Topik Terkait: Puasa Itu Menyehatkan

  • Puasa itu Melahirkan Kerinduan
    Tausiyah
    Rabu, 29 Mei 2019 - 14:51 WIB
    Disebutkan bahwa dari sekian kesenangan ukhrawi kelak, tak ada lagi yang paling diimpikan oleh manusia mukmin lebih dari menatap wajah sang Khaliq.
  • Puasa Itu Membangun Keseimbangan
    Tausiyah
    Rabu, 15 Mei 2019 - 21:00 WIB
    Manusia itu menjadi manusia karena tiga elemen dasar penciptaannya, yang menyatu dalam bangunan hidupnya. Saya menyebut tiga elemen ini sebagai pilar hidup.
  • Usai Puasa Kembali ke Titik Nol, Haedar: Takwa Itu Bukan Pangkat
    Tausyiah
    Selasa, 20 April 2021 - 15:10 WIB
    Seringkali takwa dijelaskan sebagai pangkat, gelar, dan identitas yang melekat pada diri orang yang berpuasa. Padahal ungkapan tattaqun adalah proses berkelanjutan dari perilaku takwa.
  • Bacaan Niat Menggabung Puasa Qadha Ramadan dan Puasa Sunnah Rajab
    Tausyiah
    Minggu, 14 Januari 2024 - 11:30 WIB
    Waktu untuk membayar puasa Ramadan juga tinggal sedikit lagi. Bolehkah menggabungkannya pelaksanaan puasa sunnah Rajab dengan qadha puasa Ramadan?
  • Puasa itu Proses Menghadirkan Allah
    Tausiyah
    Jum'at, 10 Mei 2019 - 15:05 WIB
    Dalam Alquran, secara khusus Allah SWT memanggil orang-orang beriman untuk berpuasa, &ldquoWahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu bwrpuasa&rdquo (Al-Baqarah: 183).
  • Syarat Safar yang Bebas dari Perintah Puasa (1)
    Tips
    Jum'at, 24 April 2020 - 02:31 WIB
    Para ulama menetapkan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi agar safar yang dilakukan seseorang bisa dijadikan dasar untuk terbebas dari perintah puasa.
  • Benarkah Puasa Syawal 6 Hari Sama Dengan Puasa Setahun?
    Muslimah
    Kamis, 20 Mei 2021 - 16:08 WIB
    Amalan puasa sunnah 6 hari di bulan Syawal, seringkali disebut seperti puasa setahun penuh. Benarkah demikian? Apa saja keistimewaan puasa sunnah ini?
  • Keutamaan Puasa Asyura: Menghapus Dosa Setahun Lalu
    Tips
    Senin, 01 Agustus 2022 - 10:49 WIB
    Keutamaan puasa Asyura (hari ke-10 bulan Muharram) perlu diketahui umat Islam, mengingat keistimewaannya puasa di hari tersebut. Apa yang membuat hari Asyura begitu istimewa dan apa saja keutamaannya?
  • Doa Berbuka Puasa Berdasar Hadis Sahih
    Tips
    Sabtu, 02 April 2022 - 16:27 WIB
    Ulama dari Madzhab Syafii menggabungkan doa riwayat Imam Bukhari dan Muslim dengan doa riwayat Abu Dawud, demikian disebutkan Sulaiman Bujairimi.
  • Dalil Puasa Rajab dan Pandangan Hukumnya Menurut Ulama
    Tausyiah
    Jum'at, 12 Januari 2024 - 14:59 WIB
    Dalil puasa Rajab dan pandangan hukumnya menurut ulama penting kita ketahui, sebelum melaksanakan puasa sunnah yang akan dilaksanan di Bulan Rajab.
  • Puasa itu Membangun Solidaritas
    Tausiyah
    Minggu, 12 Mei 2019 - 03:32 WIB
    Puasa yang tidak melahirkan rasa kasih dan tenggang rasa terhadap sesama boleh jadi puasa yang masih sebatas sekadar menunaikan kewajiban.
  • Sejarah dan Asal Usul Puasa Ramadhan
    Dunia Islam
    Senin, 28 Maret 2022 - 14:48 WIB
    Sejarah dan asal usul puasa sebenarnya sudah sangatlah tua. Puasa adalah ibadah ruhiyyah yang ada sejak lama di mana Allh Azza wa Jalla mewajibkannya atas banyak umat sebelum umat ini.
  • Puasa Ramadhan Itu Pintu Ampunan
    Tausiyah
    Minggu, 19 Mei 2019 - 03:30 WIB
    Salah satu bentuk misrepresentasi ajaran Islam di dunia Barat umumnya adalah bahwa Islam itu agama kebencian dan kekerasan. Padahal Islam mengajarkan kasih sayang.
  • Puasa Syawal, Pahalanya Seperti Puasa Setahun Penuh
    Tausyiah
    Minggu, 24 Mei 2020 - 08:00 WIB
    Puasa Syawal adalah puasa 6 hari di bulan Syawal. Puasa ini hukukmnya sunnah. Puasa Syawal biasanya dilakukan segera setelah hari raya Idul Fitri.
  • Benarkah Bekam Membatalkan Puasa?
    Tips
    Senin, 03 April 2023 - 07:49 WIB
    Bekam juga disebut hijamah adalah penyedotan (darah) dengan membuat irisan kecil pada permukaan kulit secara sengaja untuk mengeluarkan darah dari tubuh melalui pembuluh darah (yang dilukai). Benarkah tindakan ini membatalkan puasa?
  • Bolehkah Puasa Syawal Dikerjakan Tidak Berurutan?
    Tausyiah
    Selasa, 25 April 2023 - 08:37 WIB
    Bolehkah puasa Syawal dikerjakan tidak berurutan? Hal ini sering ditanyakan kaum muslim mengingat waktunya yang cukup panjang di bulan Syawal dan melaksanakannya selama 6 hari. Bagaimana menurut syariat?
  • Tips untuk Muslimah agar Melaksanakan Puasa Terasa Ringan
    Muslimah
    Selasa, 12 April 2022 - 12:25 WIB
    Melaksanakan ibadah puasa Ramadhan, bisa dibilang susah-susah gampang, termasuk bagi kalangan muslimah. Apalagi bila kondisi cuaca terasa panas menyengat. Godaan selalu datang tak terbendung.
  • Hukum Menggabung Puasa Qadha Ramadhan dan Puasa Sunnah Syawal
    Tausyiah
    Senin, 16 Mei 2022 - 07:30 WIB
    Setelah puasa Ramadhan, umat muslim dianjurkan menunaikan yaitu puasa sunnah enam hari di bulan Syawal. Bolehkah menggabung niat puasa qadha dan puasa Syawal?
  • Lafaz 2 Doa Buka Puasa Ramadan yang Populer Lengkap dengan Artinya
    Tips
    Senin, 11 Maret 2024 - 11:10 WIB
    Doa buka puasa Ramadan yang diamalkan oleh masyarakat Islam selama ini ada beberapa lafaz, sama-sama baik dan populer serta sah diamalkan.
  • Jangan Lewatkan Pekan ini Jadwal Terakhir Puasa Sunnah Syawal
    Tips
    Minggu, 14 Mei 2023 - 20:15 WIB
    Bagi Anda yang belum melaksanakan puasa sunnah Syawal sama sekali, masih ada kesempatan untuk menunaikannya. Pekan ini atau 6 hari ke depan adalah waktu terakhir.