Kumpulan Artikel: Ustaz Farid Numan Hasan (halaman 5)

  • Hukum Salat Id di Rumah dan Cara Mengerjakannya
    Tips
    Kamis, 07 Mei 2020 - 16:13 WIB
    Jika pandemik wabah ini masih berlangsung hingga Syawwal, maka pelaksanaan salat Idul fitri (Id) bisa dikerjakan di rumah. Ada dua opsi, bisa melakukannya sendirian atau berjamaah dengan keluarganya.
  • Hukum Salat Berjamaah Bagi Laki-laki Menurut Mazhab Syafii
    Tips
    Kamis, 07 Mei 2020 - 08:15 WIB
    Banyak Hadis yang menjelaskan tentang keutamaan salat berjamaah di masjid terutama bagi kaum laki-laki. Lalu, bagaimana hukum salat berjamaah di masjid menurut Mazhab Syafii?
  • Wafat di Bulan Ramadhan, Bagaimana Puasa yang Ditinggalkan?
    Tips
    Rabu, 06 Mei 2020 - 17:29 WIB
    Apabila seseorang sakit di bulan Ramadhan misalnya selama 10 hari dia tidak berpuasa hingga akhirnya ia wafat. Bagaimana, hukum puasa yang ditinggakannya?
  • Ibu Hamil dan Menyusui, Bayar Fidyah atau Qadha Puasa?
    Tips
    Selasa, 05 Mei 2020 - 03:30 WIB
    Masalah ibu hamil dan menyusui ketika puasa Ramadhan sudah sering dibahas di berbagai kajian ilmu. Namun sampai hari ini, tema ini termasuk paling banyak ditanya.
  • 10 Amalan Sunnah di Bulan Ramadhan, Yuk Amalkan!
    Tips
    Senin, 04 Mei 2020 - 03:20 WIB
    Secara hakikat, Ramadhan adalan bulan untuk membakar semua dosa-dosa. Di bulan ini umat Islam diwajibkan berpuasa selama sebulan penuh. Berikut amalan sunnah di bulan Ramadhan.
  • Panduan Ramadhan, Berikut Hal-hal yang Dimakruhkan Saat Puasa
    Tips
    Minggu, 03 Mei 2020 - 17:05 WIB
    Adapun hal-hal yang dimakruhkan dalam puasa Ramadhan hendaknya dijauhi demi menjaga kualitas puasa di sisi Allah Taala. Berikut pembahasannya.
  • Memberi Makanan untuk Orang yang Berbuka Puasa, Seperti Apa Batasannya?
    Tips
    Sabtu, 02 Mei 2020 - 17:05 WIB
    Berbuka puasa adalah salah satu kegembiraan yang diberikan Allah Taala kepada mereka yang berpuasa. Banyak di antara umat Islam berlomba-lomba memberikan makanan untuk orang yang berbuka puasa.
  • Keutamaan Sahur, Salah Satunya Didoakan Para Malaikat
    Tips
    Jum'at, 01 Mei 2020 - 03:05 WIB
    Salah satu sunnah dan adab Ramadhan adalah bersahur sebagaimana dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW. Apa saja keutamaan bersahur ini hingga Nabi sangat menganjurkannya?
  • Ramadhan Momentum Tepat Mengikis Sifat Merasa Paling
    Tausyiah
    Kamis, 30 April 2020 - 03:35 WIB
    Salah satu fadhillah Ramadhan adalah yarmidhudz dzunuub (membakar dosa-dosa). Kesalahan dan dosa yang sering dipertontonkan manusia adalah sifat merasa paling.
  • Meninggal Dunia, Apakah Masih Punya Kewajiban Puasa?
    Tips
    Rabu, 29 April 2020 - 17:15 WIB
    Apabila seseorang meninggal dunia di bulan Ramadhan, apakah masih punya kewajiban puasa? Berikut penjelasan Ustaz Farid Numan Hasan (dai lulusan Sastra Arab Universitas Indonesia) mengenai hal ini.
  • Hukum Menggunakan Siwak dan Pasta Gigi Saat Puasa Ramadhan
    Tips
    Rabu, 29 April 2020 - 15:00 WIB
    Salah satu amalan yang disukai Nabi shallallahu alaihi wa sallam adalah bersiwak (menggosok gigi) setiap waktu. Bagaimana hukum bersiwak (menggosok gigi) ketika puasa Ramadhan?
  • Inilah Sahabat yang Khatam Al-Quran dalam Satu Rakaat Salat
    Hikmah
    Minggu, 26 April 2020 - 19:00 WIB
    Salah satu amalan yang sangat dianjurkan pada bulan Ramadhan adalah tadarus Al-Quran dan mengkhatamkannya. Itulah sebabnya Ramadhan dijuluki sebagai Syahrul Quran (bulannya Al-Quran).
  • Hukum Mencium Istri Saat Puasa Ramadhan, Bolehkah?
    Tips
    Minggu, 26 April 2020 - 17:15 WIB
    Ramadhan merupakan bulan yang identik dengan momentum menahan hawa dan nafsu. Lalu, bagaimana hukumnya mencium istri saat puasa Ramadhan? Berikut penjelasannya.
  • Rukun dan Tata Cara Niat Puasa Ramadhan
    Tips
    Rabu, 22 April 2020 - 20:01 WIB
    Rukun puasa ada dua rukun yaitu pertama, menahan diri dari yang membatalkan puasa sejak terbit Fajar hingga tenggelam matahari. Kedua, niat untuk puasa. Niat dilakukan paling lambat sebelum terbit Fajar.
  • Hukum Salat Tarawih di Rumah Ketika Terjadi Wabah
    Tips
    Selasa, 21 April 2020 - 21:53 WIB
    Banyak yang bertanya terkait pelaksanaan ibadah seperti salat Tarawih yang biasanya dihidupkan di masjid secara berjamaah. Berikut penjelasan Ustaz Farid Numan Hasan.
  • Penjelasan tentang Hadis Bermaaf-maafan Sebelum Ramadhan
    Tausyiah
    Senin, 20 April 2020 - 17:57 WIB
    Menjelang Ramadhan biasanya kaum muslimin menerima broadcast hadis bermaaf-maafan melalui sosial media. Banyak yang menyebarkannya kepada keluarga, kerabat dan sahabat melalui media sosial.
  • Tradisi Menyambut Ramadhan, Apakah Termasuk Bidah?
    Hikmah
    Senin, 20 April 2020 - 13:50 WIB
    Seorang jamaah bertanya kepada Ustadz Farid Numan Hasan tentang tradisi menyambut bulan suci Ramadhan, apakah bidah? Berikut penjelasannya.