Kumpulan Artikel: Kisah Sufi (halaman 4)

  • Kisah Pengembara yang Pindah dari Satu Agama ke Agama Lain
    Hikmah
    Sabtu, 27 Agustus 2022 - 14:13 WIB
    Wahai pengembara, aku khawatir engkau tidak akan sampai ke Mekkah --sebab jalan yang kau tempuh menuju Turkistan, demikian Idries Shah menukil Syekh Sadi saat memulai tulisannya Pencari Ilmu.
  • Sufisme Pengaruhi Kehidupan Mistik di India
    Hikmah
    Selasa, 23 Agustus 2022 - 16:58 WIB
    Pengaruh sufisme terhadap kehidupan mistik di India sangat kuat sehingga beberapa mazhab mistik yang dianggap sebagai produk Hinduisme kuno dinyatakan oleh para peneliti bersumber pada ajaran sufi.
  • Tafsir Idries Shah atas 2 Kisah Sufi Mullah Nashruddin
    Hikmah
    Selasa, 23 Agustus 2022 - 16:51 WIB
    Idries Shah menafsirkan dua kisah sufi Mullah Nashruddin menjadi sesuatu yang menarik. Bukan sekadar lelucon yang penuh sindiran. Menurutnya, Mullah Nashruddin tidak merusak kaidah-kaidah zamannya.
  • Kisah Sufi Mullah Nashruddin: Ia yang Jatuh, tetapi Justru Leherku yang Patah!
    Hikmah
    Minggu, 21 Agustus 2022 - 15:03 WIB
    Pernyataan Mullah Nashruddin, ia yang jatuh, tetapi justru lehernya yang patah terungkap ketika guru sufi ini ditanya perihal hukum sebab akibat oleh muridnya.
  • Fathimah dari Nisyapur, Sosok Wanita Sufi yang Berkeluarga
    Muslimah
    Sabtu, 20 Agustus 2022 - 14:38 WIB
    Tokoh sufi wanita yang populer di dunia tidak begitu banyak. Namun, sosok sufi ini merupakan sosok yang mempunyai keteguhan hati, independen , percaya diri, dan begitu mendalam dalam mempelajari tradisi-tradisi tasawuf .
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Kisah Kucing Membangunkan Syaikh Abdul Qadir Al-Jilani untuk Sholat Subuh
    Hikmah
    Sabtu, 20 Agustus 2022 - 10:04 WIB
    Kucing yang membangunkan Syaikh Abdul Qadir Al-Jilani untuk sholat subuh bukan sembarang kucing. Kucing yang tampaknya baik banget itu ternyata jelmaan iblis.
  • Kisah Ulama Sufi Diampuni Allah karena Selimuti Kucing Kedinginan
    Hikmah
    Jum'at, 19 Agustus 2022 - 23:08 WIB
    Imam Abu Bakar Asy-Syibli (247-334 H) tidak menyangka kalau kucing yang pernah diselimutinya saat cuaca dingin di Baghdad mendatangkan rahmat Allah. Berikut kisahnya.
  • Kisah Sufi yang Cerdik Kalahkan Setan Raksasa Jahat
    Hikmah
    Rabu, 15 Juni 2022 - 11:55 WIB
    Versi ini berasal dari suatu Majmua (kumpulan kisah darwis) yang aslinya ditulis oleh Hikayati pada abad ke-11, menurut kolofon, tetapi dalam bentuknya yang kita baca ini ia berasal dari abad ke-16.
  • Kisah Ibrahim bin Adham: Ketika Kuburan Kian Ramai dan Kota Makin Sepi
    Hikmah
    Sabtu, 07 Mei 2022 - 16:06 WIB
    Farid al-Din Attar dalam bukunya berjudul Tadhkirat al-Auliya menyampaikan sejumlah kisah tentang karamah Ibrahim bin Adham salah satunya adalah kisah berikut ini:
  • Kisah Ibnu Arabi: Ketika Pamannya Bertaubat, Tinggalkan Takhta, dan Menjadi Pencari Kayu Bakar
    Hikmah
    Senin, 07 Maret 2022 - 16:22 WIB
    Paman Ibnu Arabi adalah pangeran Berber yang mendadak sontak melepas tahta dan menginfakkan seluruh hartanya untuk mengabdikan jiwa dan raganya pada Allah.
  • Kisah Nabi Khidir, Pangeran yang Tinggalkan Singgasana
    Hikmah
    Senin, 07 Maret 2022 - 16:14 WIB
    Nabi Khidir adalah seorang anak raja pada zaman kenabian Zulkarnain as. Dia memutuskan melepaskan singgasananya demi menjadi hamba Allah Taala. Beliau keturunan Nabi Nuh.
  • Ibnu Arabi Berkisah Saat Ayahnya Wafat: Cukup Lama Kami Ragu untuk Menguburnya
    Hikmah
    Minggu, 06 Maret 2022 - 20:05 WIB
    Ibnu Arabi berkisah, Saya menyaksikannya dalam diri almarhum Ayahanda. Cukup lama kami ragu untuk menguburnya. Airmukanya begitu mirip dengan orang hidup.
  • Kisah Sufi Syeh Amir-Sayed Kulal Sokhari: Tuan Rumah dan Tamu
    Hikmah
    Rabu, 16 Februari 2022 - 09:52 WIB
    Kisah berikut merupakan salah satu kisah Sufi yang mengandung pembatasan. Tidak boleh dipelajari terpisah, dan di manapun cerita ini dituliskan, seorang murid harus membaca kisah berikutnya.
  • Kisah Sufi Isra Mikraj: Ketika Sultan Menjadi Orang Buangan
    Hikmah
    Minggu, 06 Februari 2022 - 09:44 WIB
    Metode Sufi, menurut Ibrahim Khawwas, adalah: Tunjukkan hal-hal yang tak dimengerti dengan menggunakan istilah-istilah yang bisa dimengerti oleh khalayak.
  • Doa Al-i’tiraf, Cara Abu Nawas Menipu Tuhan?
    Hikmah
    Senin, 24 Januari 2022 - 07:46 WIB
    Abu Nawas adalah seorang pujangga. Ia selalu memiliki jawaban pada setiap pertanyaan yang diajukan santrinya. Seorang santri bertanya: Wahai guru, mungkinkah manusia bisa menipu Tuhan?
  • Kisah Sufi Shah Muhammad Gwat Shattari: Mimpi dan Sepotong Roti
    Hikmah
    Kamis, 13 Januari 2022 - 14:38 WIB
    Kisah ini salah satu yang dianggap menjadi karya Shah Muhammad Gwat Shattari. Beliau adalah dalah guru pendiri tidak kurang dari 14 tarekat dan sangat dihormati oleh Maharaja India, Humayun.
  • Kisah Sufi Majnun Qalandar: Anjing dan Keledai
    Hikmah
    Rabu, 12 Januari 2022 - 10:59 WIB
    Kisah Anjing dan Keledai ini yang menyerupai salah satu kisah Jalaluddin Rumi, adalah fabel dari koleksi terkenal milik Majnun Qalandar. Beliau menceritakan kisah teladan di pasar-pasar.
  • Kisah Sufi Omar Khilwati: Membawa Sepatu ke Masjid
    Hikmah
    Selasa, 11 Januari 2022 - 14:29 WIB
    Kisah Membawa Sepatu bersumber dari ajaran-ajaran tarekat Khilwati (Pertapa), yang didirikan oleh Omar Khilwati yang wafat pada tahun 1397. Berikut kisahnya.
  • Kisah Sufi Khwaja Ali Ramitani: Cara Menangkap Kera
    Hikmah
    Minggu, 09 Januari 2022 - 19:15 WIB
    Kisah ini adalah salah satu dari kisah-kisah dalam kumpulan Buku Amu Daria (The Book of Amu Daria). Versi ini dikisahkan oleh Khwaja Ali Ramitani, yang wafat tahun 1306.
  • Kisah Sufi Sayed Shah Qadiri: Jalan Gunung
    Hikmah
    Sabtu, 08 Januari 2022 - 16:54 WIB
    Kepercayaan yang sebenarnya merupakan sesuatu yang lain. Mereka yang mampu memiliki kepercayaan yang sebenarnya adalah yang pernah mengalami sesuatu