Topik Terkait: Hikmah Sakit

  • 11 Hikmah di Balik Sakit, Nomor 6 Paling Kamu Suka
    Hikmah
    Rabu, 19 Januari 2022 - 15:42 WIB
    Jangan pernah berfikir bahwa sakit itu adalah musibah atau azab dari Allah. Justru sakit mendatangkan banyak faedah, berikut 11 hikmah di balik sakit.
  • Kisah Hikmah: Terjebak karena Mengikuti Omongan Orang Lain
    Hikmah
    Sabtu, 11 Desember 2021 - 13:20 WIB
    Kisah hikmah ini tentang Juha, tokoh bijak nan lucu dalam sastra Arab, yang ingin memberikan pelajaran kepada anaknya. Ia mengajak anaknya menyusuri perjalanan dengan membawa seekor keledai.
  • Kisah Hikmah: Menyembunyikan Kebaikan
    Muslimah
    Minggu, 21 Maret 2021 - 16:31 WIB
    Menyembunyikan kebaikan dan kehebatan yang dimiliki akan bernilai baik manakala disertai dengan niat ikhlas lillahi taala. Namun, menampakkan kebaikan sebagai sarana untuk mengajak orang lain agar juga mau berbuat baik, juga dianjurkan.
  • Kisah Hikmah : Pentingnya Orang Tua Mendoakan Kebaikan untuk Anak-anaknya
    Hikmah
    Kamis, 23 November 2023 - 11:41 WIB
    Nabi Shallallahu alaihi wa sallam mendorong setiap orang tua agar selalu berdoa untuk kebaikan anak, sebab doa akan menambah keberkahan dan kebaikan pada anak.
  • Hikmah di Balik Hukum Wajib Puasa Ramadan
    Hikmah
    Rabu, 06 Maret 2024 - 14:19 WIB
    Bagi umat Islam menjalankan puasa Ramadan adalah wajib. Mengapa demikian? Karena di balik hukum wajibnya puasa Ramadan, terkandung banyak hikmah yang sangat agung.
  • Hikmah Dirahasiakannya Waktu Kiamat, Ini Alasannya
    Hikmah
    Sabtu, 29 Juli 2023 - 22:32 WIB
    Peristiwa Hari Kiamat merupakan suatu hal gaib dan termasuk rukun iman yang wajib diyakini umat Islam. Namun, kapan terjadinya tidak ada yang tahu kecuali Allah Taala.
  • Kisah Hikmah : Batal Puasa karena Lihat Istri
    Hikmah
    Selasa, 12 April 2022 - 14:32 WIB
    Syariat yang Allah Subhanahu wa taala turunkan kepada umat Nabi Shallallahu alaihi wa sallam tidak untuk menyulitkan. Justru sebaliknya. Allah Taala menjadikan ketetapan-Nya agar sesuai dengan kemampuan setiap orang.
  • Kisah Hikmah : Pesan dari Kuburan
    Hikmah
    Rabu, 07 Juli 2021 - 09:26 WIB
    Cinta seorang muslim kepada Allah Subhanahu wa taala mengharuskan ia mencintai Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam. Kenapa demikian? Sebab, Rasulullah merupakan kekasih Allah.
  • Kisah Hikmah : Mengajarkan Anak Berbhakti kepada Orang Tua
    Muslimah
    Sabtu, 17 Desember 2022 - 05:15 WIB
    Banyak kisah hikmah dari para sahabat Nabi Shallallahu alaihi wa sallam, yang bisa menjadi teladan untuk anak-anak. Salah satu kisahnya yakni tentang Uwais Al-Qarni.
  • Inilah Hikmah Umur Pendek Umat Nabi Muhammad
    Tips
    Jum'at, 17 Desember 2021 - 15:50 WIB
    Allah Subhanahu wa taala menakdirkan bahwa umur atau usia umat Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam, tidak sepanjang umur umat terdahulu
  • Hikmah Ibadah Haji : Kedudukan Manusia Sama di Hadapan Allah Taala
    Hikmah
    Rabu, 24 Mei 2023 - 09:36 WIB
    Ibadah haji adalah salah satu rukun Islam yang terpenting. Dalam ibadah haji inilah, Allah mengumpulkan semua umat Islam di seluruh dunia untuk mengagungkanNya
  • 9 Pelajaran dan Hikmah dari Perang Uhud
    Hikmah
    Selasa, 28 Maret 2023 - 14:27 WIB
    Setidaknya ada 9 pelajaran dan hikmah dari Perang Uhud. Salah satunya, betapa perang ini kita bisa menyaksikan besarnya kecintaan para Sahabat kepada Rasulullah SAW.
  • Kisah Hikmah : Amanah Berutang Seribu Dinar
    Muslimah
    Minggu, 27 Februari 2022 - 05:14 WIB
    Ketika kita menyampaikan kisah kepada anak-anak, tentunya ada makna yang ingin kita sampaikan. Misalnya tentang pentingnya menjaga amanah dan menanamkan sifat amanah kepada anak.
  • Kisah Hikmah : Bahaya Khawarij dan Fitnah Wanita
    Hikmah
    Senin, 04 Desember 2023 - 08:55 WIB
    Kisah ini mengambil pelajaran dari cerita hidup Imran bin Hitthan bin Zhbyan. Tentang bahayanya khawarij dan fitnah wanita. Lantas siapakah Imran bin Hitthan ini?
  • Hikmah Haji : Semua Sama Kedudukannya di Hadapan Allah
    Tausyiah
    Sabtu, 09 Juli 2022 - 05:15 WIB
    Ibadah haji adalah salah satu rukun Islam yang terpenting. Dalam ibadah haji inilah, Allah mengumpulkan semua umat Islam di seluruh dunia untuk mengagungkanNya
  • 5 Keutamaan Orang yang Sakit
    Hikmah
    Senin, 13 Juli 2020 - 17:12 WIB
    Penyakit kerap dianggap sebagai hal yang tidak menyenangkan dan dijauhi banyak orang. Padahal dalam perspektif syariat, penyakit merupakan anugerah dan menjadi sebab seseorang dekat dengan Allah Taala.
  • Ketentuan Allah Taala Tentang Musibah, Hikmah atau Akibat Dosa?
    Muslimah
    Minggu, 10 Januari 2021 - 09:02 WIB
    Allah Taala memiliki hikmah sesuai dengan keluasan ilmu-Nya yang mutlak. Bahkan, dalam setiap musibah yang menimpa seorang hamba, pada hakikatnya Allah mengirim sinyal-sinyal agar muslimin mengambil hikmah di dalamnya.
  • Ulama Besar Ibnu Sirin Tidak Puasa dengan Dalih Jari Telunjuknya Sakit
    Tausyiah
    Kamis, 22 April 2021 - 18:04 WIB
    Sebagian ulama menyatakan bahwa penyakit apa pun yang diderita oleh seseorang, membolehkannya untuk berbuka. ibnu Sirin tidak puasa dengan alasan jari telunjuknya sakit.
  • Kisah Hikmah : Cinta si Pandai Besi dan Wanita Cantik
    Muslimah
    Senin, 06 November 2023 - 16:38 WIB
    Kisah ini sarat dengan hikmah dan pelajaran yang bisa diambil oleh kaum muslimah zaman ini. Kisah ini juga diambil dari kitab dan terjemah Uqudullujiain bab 25 tentang tanda-tanda istri salehah.
  • Hikmah Idul Fitri 2022, Saatnya Kembali ke Fitrah
    Tausyiah
    Selasa, 03 Mei 2022 - 11:42 WIB
    Hari Raya Idul Fitri selalu diwarnai dengan kegembiraan. Para khatib sholat Id dalam khutbahnya sering mengingatkan saatnya kembali ke Fitrah. Apa sebenarnya makna Fitrah?