Topik Terkait: Emansipasi Wanita

  • Batasan Aurat Wanita dengan Sesama Wanita Lainnya
    Muslimah
    Jum'at, 10 Desember 2021 - 17:27 WIB
    Dalam Islam, hakikat pakaian adalah untuk menutup aurat, yaitu menutup bagian anggota tubuh yang tidak boleh dilihat oleh orang lain. Syariat Islam pun mengatur, hendaknya pakaian tersebut tidak terlalu sempit atau ketat, tidak terlalu tipis atau menerawang.
  • 10 Ciri Wanita yang Dinantikan Neraka Jahanam
    Muslimah
    Jum'at, 24 Desember 2021 - 15:44 WIB
    Kaum wanita menjadi sasaran yang paling utama bagi iblis untuk menggodanya. Sehingga Rasulullah pernah memberi peringatan bahwa fitnah yang ditakutkan Nabi Muhammad dari keturunan bani Adam, adalah fitnah wanita.
  • Inilah yang Boleh dan Tidak Boleh Terlihat Aurat Sesama Wanita
    Muslimah
    Jum'at, 20 Mei 2022 - 14:33 WIB
    Selama ini batasan aurat seorang wanita muslimah kerap dipermasalahkan, sebab terjadi perbedaan pendapat di kalangan ulama. Batasan aurat wanita juga turut dibedakan berdasarkan siapa yang melihatnya
  • Istihadhah : Pengertian, Kategori dan Penjelasannya yang Penting Diketahui Kaum Wanita
    Muslimah
    Jum'at, 25 Agustus 2023 - 14:20 WIB
    Dalam Islam, istihadhah adalah darah yang keluar di luar waktu haid dan nifas, atau keluar langsung setelah masa haid dan nifas. Kebanyakan kaum Hawa yang mengalaminya, bisa terjadi hampir terus menerus.
  • Hadis-hadis tentang Memuliakan Wanita dalam Islam
    Muslimah
    Senin, 15 Januari 2024 - 11:36 WIB
    Dalam Islam, seorang wanita sangat dimuliakan, bahkan mulai dari ia dilahirkan hingga posisinya menjadi seorang ibu yang melahirkan. Banyak hadis yang menceritakan kedudukan dan kemuliaan seorang wanita ini.
  • Bolehkah Wanita Haid Berdiam Diri di Masjid?
    Muslimah
    Senin, 19 September 2022 - 11:42 WIB
    Salah satu amalan yang dapat dilakukan wanita yang sedang haid adalah mendengarkan kajian atau majelis taklim sebagai ikhtiar menuntut ilmu. Namun, bolehkah wanita haid tersebut datang ke masjid?
  • Darah Istihadhah dan Hukum Wanita yang Mengalaminya
    Muslimah
    Rabu, 15 Juli 2020 - 18:50 WIB
    Sebagian dari wanita, pasti ada yang mengalami pendarahan atau keluar darah bukan pada saat masa haid atau nifas. Darah yang keluar itu disebut Istihadhah.
  • 5 Perkara yang Menyebabkan Wanita menjadi Sumber Fitnah
    Muslimah
    Jum'at, 01 Oktober 2021 - 10:46 WIB
    Ada beberapa perkara yang menyebabkan kaum wanita bisa menjadi sumber fitnah. Seperti diketahui, fitnah wanita termasuk salah satu cobaan terbesar yang berbahaya bagi kaum laki-laki. Kenapa demikian?
  • Mengapa Rambut Wanita Adalah Aurat? Begini Penjelasan dan Dalil-dalilnya
    Muslimah
    Minggu, 16 Januari 2022 - 05:11 WIB
    Dalam Islam, rambut seorang wanita muslimah adalah aurat. Kenapa demikian? Bagaimana penjelasan dan apa saja dalilnya? Bagaimana pula seorang wanita harus memperlakukan rambutnya ini?
  • Benarkah Dagu Wanita Ketika Sholat Termasuk Aurat? Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Sabtu, 01 Oktober 2022 - 15:15 WIB
    Seluruh bagian tubuh wanita muslimah adalah aurat. Karenanya ketika melaksanakan sholat, muslimah harus menutup seluruh auratnya tersebut. Akan tetapi, adakah batasan aurat dalam wajah wanita muslimah?
  • 5 Amalan Wanita Haid yang Mendatangkan Pahala
    Muslimah
    Sabtu, 09 Oktober 2021 - 17:12 WIB
    Wanita yang tengah mengalami haid, dilarang melaksanakan shalat dan puasa. Akan tetapi masih boleh melakukan amalan lain yang dapat mendatangkan pahala
  • Awas, Sifat Bunglon Ini Sangat Banyak Ditiru Kaum Wanita
    Muslimah
    Kamis, 14 Juli 2022 - 15:27 WIB
    Sifat bunglon atau sifat hewan yang selalu berubah warna ditempat yang dihinggapinya ternyata masih banyak ditiru oleh kalangan kaum wanita. Sifat yang setiap hari selalu berubah warna.
  • Inilah  Syarat dan Cara Salat Berjamaah Bagi Wanita
    Muslimah
    Jum'at, 17 Juli 2020 - 11:15 WIB
    Seluruh ulama sepakat (ijma) bahwa kaum wanita tidak wajib mengerjakan salat berjamaah. Tetapi syariat tetap membenarkan mereka boleh melakukan salat secara berjamaah.
  • Sering Berkeluh Kesah, Dosa yang Sering Diremehkan Kaum Wanita
    Muslimah
    Rabu, 25 Mei 2022 - 09:04 WIB
    Sering mengeluh atau berkeluh kesah terhadap suatu masalah yang dihadapi, hampir mendominasi sifat kaum wanita. Padahal sifat tersebut termasuk dosa bahkan sering diremehkan.
  • Uniknya Wanita, Muslimah Salehah atau Bidadari Surga?
    Muslimah
    Sabtu, 22 Januari 2022 - 05:15 WIB
    Wanita memang unik, kelembutan yang membalutnya ibarat pisau bermata dua, semuanya tajam. Banyak lelaki yang tumbang terhina karena terpedaya, tak sedikit pula lelaki yang tegak mulia karena kasih sayangnya.
  • Hukum Puasa Wanita Hamil dan Menyusui
    Muslimah
    Senin, 12 April 2021 - 06:53 WIB
    Kewajiban puasa Ramadhan dibebankan kepada seluruh umat Islam, tak terkecuali kepada wanita hamil. Seperti apa puasanya dan bagaimana hukumnya bagi wanita hamil ini?
  • Inilah Hukum Syariat tentang Rambut Wanita
    Muslimah
    Selasa, 17 Oktober 2023 - 11:35 WIB
    Dalam Islam, rambut wanita adalah aurat sehingga wajib ditutup. Kenapa demikian? Karena rambut merupakan mahkota atau perhiasan bagi seorang wanita.
  • Bias Gender: Penjelasan Nasaruddin Umar tentang Ayat yang Sering Dipermasalahkan
    Tausyiah
    Sabtu, 15 Oktober 2022 - 15:09 WIB
    Nasaruddin Umar menjelaskan beberapa ayat yang sering dipermasalahkan karena cenderung memberikan keutamaan kepada laki-laki. Hampir semua tafsir yang ada mengalami gender bias, katanya.
  • Fathimah dari Nisyapur, Sosok Wanita Sufi yang Berkeluarga
    Muslimah
    Sabtu, 20 Agustus 2022 - 14:38 WIB
    Tokoh sufi wanita yang populer di dunia tidak begitu banyak. Namun, sosok sufi ini merupakan sosok yang mempunyai keteguhan hati, independen , percaya diri, dan begitu mendalam dalam mempelajari tradisi-tradisi tasawuf .
  • Islam Mengharamkan Wanita Haid Berpuasa, Ternyata Begini Alasan Medisnya!
    Muslimah
    Senin, 25 Maret 2024 - 10:30 WIB
    Dalam Islam, wanita yang sedang haid dilarang atau diharamkan berpuasa, karena dalam kondisi berhadas besar. Dan ternyata larangan tersebut ada penjelasan medisnya.