Topik Terkait: Tafakuri Diri

  • Pentingnya Tafakuri Diri
    Muslimah
    Minggu, 08 November 2020 - 07:24 WIB
    Manusia mudah sekali terpukau dengan keindahan alam. Sehingga menafakuri alam menjadi hal termudah untuk menemukan keagungan Allah Taala, Sang Pencipta Alam Semesta. Namun, manusia sering sekali lalai menafakuri penciptaan dirinya
  • Inilah Keutamaan Tafakur yang Dijelaskan Al-Quran dan Hadis
    Tips
    Selasa, 02 Agustus 2022 - 14:32 WIB
    Tafakur adalah orang yang berzikir kepada Allah Subhanahu wa taala dan berdiam diri merenungkan kebesaran Allah Taala. Merenungkan penciptaan arsy, langit beserta isinya, dan bumi.
  • 4 Cara Mengetahui Aib Diri Sendiri
    Tips
    Senin, 29 November 2021 - 09:10 WIB
    Jangan pernah sibuk mencari-cari aib orang lain, namun sibukkan diri ini untuk memeriksa dan menghitung aib sendiri saja. Niscaya hal itu sudah menghabiskan waktu tanpa sempat memikirkan dan mencari tahu aib orang lain
  • 4 Cara Memperbaiki Diri Sendiri Menurut Imam Al-Ghazali
    Tausyiah
    Kamis, 28 April 2022 - 22:35 WIB
    Hari-hari terakhir Ramadhan ini hendaknya dimanfaatkan untuk memperbanyak muhasabah dan memperbaiki hubungan kita kepada Allah dan sesama manusia.
  • Pembom Bunuh Diri Akan Diazab di Neraka Dengan Alat yang Dipakai Bunuh Diri
    Tausyiah
    Kamis, 01 April 2021 - 20:01 WIB
    Pendapat saya dalam hal ini, bahwa ia telah bunuh diri dan akan diazab di neraka jahanam dengan alat yang dipakai bunuh diri tersebut, sebagaimana telah disabdakan Rasulullah dalam hadis yang sahih.
  • 3 Tahapan Memperbaiki Diri, Nomor Terakhir Lingkungan Pergaulan Ikut Menentukan
    Tips
    Rabu, 20 Juli 2022 - 17:36 WIB
    Dalam Islam, ada beberapa cara untuk memperbaiki hidup. Cara tersebut sebagai bentuk ikhtiar kita untuk kehidupan yang lebih baik. Sebab Allah Taala juga tidak akan mengubah kondisi hamba-Nya hingga ia berusaha mengubah dirinya sendiri.
  • Fenomena Anak Durhaka, Orang Tua harus Bermuhasabah Diri
    Muslimah
    Senin, 21 Maret 2022 - 19:10 WIB
    Tak dapat dipungkiri bahwa saat ini, banyak orang tua yang mengeluhkan perilaku buruk, tidak senonoh, dan berbagai bentuk kedurhakaan anak mereka
  • Akhlak Muslim, Pentingnya Mengenal Diri Sendiri
    Hikmah
    Kamis, 09 November 2023 - 10:28 WIB
    Seringkali kita pandai menilai orang lain, namun sebaliknya justru tidak mengenal akan diri sendiri. Padahal, sebagai bagian dari akhlak muslim, kita perlu mengetahui siapa diri kita dan bagaimana sebenarnya jati diri kita sendiri.
  • Pentingnya Berbuat Adil untuk Diri Sendiri, Begini Penjelasannya
    Hikmah
    Rabu, 08 November 2023 - 10:09 WIB
    Allah Subhanahu wa taala memerintahkan hamba-hambanya untuk berbuat kebaikan dan adil, tidak hanya untuk orang lain namun juga untuk dirinya sendiri. Mengapa adil untuk diri sendiri ini penting dilakukan?
  • Inilah Cara Melihat Aib Diri Sendiri
    Muslimah
    Minggu, 13 September 2020 - 09:00 WIB
    Setiap manusia, pasti memiliki kekurangan, aib, cacat, dan cela. Maka sibukkan diri ini untuk memeriksa dan menghitung aib sendiri saja, niscaya hal itu sudah menghabiskan waktu tanpa sempat memikirkan dan mencari tahu aib orang lain.
  • Surat Yasin Ayat 45-46: Pentingnya Introspeksi Diri untuk Menatap Masa Depan
    Tausyiah
    Jum'at, 07 Januari 2022 - 07:50 WIB
    Surat Yasin ayat 45-46 membicarakan tentang bagaimana al-Quran mengajarkan manusia untuk selalu introspeksi diri melalui dua hal untuk menatap masa depan.
  • 3 Macam Rasa Malu yang Perlu Melekat Pada Diri
    Muslimah
    Sabtu, 03 April 2021 - 16:04 WIB
    Rasa malu adalah benteng pertahanan bagi seluruh akhlak. Ia merupakan keutamaan yang agung dan karenanya perilaku manusia menjadi terarah. Ia adalah pagar yang melindungi tatatnan nilai dan moral.
  • Muhasabah Diri Setiap Hari
    Muslimah
    Rabu, 24 Maret 2021 - 17:32 WIB
    Setiap muslim dan muslimah, diperintahkan selalu mawas diri untuk melaksanakan segala perintah Allah Taala dan menjauhi larangan-Nya. Caranya dengan selalu melakukan muhasabah diri setiap hari
  • Tips dan Adab Mengendalikan Amarah dalam Diri
    Tips
    Minggu, 19 November 2023 - 16:34 WIB
    Setiap manusia pasti memiliki rasa marah dan marah memiliki tanda-tanda zhahir yang menunjukkannya, dan tanda-tanda yang dapat diketahui.
  • Penyakit Rendah Diri
    Muslimah
    Rabu, 11 November 2020 - 09:00 WIB
    Sungguh kasihan orang-orang yang terjebak dalam cara berpikir salah, sehingga membuahkan suatu penyakit yang sangat merugikan dirinya. Lantas penyakit apakah itu?
  • Pengetahuan tentang Diri yang Sebenarnya Menurut Imam Al-Ghazali
    Tausyiah
    Kamis, 16 Februari 2023 - 13:58 WIB
    Tidak ada yang lebih dekat kepada anda kecuali diri anda sendiri. Jika anda tidak mengetahui diri anda sendiri, bagaimana anda bisa mengetahui segala sesuatu yang lain.
  • Pesta Fitrah, Proses Penyucian dan Kemenangan Melawan Diri Sendiri
    Tausyiah
    Minggu, 01 Mei 2022 - 19:24 WIB
    Mereka yang tak kembali ke fitri hanya meraih hebatnya kegelapan yang diyakini kebajikan. Mereka deklarasikan kemaslahatan yang sebenarnya justru khancuran.
  • Tahun Baru Hijriah, Buya Anwar Abbas: Saatnya Umat Islam Evaluasi Diri!
    Tausyiah
    Selasa, 18 Juli 2023 - 18:02 WIB
    Buya Anwar Abbas mengingatkan kepada setiap Muslim hendaknya menjadikan peristiwa tahun baru Hijriah dari 1444 ke 1445 H sebagai sarana untuk melakukan evaluasi diri.
  • Kesempatan Muhasabah Diri di Waktu Akhir Ramadhan
    Muslimah
    Minggu, 09 Mei 2021 - 14:22 WIB
    Ada kekhawatiran yang sangat ketika Ramadhan yang akan usai, namun amal-amal yang telah dikerjakan ini teryata ditolak oleh Allah subhanahu wa taala. Bagaimana bila hal ini terjadi?
  • Muhasabah Diri dan Dalil-dalilnya dalam Al-Quran
    Muslimah
    Jum'at, 31 Desember 2021 - 19:40 WIB
    Seorang muslim diperintahkan untuk selalu mawas diri untuk melaksanakan segala perintah Allah Subhanahu wa ta ala dan menjauhi larangan-Nya. Caranya dengan selalu melakukan muhasabah diri