Topik Terkait: Sifat Sombong

  • Inilah Kenikmatan Penyebab Penyakit Sombong Menurut Imam Al Ghazali
    Muslimah
    Selasa, 08 Maret 2022 - 19:12 WIB
    Ada banyak penyebab penyakit sombong, salah satunya karena adanya kenikmatan-kenikmatan. Kenapa kenikmatan? Karena kenikmatan yang dirasakan oleh seseorang itu justru merusak hatinya.
  • Kenikmatan-kenikmatan yang Membawa Manusia Pada Sifat Sombong
    Muslimah
    Selasa, 10 November 2020 - 14:08 WIB
    Salah satu penyakit hati adalah sombong. Sikap sombong mudah muncul dalam diri manusia. Yang menjadikan seseorang menderita penyakit hati ini, bisa oleh berbagai macam kenikmatan
  • 6 Cara Agar Terhindar dari Sifat Sombong
    Tips
    Rabu, 05 Januari 2022 - 23:05 WIB
    Sifat sombong merupakan warisan Iblis yang wajib kita jauhi. Abah Guru Sekumpul (KH Muhammad Zaini Abdul Ghani Al-Banjari) memberi tips agar terhindar dari sifat sombong.
  • Waspadai Sifat yang Paling Dibanggakan Iblis Ini
    Muslimah
    Rabu, 01 September 2021 - 14:29 WIB
    Salah satu sifat iblis yang dibanggakan dan banyak hinggap pada manusia adalah sifat sombong. Karena itu, umat Islam harus menjauhi sifat ini, dan harus bersikap tawadhu.
  • 5 Sifat-Sifat Istri yang Mesti Dicari Menurut Imam Ghazali
    Tausyiah
    Sabtu, 28 Mei 2022 - 18:58 WIB
    Imam al-Ghazali memberi resep tentang sifat-sifat yang mesti dicari dalam diri seorang calon istri. Dia menyebut yang pertama dan paling penting di antaranya, adalah kesucian akhlak.
  • cover top ayah
    وَوَصَّيۡنَا الۡاِنۡسَانَ بِوَالِدَيۡهِ اِحۡسَانًا‌ ؕ حَمَلَـتۡهُ اُمُّهٗ كُرۡهًا وَّوَضَعَتۡهُ كُرۡهًا‌ ؕ وَحَمۡلُهٗ وَفِصٰلُهٗ ثَلٰـثُوۡنَ شَهۡرًا‌ ؕ حَتّٰٓى اِذَا بَلَغَ اَشُدَّهٗ وَبَلَغَ اَرۡبَعِيۡنَ سَنَةً  ۙ قَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًا تَرۡضٰٮهُ وَاَصۡلِحۡ لِىۡ فِىۡ ذُرِّيَّتِىۡ ؕۚ اِنِّىۡ تُبۡتُ اِلَيۡكَ وَاِنِّىۡ مِنَ الۡمُسۡلِمِيۡنَ
    Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun dia berdoa, Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sungguh, aku termasuk orang muslim.

    (QS. Al-Ahqaf Ayat 15)
    cover bottom ayah
  • Role Model Kecantikan Muslimah : Dihiasi Sifat Tawadhu
    Muslimah
    Rabu, 03 November 2021 - 07:01 WIB
    Role model kecantikan seorang muslimah adalah yang dihiasi oleh sifat tawadhu. Tawadhu adalah sifat yang amat mulia, namun sedikit orang yang memilikinya.
  • Hati-hati, Ucapan Ini Paling Dibenci Allah SWT
    Muslimah
    Kamis, 25 Agustus 2022 - 09:37 WIB
    Menjaga lisan dari perbuatan ghibah atau mengucapkan cacian, menghina atau kata-kata kotor dan menyakitkan, sangat dilarang dalam Islam. Akan tetapi, tanpa sadar banyak ucapan yang keluar dari mulut kita membuat orang tersinggung
  • Mengenal 20 Sifat Wajib Bagi Allah dan Artinya
    Hikmah
    Senin, 29 November 2021 - 19:19 WIB
    Allah Azza wa Jalla memiliki banyak sifat dan nama-nama terbaik. Ada 20 sifat wajib bagi Allah yang patut diketahui umat muslim berikut dalil dan artinya.
  • Jadikan Sifat Tawadhu sebagai Modal Kebahagiaan
    Muslimah
    Selasa, 01 Desember 2020 - 05:21 WIB
    Orang yang tawadhu akan memancarkan cahaya keakraban, kehangatan, dan keindahan. Kepribadiannya akan cemerlang dan menjadi magnet bagi datangnya kebaikan dari sekelilingnya.
  • Habib Ahmad: Jangan Pernah Anggap Diri Kita Lebih Baik dari Orang Lain
    Tausyiah
    Senin, 12 Juli 2021 - 07:15 WIB
    Pengasuh Ponpes Al-Hawthoh Al-Jindaniyah Habib Ahmad bin Novel bin Salim Jindan berpesan agar jangan pernah menganggap diri kita lebih baik dari orang lain.
  • Pengertian Tahawwur, Sifat Tercela yang Harus Dihindari
    Tausyiah
    Jum'at, 17 Maret 2023 - 23:11 WIB
    Pengertian Tahawwur, sifat tercela yang harus dihindari kaum muslim karena dampaknya yang merusak. Tahawwur termasuk penyakit hati yang sering tidak disadari manusia.
  • Sifat Qanaah: Arti, Ciri dan Contohnya
    Tausyiah
    Sabtu, 23 September 2023 - 07:00 WIB
    Sifat qanaah adalah karakteristik yang mengacu pada sikap manusia untuk menerima dan puas dengan apa yang dimilikinya, tanpa merasa terus-menerus ingin memiliki lebih atau mencari kekayaan yang berlebihan.
  • Hati-hati Sifat Setan Ini, Seringkali Kita Tiru
    Muslimah
    Jum'at, 20 Agustus 2021 - 19:08 WIB
    Setan selalu kegirangan bila manusia terhasut oleh bisikannya dan menjadi pengikutnya. Tentu sebagai muslim, kita harus selalu memohon perlindungan Allah Taala dari godaan setan tersebut.
  • Sifat Malu yang Sebenarnya
    Muslimah
    Kamis, 11 Februari 2021 - 09:00 WIB
    Salah satu ciri kemuliaan perempuan terletak pada sifat malu yang menebal dalam dirinya. Apa itu malu? Dan bagaimana menempatkan sifat malu ini pada tempatnya yang benar?
  • 5 Manfaat Memiliki Sifat Qanaah, Nomor 2 Selalu Beruntung dalam Hidup
    Tips
    Jum'at, 23 September 2022 - 19:25 WIB
    Dalam Islam, sifat qanaah berarti selalu merasa cukup atas rezeki dan segala nikmat yang telah Allah berikan. Qanaah adalah ridho dengan ketetapan Allah Taala dan berserah diri pada keputusan-Nya yaitu segala yang dari Allah itulah yang terbaik.
  • Meneladani Sifat Pemaaf Para Kekasih Allah SWT
    Tips
    Selasa, 01 Maret 2022 - 17:19 WIB
    Allah Subhanahu wa taala menyifati para nabi atau kekasih-Nya dengan sifat-sifat mulia, salah satunya adalah sifat pemaaf. Para Nabiyullah ini, bersikap lapang dada atas kesalahan dan perbuatan zalim orang lain padanya.
  • Karena 6 Sifat Ini, Wanita Dilarang untuk Dinikahi
    Muslimah
    Senin, 28 Februari 2022 - 10:29 WIB
    Ada 6 sifat yang merusak kaum wanita sehingga dianjurkan pada setiap lelaki agar tidak mempersuntingnya atau menikahinya menjadi istri. Sifat apakah itu yang sangat merugikan kaum wanita ini?
  • Ingin Jadi Orang Beruntung? Jauhi Sifat Tercela Ini
    Tausiyah
    Senin, 04 November 2019 - 05:15 WIB
    Allah Taala menciptakan langit dan bumi beserta isinya, semuanya mengandung hikmah yang agung dan tidak dalam kesia-siaan.
  • Firaun (Ramses II) Dalam Al-Quran: Sombong, Kejam, dan Tiran
    Tausyiah
    Senin, 02 Agustus 2021 - 14:21 WIB
    Firaun (Ramses II) dalam Al-Quran digambarkan sebagai seorang hamba yang angkuh dan sombong. Firaun adalah gelar bagi sang penguasa tirani dari rezim tunggal yang pernah berkuasa di Mesir.
  • Doa agar Dijauhkan dari Sifat Sombong
    Tips
    Senin, 14 Agustus 2023 - 18:37 WIB
    Sombong adalah penyakit hati yang sangat dimurkai Allah Subhanahu wa taala. Karena itu, kita harus selalu memohon agar dijauhkan dari sifat tersebut.