Topik Terkait: Jalaluddin ASsuyuthi

  • Jalaluddin Rumi: Kebenaran Esensial Terletak Pada Kesadaran Batin
    Hikmah
    Rabu, 29 Maret 2023 - 13:33 WIB
    Kajian Rumi terhadap semua bentuk agama. Kesimpulannya bahwa kebenaran esensial terletak pada kesadaran batin manusia itu sendiri, bukan pada organisasi-organisasi eksternal.
  • Fabel Jalaluddin Rumi: Burung India
    Hikmah
    Minggu, 03 Mei 2020 - 02:40 WIB
    Burung itu meminta kebebasannya, tetapi ditolak. Karena itu ia minta saudagar itu pergi ke hutan di India, lalu mengabarkan tentang keadaannya kepada burung-burung lain.
  • Jalaluddin Rumi: Kedamaian Kita Hari ini Berasal dari Perang yang Nabi Lakukan
    Hikmah
    Minggu, 07 November 2021 - 14:29 WIB
    Perang Nabi membawa perdamaian yang diinginkan semua orang. Kedamaian kita hari-hari ini berasal dari perang yang beliau lakukan. Padahal beliau membunuh ribuan orang yang menunjukkan permusuhan.
  • Memahami Hukum Islam Berdasar Situasi Menurut Jalaluddin Rakhmat
    Tausyiah
    Rabu, 11 Januari 2023 - 15:05 WIB
    Anehnya bila golongan yang ditanya --Muhammadiyah, Persis, NU jawabannya satu. Semua golongan itu sepakat (ijma) untuk menyimpan uangnya di bank dan memanfaatkan bunganya.
  • Jalaluddin Rumi dan Asal-Usul Tarekat Darwis Berputar
    Hikmah
    Kamis, 03 September 2020 - 10:36 WIB
    Kitab Matsnawi-i-Manawi diselesaikan dalam waktu 43 tahun. Sebenarnya ia tidak bisa dikritik sebagai karya puisi, sebab mengandung gagasan, bentuk dan penyajian yang pelik dan khas.
  • cover top ayah
    وَحُشِرَ لِسُلَيۡمٰنَ جُنُوۡدُهٗ مِنَ الۡجِنِّ وَالۡاِنۡسِ وَالطَّيۡرِ فَهُمۡ يُوۡزَعُوۡنَ (١٧) حَتّٰٓى اِذَاۤ اَتَوۡا عَلٰى وَادِ النَّمۡلِۙ قَالَتۡ نَمۡلَةٌ يّٰۤاَيُّهَا النَّمۡلُ ادۡخُلُوۡا مَسٰكِنَكُمۡ‌ۚ لَا يَحۡطِمَنَّكُمۡ سُلَيۡمٰنُ وَجُنُوۡدُهٗۙ وَهُمۡ لَا يَشۡعُرُوۡنَ‏ (١٨) فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّنۡ قَوۡلِهَا وَقَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًـا تَرۡضٰٮهُ وَاَدۡخِلۡنِىۡ بِرَحۡمَتِكَ فِىۡ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيۡنَ (١٩)
    Dan untuk Sulaiman dikumpulkan bala tentaranya dari jin, manusia dan burung, lalu mereka berbaris dengan tertib. Hingga ketika mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut, Wahai semut-semut! Masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari. Maka dia (Sulaiman) tersenyum lalu tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa, Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih.

    (QS. An-Naml Ayat 17-19)
    cover bottom ayah
  • Maulid Nabi: Syair Pujian Jalaluddin Rumi kepada Rasulullah SAW
    Hikmah
    Kamis, 06 Oktober 2022 - 15:52 WIB
    Maulana Jalaluddin Rumi kerap kali melantunkan puji-pujian pada Rasulullah SAW lewat puisi dan syairnya. Dia persembahkan satu ghazal penuh untuk Nabi.
  • Peringatan Wafatnya Jalaluddin Rumi: Dikenal sebagai Penyair Sekuler di Barat
    Hikmah
    Senin, 18 Desember 2023 - 15:18 WIB
    umi menulis karya besarnya, Masnavi, sebuah puisi sepanjang 50.000 baris, yang ditulis dalam bait dan kuatrain berima tentang kerinduan seumur hidup untuk mencari Tuhan.
  • Jalaluddin Rumi Bicara tentang Kebaikan Ali bin Abu Thalib kepada Pembunuhnya
    Hikmah
    Jum'at, 22 Oktober 2021 - 18:37 WIB
    Jalaluddin Rumi bertutur tentang kebaikan Ali bin Abu Thalib kepada pembunuhnya. Aku tidak memelihara kebencian, atau pun merasa dendam, kata Ali bin Abu Thalib.
  • Jalaluddin Rumi Ada di Museum Aga Khan Kanada
    Dunia Islam
    Minggu, 21 Mei 2023 - 11:12 WIB
    Jalaluddin Rumi ada di Kanada? Ini adalah Rumi Exhibition di Museum Aga Khan di Kanada. Pameran tersebut digelar sampai 1 Oktober 2023. Pameran ini ingin menjawab siapa sejatinya Rumi.
  • 5 Sifat Anak Kecil Ini Jika Anda Miliki Niscaya Jadi Wali Allah
    Tausyiah
    Kamis, 05 Januari 2023 - 17:51 WIB
    Jika Anda ingin menjadi Wali Allah, selain taat kepada-Nya, cukup meniru 5 (lima) sifat anak kecil berikut. Hal ini dikemukakan Imam Jalaluddin al-Suyuthi (wafat 911 H).
  • Jalaluddin Rumi: Jawaban untuk Seseorang yang Bodoh Adalah Diam
    Hikmah
    Selasa, 08 September 2020 - 09:43 WIB
    Pada mulanya pencerahan datang kepadamu dari orang-orang yang tercerahkan. Ini adalah suatu tiruan. Namun ketika hal itu datang berulang kali, ini adalah pengalaman tentang kebenaran.
  • Haul Rumi, Kyai Budi: Tak Boleh Batal, Meski Beda Ruang dan Waktu
    Hikmah
    Jum'at, 17 April 2020 - 12:27 WIB
    Haul Rumi sedianya direncanakan digelar di Masjid Agung Semarang pada 18 -19 April 2020. Sayang, karena wabah virus corona, haul ini dilakukan secara online.
  • Roh dan Jiwa Menurut Para Filsuf dan Sufi
    Hikmah
    Rabu, 16 November 2022 - 08:00 WIB
    Banyak ulama yang menyamakan pengertian antara roh dan jasad. Roh berasal dari alam arwah dan memerintah dan menggunakan jasad sebagai alatnya.
  • Jalaluddin Rahmat: Perubahan Syariat Islam Terjadi Sejak Zaman Sahabat
    Tausyiah
    Rabu, 30 November 2022 - 15:19 WIB
    Sejak zaman sahabat telah terjadi perubahan-perubahan dalam syariat Islam. Bidah-bidah ini telah mengubah sunnah Rasulullah SAW. Sebagian sahabat mulai mengeluhkan terjadinya perubahan ini.
  • Melepaskan Keakuan Seorang Mukmin Menurut Jalaluddin Rakhmat
    Tausyiah
    Minggu, 19 Maret 2023 - 17:12 WIB
    Jadi yang mempercepat orang mencapai derajat yang tinggi di sisi Allah SWT bukanlah frekuensi salat dan puasa. Bukankah semua ibadah itu hanyalah ungkapan rasa syukur kita kepada Allah.
  • Ini Mengapa Khulafaur Rasyidin Sedikit Meriwayatkan Hadis
    Tausyiah
    Kamis, 01 Desember 2022 - 13:06 WIB
    Khulafaur Rasyidin yakni Abu Bakar, Umar , Utsman, dan Ali bin Abi Thalib sedikit meriwayatkan hadis. Jika dijumlahkan keempat khalifah ini hanya meriwayatkan 1411 hadis.
  • Jalaluddin Rumi, Raksasa Afghanistan yang Mempengaruhi Barat
    Hikmah
    Rabu, 02 September 2020 - 10:38 WIB
    Rumi dipandang sebagai salah seorang dari guru mistik tingkat pertama -- meskipun ia menyatakan bahwa ajaran-ajaran al-Quran bersifat alegoris, dan ia memiliki tujuh makna yang berbeda.
  • Ketika Tarekat Sufi Mengalami Radikalisasi
    Hikmah
    Rabu, 02 Agustus 2023 - 16:09 WIB
    Pada abad ke-10, seorang guru sufi Persia yang dikenal sebagai Abul-Hasan Fushanji mengeluhkan bahwa sekarang tasawuf adalah sebuah nama tanpa realitas. Pernah menjadi sebuah realitas tanpa nama.
  • 6 Kasus Manipulasi Hadis di Era Tabiin
    Tausyiah
    Jum'at, 02 Desember 2022 - 18:10 WIB
    Pada era tabiin banyak pemalsuan hadis. Ini terjadi terutama untuk tujuan-tujuan politis. Seorang zindiq memalsu lebih dari 4.000 hadis. Bahkan dari 3 orang pemalsu keluar puluhan ribu hadis palsu.
  • Rumi: Apa yang Tampak Sebuah Batu bagi Orang Biasa, Adalah Mutiara bagi Sang Alim
    Hikmah
    Minggu, 06 September 2020 - 10:00 WIB
    Rumi mengajarkan bahwa manusia sebenarnya tidak mengetahui apa yang mereka inginkan. Jeritan batinnya dinyatakan dalam ratusan keinginan yang mereka duga sebagai kebutuhan mereka.