Kumpulan Artikel: Masa Iddah Wanita

  • Haramnya Menikahi Wanita yang Masih dalam Masa Iddah
    Muslimah
    Minggu, 11 Juni 2023 - 23:30 WIB
    Fiqih pernikahan dan rumah tangga merupakan hal yang wajib dipelajari umat muslim terutama bagi mereka yang akan melangsungkan akad nikah. Berikut ulasannya.
  • Inilah Masa Iddah bagi Istri yang Ditinggal Wafat Suaminya
    Muslimah
    Selasa, 14 Februari 2023 - 09:28 WIB
    Dalam Islam, ada masa iddah yang harus dilalui seorang istri ketika ditinggal wafat suaminya. Berapa lama dan bagaimana aturannya?
  • Masa Iddah: Pengertian, Manfaat dan Larangannya Wajib Diketahui Muslimah
    Muslimah
    Jum'at, 27 Januari 2023 - 00:36 WIB
    Masa Iddah adalah waktu menunggu bagi seorang istri yang bercerai dengan suaminya, baik karena ditinggal wafat suaminya atau dicerai ketika hidup, dari menikahi laki-laki lain.
  • Apa Hak dan Kewajiban Wanita dalam Masa Iddah? Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Sabtu, 10 September 2022 - 05:15 WIB
    Dalam Islam, ketika seorang istri atau wanita berpisah dengan suaminya baik karena meninggal atau talak, wajib melaksanakan masa iddah.
  • Hukum Bercerai Saat Hamil Tidak Dilarang, Begini Penjelasannya
    Tausyiah
    Selasa, 25 Januari 2022 - 18:22 WIB
    Hukum bercerai saat hamil tidaklah dilarang. Adapun anggapan yang tersebar di tengah masyarakat awam, bahwa wanita hamil tidak sah dicerai, adalah anggapan yang keliru.
  • cover top ayah
    وَوَهَبۡنَا لَهٗۤ اِسۡحٰقَ وَيَعۡقُوۡبَ‌ؕ كُلًّا هَدَيۡنَا ‌ۚ وَنُوۡحًا هَدَيۡنَا مِنۡ قَبۡلُ‌ وَمِنۡ ذُرِّيَّتِهٖ دَاوٗدَ وَسُلَيۡمٰنَ وَاَيُّوۡبَ وَيُوۡسُفَ وَمُوۡسٰى وَ هٰرُوۡنَ‌ؕ وَكَذٰلِكَ نَجۡزِى الۡمُحۡسِنِيۡنَۙ (٨٤) وَزَكَرِيَّا وَيَحۡيٰى وَعِيۡسٰى وَاِلۡيَاسَ‌ؕ كُلٌّ مِّنَ الصّٰلِحِيۡنَۙ (٨٥) وَاِسۡمٰعِيۡلَ وَالۡيَسَعَ وَيُوۡنُسَ وَلُوۡطًا‌ ؕ وَكُلًّا فَضَّلۡنَا عَلَى الۡعٰلَمِيۡنَۙ (٨٦) وَمِنۡ اٰبَآٮِٕهِمۡ وَذُرِّيّٰتِهِمۡ وَاِخۡوَانِهِمۡ‌ۚ وَاجۡتَبَيۡنٰهُمۡ وَهَدَيۡنٰهُمۡ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسۡتَقِيۡمٍ (٨٧) ذٰ لِكَ هُدَى اللّٰهِ يَهۡدِىۡ بِهٖ مَنۡ يَّشَآءُ مِنۡ عِبَادِهٖ‌ؕ وَلَوۡ اَشۡرَكُوۡا لَحَبِطَ عَنۡهُمۡ مَّا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ (٨٨)
    Dan Kami telah menganugerahkan Ishak dan Yakub kepadanya. Kepada masing-masing telah Kami beri petunjuk; dan sebelum itu Kami telah memberi petunjuk kepada Nuh, dan kepada sebagian dari keturunannya (Ibrahim) yaitu Dawud, Sulaiman, Ayyub, Yusuf, Musa, dan Harun. Dan demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik, dan Zakaria, Yahya, Isa, dan Ilyas. Semuanya termasuk orang-orang yang shalih, dan Ismail, Ilyasa‘, Yunus, dan Luth. Masing-masing Kami lebihkan (derajatnya) di atas umat lain (pada masanya), (dan Kami lebihkan pula derajat) sebagian dari nenek moyang mereka, keturunan mereka dan saudara-saudara mereka. Kami telah memilih mereka (menjadi nabi dan rasul) dan mereka Kami beri petunjuk ke jalan yang lurus. Itulah petunjuk Allah, dengan itu Dia memberi petunjuk kepada siapa saja di antara hamba-hamba-Nya yang Dia kehendaki. Sekiranya mereka mempersekutukan Allah, pasti lenyaplah amalan yang telah mereka kerjakan.

    (QS. Al-An'am Ayat 84-88)
    cover bottom ayah
  • Hak dan Kewajiban Wanita dalam Masa Iddah
    Muslimah
    Sabtu, 04 Desember 2021 - 18:28 WIB
    Sebagaimana diketahui masa iddah, adalah masa tunggu bagi si istri untuk mengetahui kekosongan rahimnya, sekaligus masa di mana mantan pasangan suami istri bisa berpikir ulang dan rujuk kembali.
  • Masa Iddah Meninggal Berapa Lama? Ini Dalil dan Aturannya
    Muslimah
    Senin, 08 November 2021 - 17:19 WIB
    Dalam Islam, masa iddah diwajibkan pada semua wanita yang berpisah dari suaminya dengan sebab talak, khulu (gugat cerai), faskh (penggagalan akad pernikahan) atau ditinggal mati.
  • Penting Diketahui, Inilah Masa Iddah Bagi Perempuan Muslimah
    Muslimah
    Rabu, 23 September 2020 - 13:37 WIB
    Muslimah, penting kita mengetahui perihal iddah ini, terutama bagi saudari kita yang kurang beruntung harus mengalami talak atau bercerai dari suaminya.