban malam hari. Namun ada juga hadis yang menyebut cukup pada malam Jumat saja.
  • Surat Yusuf Ayat 111 (Tamat): Pelajaran untuk Orang-orang Berakal, Ini Hikmahnya
    Hikmah
    Minggu, 11 Juni 2023 - 17:57 WIB
    Tibalah kita di akhir Surat Yusuf. Allah mengisahkan riwayat Nabi Yusuf ini secara lengkap untuk menjadi pelajaran bagi orang-orang berakal. Berikut hikmahnya.
  • Surat At-Takatsur Lengkap Arab Latin dan Keutamaan
    Tips
    Minggu, 02 Juli 2023 - 19:53 WIB
    Surat At-Takatsur lengkap Arab latin dan keutamaan penting dipelajari umat muslim. Surat ini memiliki fadhilah bagi yang membacanya baik dalam sholat maupun di luar sholat.
  • Surat-surat yang Dibaca dalam Rakaat Salat Dhuha
    Tips
    Selasa, 19 September 2023 - 09:48 WIB
    Ada banyak surat yang boleh dibaca pada saat salat dhuha, namun beberapa surat di antaranya sangat dianjurkan mengingat banyaknya keutamaan salat Dhuha.
  • Surat Al-Mulk Ayat 14: Sanggahan Allah Terhadap Sikap Kaum Musyrik
    Hikmah
    Kamis, 24 November 2022 - 22:07 WIB
    Surat Al-Mulk ayat 14 ini merupakan lanjutan dari ayat sebelumnya yang menegaskan sanggahan Allah terhadap kaum musyrik. Ayat ini menegaskan luasnya pengetahuan Allah.
  • Surat Yusuf Ayat 80: Kisah Saudara-saudara Yusuf Putus Asa Ketika Bunyamin Ditahan
    Hikmah
    Kamis, 12 Januari 2023 - 17:43 WIB
    Pada ayat ini, Allah mengabarkan bahwa saudara-saudara Yusuf berputus asa karena tawaran mereka untuk menggantikan Bunyamin ditolak oleh Nabi Yusuf alaihissalam.