Topik Terkait: Sunan Ampel

  • Sunan Kalijaga (4): Dari Pakaian Takwa  Sampai Suluk Linglung
    Hikmah
    Rabu, 16 Desember 2020 - 13:30 WIB
    Kidung Sunan Kalijaga dikenal sebagai Mantra Wedha, doa penyembuhan. Berguna untuk penyembuhan dan perlindungan diri. Kidung diucapkan dengan keyakinan tinggi sehingga memiliki kekuatan ghaib.
  • Ulama NU Ini Ingatkan Para Dai Belajar Cara Dakwah Islam dari Sunan Ampel
    Dunia Islam
    Kamis, 06 Mei 2021 - 10:39 WIB
    Meskipun Islam datang dari tanah Arab, namun para Walisongo tidak mentah-mentah mengajarkan Islam di nusantara sebagaimana Islam di Arab.
  • Musik sebagai Alat Dakwah Syaikh Maulana Makdum Ibrahim (1)
    Hikmah
    Minggu, 03 Januari 2021 - 11:51 WIB
    Tembang-tembang yang diajarkan Raden Makdum Ibrahim adalah tembang yang berisikan ajaran agama Islam. Tanpa terasa penduduk sudah mempelajari agama Islam dengan senang hati, bukan dengan paksaan.
  • Takluknya Brandal Lokajaya kepada Sunan Bonang
    Hikmah
    Senin, 14 Desember 2020 - 15:18 WIB
    Setelah diusir ayahnya, Raden Said mengembara tanpa tujuan pasti. Pada akhirnya dia menetap di hutan Jatiwangi. Selama bertahun-tahun dia menjadi perampok budiman.
  • Sunan Kudus: Sang Eksekutor Syekh Siti Jenar dan Kebo Kenanga
    Hikmah
    Minggu, 25 April 2021 - 19:49 WIB
    Sebagai Senopati para wali beliau pernah ditugaskan untuk mengeksekusi Syekh Siti Jenar, seorang Wali yang meremehkan syariat sehingga dianggap sesat.
  • cover top ayah
    وَقُلْ لِّـلۡمُؤۡمِنٰتِ يَغۡضُضۡنَ مِنۡ اَبۡصَارِهِنَّ وَيَحۡفَظۡنَ فُرُوۡجَهُنَّ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا مَا ظَهَرَ مِنۡهَا‌ وَلۡيَـضۡرِبۡنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلٰى جُيُوۡبِهِنَّ‌ۖ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا لِبُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اٰبَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اٰبَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اَخَوٰتِهِنَّ اَوۡ نِسَآٮِٕهِنَّ اَوۡ مَا مَلَـكَتۡ اَيۡمَانُهُنَّ اَوِ التّٰبِعِيۡنَ غَيۡرِ اُولِى الۡاِرۡبَةِ مِنَ الرِّجَالِ اَوِ الطِّفۡلِ الَّذِيۡنَ لَمۡ يَظۡهَرُوۡا عَلٰى عَوۡرٰتِ النِّسَآءِ‌ۖ وَلَا يَضۡرِبۡنَ بِاَرۡجُلِهِنَّ لِيُـعۡلَمَ مَا يُخۡفِيۡنَ مِنۡ زِيۡنَتِهِنَّ‌ ؕ وَتُوۡبُوۡۤا اِلَى اللّٰهِ جَمِيۡعًا اَيُّهَ الۡمُؤۡمِنُوۡنَ لَعَلَّكُمۡ تُفۡلِحُوۡنَ
    Dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang (biasa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau para perempuan (sesama Islam) mereka, atau hamba sahaya yang mereka miliki, atau para pelayan laki-laki (tua) yang tidak mempunyai keinginan (terhadap perempuan) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat perempuan. Dan janganlah mereka menghentakkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertobatlah kamu semua kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman, agar kamu beruntung.

    (QS. An-Nur Ayat 31)
    cover bottom ayah
  • Raden Paku: Sunan Giri Berjuluk Sultan Abdul Fakih Pemimpin Kaum Putihan
    Hikmah
    Kamis, 14 Januari 2021 - 11:07 WIB
    Sunan Giri sangat berhati-hati, beliau khawatir terjerumus pada jurang kemusyrikan. Itu sebabnya beliau sangat berpegang teguh kepada Al-Quran dan Hadits Nabi yang sahih.
  • Ngaji Gus Baha Terbaru: Sunan Kalijaga Pelopor Jawanisasi Islam
    Tausyiah
    Jum'at, 03 September 2021 - 17:37 WIB
    Gus Baha menjelaskan strategi dakwah Sunan Kalijaga yang terkadang tak seirama dengan para wali lainnya. Sunan Kalijaga lebih mengedepankan jawanisasi Islam untuk berdakwah pada masyarakat awam.
  • Masjid Tiban Ngawen, Masjid Terkecil Peninggalan Sunan Kalijaga dengan Pondasi Pantek Kayu Tanpa Paku
    Dunia Islam
    Selasa, 12 Maret 2024 - 10:39 WIB
    Masjid Tiban Ngawen di Jurangjero, Gunungkidul merupakan masjid terkecil peninggalan Sunan Kalijaga yang dibangun dengan pondasi pantek kayu dan tanpa paku.
  • Sunan Kalijaga (5): Mubaligh yang Seniman dan Budayawan
    Hikmah
    Kamis, 17 Desember 2020 - 09:38 WIB
    Jasa Sunan Kalijaga sangat sukar dihitung karena banyaknya. Beliau dikenal sebagai mubaligh, pakar seni, budayawan, ahli filsafat, dalang, pencipta wayang kuli sebagainya.
  • Masjid Ampel dibanjiri jamaah
    Hikmah
    Minggu, 04 Agustus 2013 - 09:55 WIB
    Masjid Agung Ampel Surabaya. Semakin malam pengunjung bukannya berkurang tapi malah semakin ramai. Jelang Lebaran, banyak orang mengunjungi masjid tersohor itu. Menurut penuturan warga sekitar, keramaian ini karena banyak jamaah yang datang untuk berdoa (itikaf) di masjid ketika malam hari.
  • Kisah Cucu Raja Blambangan Setelah Dibuang ke Laut karena Dianggap Bawa Sial
    Hikmah
    Jum'at, 08 Januari 2021 - 18:05 WIB
    Peti itu berasal dari Blambangan. Hal itu diketahui Sunan Ampel dari ciri-ciri ukiran dan tanda khusus pada peti itu. Yakinlah Sunan Ampel bahwa Joko Samodra adalah putra Syaikh Maulana Ishaq.
  • Lagu Tombo Ati: Nasihat Sunan Bonang dari Referensi Banyak Kitab
    Hikmah
    Jum'at, 23 Februari 2024 - 10:09 WIB
    Lagu Tombo Ati atau Obat Hati seringkali diputar menjelang atau ketika Ramadan. Konon, lagu ini sebagai ajaran Sunan Bonang atau Raden Maulana Makhdum Ibrahim di Tuban, Jawa Timur (1465-1525 M).
  • Raden Paku, Sehari Menikah Dua Kali, Salah Satu Istrinya Putri Sunan Ampel
    Hikmah
    Rabu, 13 Januari 2021 - 09:58 WIB
    Dalam sehari Raden Paku menikah dua kali. Menjadi menantu Sunan Ampel, kemudian menjadi menantu Ki Ageng Bungkul seorang Bangsawan Majapahit. Itulah liku-liku perjalanan hidup Raden Paku.
  • Kisah Sunan Muria Adu Sakti untuk Mendapatkan Si Cantik Dewi Roroyono
    Hikmah
    Senin, 26 April 2021 - 14:21 WIB
    Pathak Warak mengendap-endap ke kamar Dewi Roroyono. Gadis itu disirapnya sehingga tak sadarkan diri. Kemudian melalui genteng Pathak Warak melorot turun dan membawa lari gadis itu melalui jendela.
  • Kisah Sunan Ampel (1): Dari Champa Menuju Majapahit Ajarkan Falsafah Molimo
    Hikmah
    Sabtu, 12 Desember 2020 - 06:42 WIB
    Hasil didikan beliau yang terkenal adalah falsafah Molimo atau tidak mau melakukan lima hal tercela yaitu: judi, minum arak, mencuri, madat dan madon atau zina.
  • Kisah Pesantren Jadi Kerajaan, Sunan Giri Jadi Raja Bergelar Prabu Satmata
    Hikmah
    Selasa, 19 Januari 2021 - 05:00 WIB
    Pengaruh Sunan Giri yang semakin besar dan kekuatan spiritualnya semakin luas, menjadikan pesantren Giri kemudian berubah menjadi Kerajaan Giri yang sering disebut Giri Kedaton.
  • Masjid Sunan Kalijaga tetap pertahankan keaslian
    Hikmah
    Jum'at, 12 Juli 2013 - 14:14 WIB
    Masjid ini dibangun ketika Sunan kalijaga tengah istirahat dalam perjalanannya ke Demak. Saat itu Adipati Terung diminta untuk mendirikan masjid di tempat ini. Perintah ini pun disanggupi, dan perjalanan ke Demak dilanjutkan.
  • Perjuangan Sunan Giri dalam Berdakwah, Merangkul Bukan Memukul
    Dunia Islam
    Rabu, 05 Mei 2021 - 04:01 WIB
    Umat Islam Indonesia sebaiknya belajar dari keteladanan Sunan Giri, salah satu dari Walisongo, yang berdakwah dengan cara merangkul dan bukan memukul.
  • Sejarah Sunan Gunung Jati dan Jakarta, Beda  Fatahillah dan Syarif Hidayatullah
    Hikmah
    Rabu, 18 Agustus 2021 - 17:19 WIB
    Sejarah Sunan Gunung Jati dan Jakarta tak bisa dipisahkan. Hanya saja, seringkali terjadi kerancuan antara nama Fatahillah dengan Syarif Hidayatullah yang bergelar Sunan Gunung Jati.
  • Sunan Giri, Sunan Kalijaga, Wayang Kulit, dan Peresmian Masjid Demak
    Hikmah
    Jum'at, 15 Januari 2021 - 13:26 WIB
    Dalam peresmian Masjid Demak, Sunan Kalijaga mengusulkan agar dibuka dengan pertunjukan wayang kulit. Usul ini ditolak oleh Sunan Giri, karena wayang yang bergambar manusia.