Kumpulan Artikel: Habaib (halaman 2)

  • 5 Keturunan Nabi Muhammad yang Punya Pesantren Besar di Indonesia
    Dunia Islam
    Minggu, 28 Agustus 2022 - 15:30 WIB
    Berikut ini lima keturunan Nabi Muhammad yang punya pesantren besar di Indonesia. Satu di antaranya pendiri pondok pesantren tertua di Indonesia.
  • 5 Marga Keturunan Nabi Muhammad di Indonesia, Nomor 1 Paling Banyak
    Dunia Islam
    Jum'at, 22 Juli 2022 - 05:10 WIB
    Marga keturunan Nabi Muhammad di Indonesia dan asal-usulnya perlu diketahui umat muslim. Ada sekitar 68 marga Habaib di Indonesia dari 100 lebih marga di dunia.
  • Mengenal Gus Thuba, Sosok yang Tangannya Dicium Habib Qodir Al-Haddar
    Dunia Islam
    Rabu, 25 Mei 2022 - 18:18 WIB
    Video pertemuan Gus Thuba Topo Broto Maneges dengan Habib Abdul Qadir Al-Haddar Banyuwangi dalam acara Semaan Al Quran menuai banyak komentar dari netizen.
  • Negara Paling Banyak Dihuni Keturunan Nabi Muhammad
    Dunia Islam
    Rabu, 12 Januari 2022 - 16:03 WIB
    Keturunan Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam disebut dengan Dzurriyatun Nabi. Negara manakah yang paling banyak dihuni keturunan Nabi Muhammad?
  • Walisongo Keturunan Nabi Muhammad SAW, Berikut Nasab Lengkapnya
    Hikmah
    Senin, 08 November 2021 - 18:22 WIB
    Walisongo keturunan Nabi Muhammad SAW banyak disampaikan sejumlah kalangan. Sejarawan Muhammad Iskandar, misalnya, menyebut Walisongo adalah keturunan Nabi.
  • cover top ayah
    وَوَهَبۡنَا لَهٗۤ اِسۡحٰقَ وَيَعۡقُوۡبَ‌ؕ كُلًّا هَدَيۡنَا ‌ۚ وَنُوۡحًا هَدَيۡنَا مِنۡ قَبۡلُ‌ وَمِنۡ ذُرِّيَّتِهٖ دَاوٗدَ وَسُلَيۡمٰنَ وَاَيُّوۡبَ وَيُوۡسُفَ وَمُوۡسٰى وَ هٰرُوۡنَ‌ؕ وَكَذٰلِكَ نَجۡزِى الۡمُحۡسِنِيۡنَۙ (٨٤) وَزَكَرِيَّا وَيَحۡيٰى وَعِيۡسٰى وَاِلۡيَاسَ‌ؕ كُلٌّ مِّنَ الصّٰلِحِيۡنَۙ (٨٥) وَاِسۡمٰعِيۡلَ وَالۡيَسَعَ وَيُوۡنُسَ وَلُوۡطًا‌ ؕ وَكُلًّا فَضَّلۡنَا عَلَى الۡعٰلَمِيۡنَۙ (٨٦) وَمِنۡ اٰبَآٮِٕهِمۡ وَذُرِّيّٰتِهِمۡ وَاِخۡوَانِهِمۡ‌ۚ وَاجۡتَبَيۡنٰهُمۡ وَهَدَيۡنٰهُمۡ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسۡتَقِيۡمٍ (٨٧) ذٰ لِكَ هُدَى اللّٰهِ يَهۡدِىۡ بِهٖ مَنۡ يَّشَآءُ مِنۡ عِبَادِهٖ‌ؕ وَلَوۡ اَشۡرَكُوۡا لَحَبِطَ عَنۡهُمۡ مَّا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ (٨٨)
    Dan Kami telah menganugerahkan Ishak dan Yakub kepadanya. Kepada masing-masing telah Kami beri petunjuk; dan sebelum itu Kami telah memberi petunjuk kepada Nuh, dan kepada sebagian dari keturunannya (Ibrahim) yaitu Dawud, Sulaiman, Ayyub, Yusuf, Musa, dan Harun. Dan demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik, dan Zakaria, Yahya, Isa, dan Ilyas. Semuanya termasuk orang-orang yang shalih, dan Ismail, Ilyasa‘, Yunus, dan Luth. Masing-masing Kami lebihkan (derajatnya) di atas umat lain (pada masanya), (dan Kami lebihkan pula derajat) sebagian dari nenek moyang mereka, keturunan mereka dan saudara-saudara mereka. Kami telah memilih mereka (menjadi nabi dan rasul) dan mereka Kami beri petunjuk ke jalan yang lurus. Itulah petunjuk Allah, dengan itu Dia memberi petunjuk kepada siapa saja di antara hamba-hamba-Nya yang Dia kehendaki. Sekiranya mereka mempersekutukan Allah, pasti lenyaplah amalan yang telah mereka kerjakan.

    (QS. Al-An'am Ayat 84-88)
    cover bottom ayah
  • Balasan Menghormati dan Memuliakan Keturunan Rasulullah SAW
    Tausyiah
    Minggu, 06 Juni 2021 - 21:05 WIB
    Salah satu akhlak ahlussunnah adalah menghormati dan memuliakan keturunan (dzurriyah) Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam. Berikut balasan memuliakan para keturunan Nabi.
  • Kisah Berkesan Bersama Habib Thahir Al-Kaff Dipertemukan Wali Mastur (3)
    Hikmah
    Minggu, 06 Desember 2020 - 07:05 WIB
    Berikut lanjutan kisah Ustaz Miftah el-Banjary ketika bertemu ulama Kharismatik Tegal Al-Habib Thahir bin Abdullah Alkaff di Kairo Mesir 2013 silam.
  • Kisah Berkesan Bersama Habib Thahir Al-Kaff Dipertemukan Wali Mastur (2)
    Hikmah
    Sabtu, 05 Desember 2020 - 19:19 WIB
    Bakda Maghrib, saya sudah bersiap. Saya turun lift. Ternyata di lobi hotel, Habib Thahir telah menunggu dan siap berangkat. Simak kisah lanjutan Ustaz Miftah el-Banjary dengan Habib Thahir.
  • Kisah Berkesan Bersama Habib Thahir Al-Kaff Dipertemukan Wali Mastur (1)
    Hikmah
    Jum'at, 04 Desember 2020 - 21:33 WIB
    Tadi malam saya mendapat kabar wafatnya Addaillallah ulama yang lurus dan tegas dalam berdakwah menyampaikan wasiat Rasulullah, Al-Habib Thahir bin Abdullah Al-Kaff Tegal, Jawa Tengah.
  • Keutamaan Ahlul Bait Rasulullah, Siapa Saja Mereka? (2)
    Hikmah
    Sabtu, 21 November 2020 - 15:38 WIB
    Manakah yang lebih mulia, antara Habaib (keturunan Rasulullah) yang bodoh dan orang yang berilmu yang mengamalkan ilmunya? Berikut ulasannya.
  • Hadhramaut, Negeri Wali Pencetak Ulama dan Dai Nusantara
    Hikmah
    Selasa, 05 Mei 2020 - 23:42 WIB
    Hadhramaut, sebuah lembah di negeri Yaman dikenal sebagai surganya ilmu dan buminya para Waliyullah. Dari sinilah lahir para ulama dan embrio penebar dakwah Islam di Nusantara.