Topik Terkait: Imam Syaqiq Bin Ibrahim Albalkhi

  • Kisah Imam Syaqiq dan Seorang Sufi Muda
    Hikmah
    Selasa, 08 Desember 2020 - 21:22 WIB
    Imam Syaqiq bin Ibrahim Al-Balkhi rahimahullah bernama lengkap Abu Ali Syaqiq bin Ibrahim Al-Balkhi (wafat 149 H/810 Masehi). Beliau punya kisah hiimah saat berhaji.
  • Kisah Ibrahim bin Adham: Ketika Kuburan Kian Ramai dan Kota Makin Sepi
    Hikmah
    Sabtu, 07 Mei 2022 - 16:06 WIB
    Farid al-Din Attar dalam bukunya berjudul Tadhkirat al-Auliya menyampaikan sejumlah kisah tentang karamah Ibrahim bin Adham salah satunya adalah kisah berikut ini:
  • Kisah Detik-Detik Awal Perjalanan Spiritual Ibrahim bin Adham
    Hikmah
    Jum'at, 01 Oktober 2021 - 17:39 WIB
    Fariduddin Attar dalam Tadhkirat al-Awliya menceritakan perjalanan spritual Ibrahim bin Adham. Ia dikisahkan bertemu Nabi Khidr as sebanyak dua kali.
  • Ibrahim bin Adham: Kedermawanan dan Pengorbanan Demi Sang Teman
    Hikmah
    Rabu, 06 Oktober 2021 - 16:14 WIB
    Ibrahim bin Adham terkenal amat dermawan. Seluruh pengasilan hasil kerjanya diberikan kepada teman-temannya. Ia menjual keledainya dan duit hasil penjualan keledai itu diberikan kepada sang teman.
  • Kisah Imam Ahmad bin Hanbal dan Istighfar Tukang Roti
    Hikmah
    Senin, 20 April 2020 - 23:50 WIB
    Imam Ahmad bin Hanbal, ulama besar pendiri mazhab Hanbali (murid Imam Syafii) punya kisah menarik bertemu dengan seorang penjual (tukang) roti.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Kisah Sufi Ibrahim Bin Adham: Ketika Iblis Mendatangi dan Mengejeknya
    Hikmah
    Kamis, 07 Oktober 2021 - 19:46 WIB
    Apakah engkau meninggalkan kerajaanmu dan begitu banyak kemewahan hanya untuk pergi berziarah dengan kelaparan? Iblis mengejek Ibrahim bin Adham.
  • Meneladani Ibrahim (5): Tiga Karakteristik Kepemimpinan Beliau yang Patut Ditiru
    Tausyiah
    Senin, 26 Juni 2023 - 18:13 WIB
    Keteladanan berikutnya dari kisah Nabi Ibrahim adalah keteladanan dalam kepemimpinan. Ada tiga karakteristik kepemimpinan Nabi Ibrahim yang layak ditiru.
  • Meneladani Ibrahim (2): Bantuan Malaikat Ditolak karena Kuatnya Tawakkal Beliau
    Tausyiah
    Senin, 26 Juli 2021 - 11:10 WIB
    Di saat Raja Namrud membakar Nabi Ibrahim, Malaikat datang menawarkan bantuan. Tetapi Nabi Ibrahim menolaknya dan sepenuhnya berserah diri (tawakkal) kepada Allah.
  • Meneladani Ibrahim (2): Kesungguhan dalam Proses Mencari Hidayah
    Tausyiah
    Sabtu, 17 Juni 2023 - 11:34 WIB
    Keteladanan pertama dari sejarah perjalanan hidup Nabi Ibrahim alaihissalam adalah bahwa dalam proses menemukan mutiara iman diperlukan pencarian yang sungguh-sungguh.
  • Sultan Ibrahim bin Adham, Buah Delima, dan Pernikahan Semalam
    Hikmah
    Sabtu, 25 September 2021 - 15:03 WIB
    Setelah separuh delima itu dimakan, ia sangat menyesal karena hal itu dilakukan tanpa seizin pemiliknya. Dia pun bertekad mencari siapa pemilik buah itu.
  • Rabi bin Sulaiman, Murid Imam Syafii Bersuara Merdu Ketika Adzan
    Hikmah
    Jum'at, 09 Oktober 2020 - 07:15 WIB
    Imam Ar-Rabi bin Sulaiman merupakan salah satu ulama besar mazhab Syafii. Nama lengkap beliau adalah ar-Rabi bin Sulaiman bin Abdul Jabbar bin Kamil al-Muradi.
  • Keberanian Imam Said bin Musayib kepada Penguasa Zalim
    Hikmah
    Jum'at, 28 Oktober 2022 - 05:10 WIB
    Sebuah kisah luar biasa tentang keberanian ulama Tabiin, Imam Said bin Musayib rahimahullah kepada penguasa zalim yang ditakuti pada masanya. Simak kisahnya.
  • Ibrahim bin Adham Bertemu Malaikat Jibril, Ini Permintaannya
    Hikmah
    Senin, 25 Oktober 2021 - 17:59 WIB
    Suatu malam, Ibrahim bin Adham menceritakan, ia menyaksikan Jibril di dalam mimpi turun ke bumi dari langit dengan sebuah gulungan tulisan di tangannya.
  • Ini Alasan Mengapa Nabi Ibrahim Dijuluki Khalilullah
    Hikmah
    Selasa, 05 Juli 2022 - 23:57 WIB
    Nabi Ibrahim alaihissalam adalah sosok Rasul yang dijuluki Khalilullah yang artinya kekasih dan kesayangan Allah. Berikut alasan mengapa nabi Ibrahim dijuluki Khalilullah.
  • Tak Percaya Berkah, Ini Jawaban Syeikh Ibrahim kepada Seorang Kafir Zindiq
    Hikmah
    Rabu, 01 Juli 2020 - 17:24 WIB
    Syeikh Ibrahim bin Adham RA (wafat 160 Hijriyah) adalah seorang ulama sufi yang dikenal zuhud. Beliau punya kisah menarik pernah berdebat dengan seorang kafir zindik.
  • Kematian Tragis Penguasa Zalim Hajjaj bin Yusuf Usai Membunuh Imam Said
    Hikmah
    Sabtu, 05 November 2022 - 21:39 WIB
    Kematian penguasa kontroversial Bani Umayyah Hajjaj bin Yusuf benar-benar tragis. Selang beberapa hari setelah wafatnya Imam Said bin Jubair, Hajjaj ditimpa penyakit mengerikan.
  • Hadis tentang Akan Datangnya Imam Mahdi
    Hikmah
    Rabu, 24 Januari 2024 - 11:55 WIB
    Telah diriwayatkan berbagai hadis sahih yang menunjukkan akan munculnya al-Mahdi. Di antara hadis-hadis ini ada yang khusus menyebutkan tentang al-Mahdi, ada juga yang hanya menyebutkan sifat-sifatnya.
  • Harta Kekayaan Nabi Ibrahim dan Pengorbanan yang Luar Biasa
    Hikmah
    Kamis, 23 Juni 2022 - 05:10 WIB
    Tahukah Anda berapa harta kekayaan Nabi Ibrahim? Barang kali kita hanya mengetahui Nabi yang kaya adalah Nabi Sulaiman. Berikut nilai kekayaan Nabi Ibrahim dan pengorbanannya.
  • Kisah Karomah Cucu Nabi, Imam Husain bin Ali
    Hikmah
    Minggu, 26 Juli 2020 - 23:44 WIB
    Ibnu Syihab al-Zuhri menuturkan bahwa semua orang yang terlibat dalam pembunuhan Imam Husain radhiallahu anhu (cucu Rasulullah SAW) mendapat siksa di dunia.
  • Kisah Sufi Ibrahim bin Adham: Perjalanan ke Makkah, Bertemu Daud dan Khidir
    Hikmah
    Sabtu, 16 Oktober 2021 - 06:34 WIB
    Ibrahim bin Adham berangkat ke Makkah. Di padang gurun dia bertemu dengan salah satu tokoh besar dalam keimanan, yang mengajarinya Nama-nama Yang Maha Besar dan kemudian berangkat.