Kumpulan Artikel: Meluruskan Niat

  • Hadis Arbain: Amalan Bergantung pada Niat
    Tips
    Selasa, 14 November 2023 - 12:22 WIB
    Hadis ini Diriwayatkan oleh dua Imamnya para ahli hadits, Abu Abdillah Muhammad bin Ismail bin Ibrahim bin Al Mughirah bin Bardizbah Al Bukhari dan Abul Husain Muslim bin Al Hajjaj bin Muslim Al Qusyairi An Naisaburi.
  • Berjuang Meluruskan Niat Itu Berat, Begini Penjelasannya
    Tausyiah
    Kamis, 24 Agustus 2023 - 19:35 WIB
    Hendaknya setiap orang meluruskan niat dalam setiap amal ibadah, terutama dalam hal menuntut ilmu. Ini merupakan pekerjaan yang berat karena niat dan ikhlas itu berat.
  • Hadis tentang Meluruskan Niat, Begini Pendapat Ulama
    Tausyiah
    Kamis, 24 Agustus 2023 - 19:20 WIB
    As-Suyuthi berkata: Ketahuilah bahwasanya telah mutawatir dari para imam tentang keagungan hadis niat. Imam Bukhari juga berkata: Tidak ada sebuah hadis yang lebih padat dan kaya faedah melainkan hadis ini.
  • Makna Innamal Amalu Binniyat Menurut Masdar Farid Masudi
    Tausyiah
    Rabu, 14 Desember 2022 - 17:24 WIB
    Dengan mengatakan innama l-amalu bil-niyyat maka sesungguhnya Nabi Muhammad SAW sedang berteori bagaimana suatu amal, harus dikritik atau, dalam bahasa manajemennya, dievaluasi
  • Cara Memperbaiki dan Meluruskan Niat Ibadah
    Tausyiah
    Senin, 12 September 2022 - 17:20 WIB
    Niat sangat penting dalam melaksanakan amal ibadah. Karena itu, setiap muslim dan muslimah harus senantiasa memperbaiki niat dalam ibadahnya, yaitu ikhlas untuk Allah semata.
  • Sudah Mabrurkah Haji Anda? Mari Kita Teliti Kembali Niat dan Pakaian Ihram
    Tausyiah
    Senin, 11 Juli 2022 - 05:15 WIB
    Haji mabrur adalah harapan seluruh umat Islam yang telah menunaikan rukun Islam kelima tersebut. Rasulullah SAW menyebut bahwa haji yang mabrur sebagai salah satu amaliah yang paling utama.
  • Niat Seorang Mukmin Lebih Baik Ketimbang Amalnya
    Tausyiah
    Senin, 20 September 2021 - 20:53 WIB
    Dalam satu Hadis yang diriwayatkan Imam Al-Baihaqi disebutkan bahwa kedudukan niat lebih besar daripada amalnya. Berikut penjelasan Ustaz Hamdan Nasution Attantisy.
  • Urgensi Niat (2): Memperbaiki Hubungan dengan Allah dalam Setiap Keadaan
    Tausyiah
    Jum'at, 25 Juni 2021 - 15:19 WIB
    Jika kita memikirkan kekuasaan Allah akan butuh waktu tahunan, sungguh sangat indah dan menganggumkan ciptaan Allah dalam kehidupan kita.
  • Masih Adakah yang Berlomba-lomba Dalam Hal Akhirat?
    Muslimah
    Minggu, 06 Juni 2021 - 12:02 WIB
    Berlomba-lomba dalam menggapai dunia, mungkin sudah biasa. Namun amat jarang kita perhatikan orang-orang berlomba-lomba dalam hal akhirat. Hanya sedikit orang yang mendapat rahmat Allah yang mungkin sadar akan hal ini.
  • Niat Menyambut Bulan Suci Ramadhan yang Dilazimkan Para Ulama
    Tips
    Senin, 12 April 2021 - 09:36 WIB
    Setiap amalan tergantung pada niatnya dan bagi setiap orang apa yang dia niatkan. Berikut niat menyambut bulan suci Ramadhan sebagaimana dilazimkan para sholihin.
  • Memperbaiki dan Meluruskan Niat
    Muslimah
    Minggu, 11 Oktober 2020 - 08:21 WIB
    Fungsi niat dalam ibadah sangatlah penting. Karena itu, setiap muslim dan muslimah harus senantiasa memperbaiki niat dalam ibadahnya, yaitu ikhlas untuk Allah semata