Topik Terkait: Hukum Puasa Bagi Ibu Hamil

  • Hukum Puasa Ramadhan Bagi Ibu Hamil
    Muslimah
    Kamis, 24 Maret 2022 - 08:08 WIB
    Menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan adalah kewajiban seluruh umat Islam yang sudah baligh dan mampu melaksanakannya, tak terkecuali kepada wanita hamil.
  • Hukum Puasa bagi Ibu Hamil dan Menyusui Menurut 4 Mazhab
    Tips
    Minggu, 02 April 2023 - 12:30 WIB
    Seseorang yang hamil dan menyusui boleh meninggalkan puasa jika ia khawatir akan kesehatan diri dan bayinya. Sama saja apakah bayi yang disusui adalah anak kandungnya atau anak susuan saja.
  • Manfaat Puasa Saat Hamil : Sehat dan Bergelimang Pahala
    Muslimah
    Minggu, 13 Desember 2020 - 10:53 WIB
    Salah satu manfaat terbesar puasa adalah agar setiap orang Islam mendapat predikat muttaqin, yakni orang yang bertakwa. Karena dengan ketakwaanlah seseorang akan mendapat ridha Allah dan pahala surganya Allah Taala.
  • Hukum Tidak Mengganti Puasa Ramadan Bagi Wanita
    Muslimah
    Sabtu, 17 Februari 2024 - 05:15 WIB
    Hukum tidak mengganti puasa Ramadan bagi wanita adalah haram, bila sengaja meninggalkan atau lalai dan tidak dibarengi dengan adanya udzur syari.
  • Hukum Qadha Puasa bagi Orang yang Sudah Meninggal Dunia
    Tausyiah
    Minggu, 30 Mei 2021 - 08:06 WIB
    Uang wajib dibayar. Lalu, bagaimana hukumnya jika sebelum mengqadha puasa Ramadhan seseorang meninggal dunia? Siapa yang harus mengqadha? Berikut penjelasannya.
  • Puasa Ramadhan Bagi Ibu Hamil
    Tausyiah
    Sabtu, 24 April 2021 - 11:40 WIB
    Banyak yang bertanya mengenai bagaimana berpuasa bagi ibu hamil ketika Ramadhan? Kali ini akan dibahas tentang hal tersebut.
  • Hukum Puasa Wanita Hamil dan Menyusui
    Muslimah
    Senin, 12 April 2021 - 06:53 WIB
    Kewajiban puasa Ramadhan dibebankan kepada seluruh umat Islam, tak terkecuali kepada wanita hamil. Seperti apa puasanya dan bagaimana hukumnya bagi wanita hamil ini?
  • Hukum Membayar Kafarat Bagi yang Membatalkan Puasa
    Tausyiah
    Jum'at, 08 April 2022 - 16:14 WIB
    Kalau seandainya ada orang yang tidak berpuasa ataupun melanggar sesuatu yang berkaitan dengan hukum-hukum puasa, maka dia membayar kafarat (penebus). Bagaimana kafarat itu diberlakukan?
  • Ini Ketentuan Puasa Bagi yang Bersafar
    Tips
    Sabtu, 01 Mei 2021 - 13:47 WIB
    Melakukan perjalanan pulang ke kampung halaman, membutuhkan waktu yang cukup lama. Nah, bagaimana dengan kewajiban puasanya Ramadhan bagi mereka yang bersafar ini?
  • Hukum Puasa bagi Musafir Menurut Jumhur Ulama
    Tips
    Sabtu, 01 April 2023 - 14:56 WIB
    Musafir mendapat keringanan untuk tidak berpuasa di bulan Ramadan. Hal ini sebagaimana firman Allah dalam surat Al Baqarah ayat 185. Lalu apa syarat musafir yang dapat keringanan itu?
  • Hukum Puasa Setelah Malam Nisfu Syaban
    Tips
    Senin, 06 Maret 2023 - 15:56 WIB
    Terdapat beda pendapat mengenai hukum puasa setelah malam nisfu Syaban, atau pada tanggal 16 Syaban dan seterusnya. Ulama mazhab Syafii mengharamkan.
  • Mereka yang Mendapat Rukhsah Tidak Puasa di Bulan Ramadhan
    Tausyiah
    Selasa, 29 Maret 2022 - 15:52 WIB
    Setidaknya ada tiga golongan yang mendapatkan rukhsah atau pengecualian untuk tidak melakukan ibadah puasa Ramadhan. Salah satunya adalah orang yang sedang sakit.
  • Inilah Konsekuensi Jika Menunda Qadha Puasa hingga Ramadan Berikutnya
    Tausyiah
    Rabu, 01 Mei 2024 - 11:21 WIB
    Bagi umat Islam yang sudah baligh, ada kewajiban seseorang yang tidak berpuasa di bulan Ramadan berdasarkan sebabnya yakni harus menggantinya di waktu lain. Lantas bagaimana yang tidak mengqadhanya?
  • Melihat Bagaimana Syariat Islam Menganjurkan Pola Makan Ibu Hamil
    Muslimah
    Sabtu, 12 November 2022 - 13:20 WIB
    Seorang ibu yang sedang mengandung akan mengalami kondisi berat. Selain harus menjaga kondisinya demi keselamatan janin, si ibu juga harus menjaga asupan makanannya. Bagaimana syariat meihat kondisi ini?
  • Hukum Puasa Orang yang Sakit Menurut Jumhur Ulama
    Tips
    Minggu, 02 April 2023 - 17:37 WIB
    Sakit yang membolehkan berbuka adalah sakit yang menyebabkan si penderita tidak mampu lagi untuk melaksanakan puasa atau bila ia berpuasa justru memperparah kondisinya.
  • Hukum Makan Sahur bagi Mereka yang akan Berpuasa Ramadan
    Tausyiah
    Selasa, 12 Maret 2024 - 05:15 WIB
    Menurut Dr Nashir, sahur hukumnya adalah mustahab (disunnahkan) bagi orang yang berpuasa karena Nabi SAW: Bersahurlah kalian karena dalam bersahur tersebut terdapat keberkahan..
  • Ibu Hamil Masih Punya Utang Puasa, Wajib Qadha atau Bayar Fidyah?
    Muslimah
    Kamis, 16 Maret 2023 - 10:00 WIB
    Ibu hamil merupakan salah satu kelompok yang diperbolehkan tidak menjalankan ibadah puasa termasuk di Bulan Ramadan nanti. Tapi kalo masih ada utang puasa, bagaimana cara menggantinya?
  • Hukum Mendengarkan Musik Saat Puasa Ramadhan
    Tips
    Senin, 11 April 2022 - 22:17 WIB
    Hukum mendengarkan musik saat puasa Ramadhan terjadi perbedaan pendapat di kalangan ulama. Ada yang mengharamkan dan ada yang membolehkan.
  • 4 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan
    Tausyiah
    Selasa, 19 April 2022 - 00:24 WIB
    Ibadah puasa juga memiliki manfaat yang dapat dirasakan secara langsung. Salah satu manfaat yang mungkin banyak orang mengetahuinya adalah kesehatan.
  • Doa agar Cepat Kontraksi bagi Ibu Hamil
    Muslimah
    Kamis, 23 Desember 2021 - 10:56 WIB
    Doa agar cepat kontraksi bisa diamalkan para ibu hamil yang tengah menunggu kelahiran bayinya, namun tak kunjung mengalami kontraksi. Doa ini dianjurkan dan diajarkan Rasulullah SAW.