Topik Terkait: Membangun Surga

  • Syadad bin ‘Ad, 300 Tahun Membangun Surga di Dunia
    Hikmah
    Rabu, 22 April 2020 - 07:44 WIB
    Kisah tentang Syadad bin Ad bin Aush bin Arum bin Sam bin Nuh yang ingin membangun surga di dunia. Dia adalah salah satu dari empat orang yang pernah menguasai dunia.
  • Masya Allah, Inilah Makanan Pertama Penduduk Surga
    Tausyiah
    Rabu, 13 Januari 2021 - 11:54 WIB
    Salah satu kenikmatan yang menanti penghuni surga adalah makanan dan minuman yang tak ada habisnya. Muncul pertanyaan, hidangan apakah yang pertama dimakan oleh penduduk surga?
  • Ini Mengapa Rasulullah SAW Memotivasi Umatnya Mendapatkan Surga Firdaus
    Hikmah
    Kamis, 14 September 2023 - 15:25 WIB
    Surga ini merupakan tempat bagi golongan orang yang salatnya selalu terpenuhi, jauh dari perbuatan sia-sia, rutin dalam membayar zakat, menjaga kemaluannya, menjaga amanah, dan menepati janji
  • Kisah Penghuni Surga Terakhir, Mengira Bakal Berdesak-desakan
    Hikmah
    Senin, 05 September 2022 - 11:02 WIB
    Kisah penghuni surga terakhir ini mengira di akan berdesak-desakan ketika dirinya masuk surga. Maklum saja, dia adalah yang terakhir masuk surga, setelah sekian lama menderita di neraka.
  • Inilah Mereka yang Bakal Menghuni Surga Mawa
    Hikmah
    Jum'at, 15 September 2023 - 09:25 WIB
    Golongan orang-orang yang memiliki amal saleh, takwa kepada Allah SWT, takut dengan kebesaran Allah SWT, dan dapat menahan hawa nafsu termasuk golongan orang-orang yang dapat masuk ke dalam surga ini.
  • cover top ayah
    وَوَصَّيۡنَا الۡاِنۡسَانَ بِوَالِدَيۡهِ اِحۡسَانًا‌ ؕ حَمَلَـتۡهُ اُمُّهٗ كُرۡهًا وَّوَضَعَتۡهُ كُرۡهًا‌ ؕ وَحَمۡلُهٗ وَفِصٰلُهٗ ثَلٰـثُوۡنَ شَهۡرًا‌ ؕ حَتّٰٓى اِذَا بَلَغَ اَشُدَّهٗ وَبَلَغَ اَرۡبَعِيۡنَ سَنَةً  ۙ قَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًا تَرۡضٰٮهُ وَاَصۡلِحۡ لِىۡ فِىۡ ذُرِّيَّتِىۡ ؕۚ اِنِّىۡ تُبۡتُ اِلَيۡكَ وَاِنِّىۡ مِنَ الۡمُسۡلِمِيۡنَ
    Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun dia berdoa, Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sungguh, aku termasuk orang muslim.

    (QS. Al-Ahqaf Ayat 15)
    cover bottom ayah
  • Istana Besar di Surga dan Penghuninya (2)
    Hikmah
    Rabu, 19 Mei 2021 - 21:33 WIB
    Menjadi raja atau ratu di dunia merupakan impian semua orang. Tetapi kenikmatan yang dirasakan penghuni surga jauh lebih nikmat daripada kedudukan raja di dunia.
  • Amalan untuk Membuka Pintu Surga bagi Kaum Muslimah
    Muslimah
    Sabtu, 25 Februari 2023 - 05:15 WIB
    Banyak amalan yangh bisa dilakukan kaum muslimah untuk menggapai pintu surga. Bahkan Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam pernah menyampaikan hal tersebut kepada para sahabatnya.
  • Mengenal Makanan dan Minuman yang Ada di Surga
    Tips
    Rabu, 01 Desember 2021 - 17:46 WIB
    Salah satu kenikmatan yang menanti bagi penghuni surga adalah makanan dan minuman yang tidak pernah habis. Begitu pula naungannya tidak fana dan tidak dihapus.
  • Benarkah Bahasa Arab Bahasa Ahli Surga?
    Tausyiah
    Jum'at, 17 Maret 2023 - 13:45 WIB
    Ada yang berpendapat bahwa bahasa Arab nantinya akan menjadi bahasa penduduk surga. Dasar yang dipakai untuk mengemukakan bahasa penduduk surga adalah hadis dari Nabi SAW.
  • Istana Besar di Surga dan Penghuninya (1)
    Hikmah
    Selasa, 18 Mei 2021 - 15:01 WIB
    Surga identik dengan tempat menyenangkan dengan berbagai kenikmatan. Sampai-sampai Rasulullah berkata bahwa kenikmatan Surga itu tidak dapat dibayangkan oleh siapapun.
  • Gambaran Kenikmatan Surga, Balasan Bagi Orang yang Beramal Saleh
    Hikmah
    Kamis, 16 Maret 2023 - 23:14 WIB
    Al-Quran mengabarkan bahwa sebaik-baik balasan bagi orang yang beramal saleh ialah Surga dengan segala kenikmatannya. Berikut gambaran dan ucapan ahli surga.
  • Sebelum Masuk Surga, Setiap Orang Akan Transit ke Neraka Jahanam
    Tausyiah
    Jum'at, 21 Oktober 2022 - 15:22 WIB
    Sejumlah ulama berpendapat bahwa setiap orang akan memasuki neraka jahanam terlebih dahulu sebelum menikmati surga, bagi orang-orang yang bertakwa.
  • Jauhi Perkara Satu Ini Jika Ingin Jadi Ahli Surga
    Tausyiah
    Sabtu, 30 September 2023 - 16:35 WIB
    Jika ingin mendapatkan surga-Nya, hendaknya umat muslim menjauhi perkara dosa yang satu ini. Apakah perkara yang dimaksud? Simak ulasannya berikut.
  • Apa yang Dibicarakan Penduduk Surga? Begini Penjelasan Surat Al-Waqiah Ayat 25-26
    Hikmah
    Sabtu, 07 Oktober 2023 - 09:25 WIB
    Penduduk surga bergelimang kenikmatan. Di sana mereka hanya mendengar ucapan-ucapan yang bersahabat penuh doa dan salam. Hal ini ergambar dari dfirman Allah SWT dalam Surat Al-Waqiah ayat 25-26.
  • Gambaran Ulama Tentang Kenikmatan Surga
    Tausyiah
    Rabu, 21 September 2022 - 14:40 WIB
    Surga adalah tempat kembali yang sangat Indah. Keindahan surga tidak dapat dibayangkan oleh hati manusia. Kenikmatan dan kebahagiaan di surga bersifat selama-lamanya, kholidina fiha abada.
  • Benarkan Jumlah Perempuan di Surga Paling Banyak?
    Muslimah
    Minggu, 11 Oktober 2020 - 06:59 WIB
    Soal jumlah perempuan yang mendominasi neraka, sering sekali dibicarakan. Lantas bagaimana dengan jumlah penghuni surga? Akankah perempuan juga mendominasi sebagai penghuni surga atau sebaliknya dari jumlah laki-laki?
  • Mereka yang Pantas Menghuni Surga Darul Muqamah
    Hikmah
    Kamis, 14 September 2023 - 15:16 WIB
    Surga Darul Muqamah adalah surga pada tingkatan keenam. Surga ini diperuntukkan bagi orang-orang yang dalam hidupnya senantiasa berbuat kebaikan dan menjauhi larangan Allah SWT atau berbuat hal yang maksiat.
  • 12 Karakter Penduduk Surga
    Tausiyah
    Jum'at, 03 Januari 2020 - 17:58 WIB
    Ustaz Bendri Jaisyurrahman mengemukakan karakter penduduk surga saat mengisi kajian di Masjid Agung Sunda Kelapa, Jakarta Pusat belum lama ini.
  • 9 Potret Bidadari Surga yang Dijelaskan dalam Al-Quran
    Muslimah
    Senin, 05 Desember 2022 - 11:44 WIB
    Sosok bidadari surga diciptakan Allah Subhanahu wa taala tanpa cela. Tiada bandingannya jika bersanding dengan perempuan-perempuan dunia, karena bidadari surga tak memiliki masa yang memudarkan kecantikannya.
  • 3 Jalan Mudah ke Surga bagi Kaum Muslimah
    Muslimah
    Jum'at, 25 Agustus 2023 - 10:14 WIB
    Ada seorang muslimah yang menyampaikan protes kepada Rasulullah SAW tentang peran perempuan yang dinilainya kurang adil dalam mendapatkan amalan untuk masuk surga. Padahal ternyata ada banyak jalan untuk meraih surga itu.