Topik Terkait: Raden Said Sunan Kalijaga

  • Raden Said, Mengguncang Istana dengan Bacaan Al-Quran
    Hikmah
    Selasa, 15 Desember 2020 - 10:36 WIB
    Raden Said diperintah untuk terjun ke dalam kancah masyarakat Jawa yang banyak mempunyai aliran kepercayaan dan masih berpegang pada agama lama yaitu Hindu dan Budha.
  • Sunan Kalijaga (5): Mubaligh yang Seniman dan Budayawan
    Hikmah
    Kamis, 17 Desember 2020 - 09:38 WIB
    Jasa Sunan Kalijaga sangat sukar dihitung karena banyaknya. Beliau dikenal sebagai mubaligh, pakar seni, budayawan, ahli filsafat, dalang, pencipta wayang kuli sebagainya.
  • Biografi Sunan Kalijaga, Sejarah Hingga Cara Berdakwah
    Dunia Islam
    Senin, 30 Januari 2023 - 21:21 WIB
    Sunan Kalijaga merupakan salah satu tokoh Wali Songo yang berasal dari Tuban dan menyebarkan agama Islam di wilayah pulau Jawa. Berikut biografi singkat dan perjalanan dakwahnya.
  • Raden Paku, Sehari Menikah Dua Kali, Salah Satu Istrinya Putri Sunan Ampel
    Hikmah
    Rabu, 13 Januari 2021 - 09:58 WIB
    Dalam sehari Raden Paku menikah dua kali. Menjadi menantu Sunan Ampel, kemudian menjadi menantu Ki Ageng Bungkul seorang Bangsawan Majapahit. Itulah liku-liku perjalanan hidup Raden Paku.
  • Masjid Tiban Ngawen, Masjid Terkecil Peninggalan Sunan Kalijaga dengan Pondasi Pantek Kayu Tanpa Paku
    Dunia Islam
    Selasa, 12 Maret 2024 - 10:39 WIB
    Masjid Tiban Ngawen di Jurangjero, Gunungkidul merupakan masjid terkecil peninggalan Sunan Kalijaga yang dibangun dengan pondasi pantek kayu dan tanpa paku.
  • cover top ayah
    هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ ۚ عٰلِمُ الۡغَيۡبِ وَالشَّهَادَةِ‌ ۚ هُوَ الرَّحۡمٰنُ الرَّحِيۡمُ‏ (٢٢) هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ۚ اَلۡمَلِكُ الۡقُدُّوۡسُ السَّلٰمُ الۡمُؤۡمِنُ الۡمُهَيۡمِنُ الۡعَزِيۡزُ الۡجَـبَّارُ الۡمُتَكَبِّرُ‌ؕ سُبۡحٰنَ اللّٰهِ عَمَّا يُشۡرِكُوۡنَ (٢٣) هُوَ اللّٰهُ الۡخَـالِـقُ الۡبَارِئُ الۡمُصَوِّرُ‌ لَـهُ الۡاَسۡمَآءُ الۡحُسۡنٰى‌ؕ يُسَبِّحُ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضِ‌ۚ وَهُوَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (٢٤)
    Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mengetahui yang gaib dan yang nyata, Dialah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Maharaja, Yang Mahasuci, Yang Mahasejahtera, Yang Menjaga Keamanan, Pemelihara Keselamatan, Yang Mahaperkasa, Yang Mahakuasa, Yang Memiliki Segala Keagungan, Mahasuci Allah dari apa yang mereka persekutukan. Dialah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Dia memiliki nama-nama yang indah. Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada-Nya. Dan Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Hasyr Ayat 22-24)
    cover bottom ayah
  • Takluknya Brandal Lokajaya kepada Sunan Bonang
    Hikmah
    Senin, 14 Desember 2020 - 15:18 WIB
    Setelah diusir ayahnya, Raden Said mengembara tanpa tujuan pasti. Pada akhirnya dia menetap di hutan Jatiwangi. Selama bertahun-tahun dia menjadi perampok budiman.
  • Kisah Sunan Ampel (2): Sesepuh Wali Songo yang Sangat Toleran
    Hikmah
    Minggu, 13 Desember 2020 - 05:00 WIB
    Pilihan kepada Sunan Ampel sebagai sesepuh Wali Sanga wajar adanya. Soalnya, anggota wali sanga sendiri diisi anak, menantu dan murid Sunan Ampel.
  • Kisah Pesantren Jadi Kerajaan, Sunan Giri Jadi Raja Bergelar Prabu Satmata
    Hikmah
    Selasa, 19 Januari 2021 - 05:00 WIB
    Pengaruh Sunan Giri yang semakin besar dan kekuatan spiritualnya semakin luas, menjadikan pesantren Giri kemudian berubah menjadi Kerajaan Giri yang sering disebut Giri Kedaton.
  • Kisah Sunan Muria Adu Sakti untuk Mendapatkan Si Cantik Dewi Roroyono
    Hikmah
    Senin, 26 April 2021 - 14:21 WIB
    Pathak Warak mengendap-endap ke kamar Dewi Roroyono. Gadis itu disirapnya sehingga tak sadarkan diri. Kemudian melalui genteng Pathak Warak melorot turun dan membawa lari gadis itu melalui jendela.
  • Sunan Giri Pendakwah Pertama di Bumi Kalimantan
    Tausyiah
    Senin, 14 September 2020 - 16:43 WIB
    Ada satu fakta sejarah yang jarang diungkap apalagi diketahui jamak oleh orang awam bahwa pengaruh masuknya Islam di bumi Banjar tak terlepas dari pengaruh dakwah walisongo, khususnya Sunan Giri.
  • Perjuangan Sunan Giri dalam Berdakwah, Merangkul Bukan Memukul
    Dunia Islam
    Rabu, 05 Mei 2021 - 04:01 WIB
    Umat Islam Indonesia sebaiknya belajar dari keteladanan Sunan Giri, salah satu dari Walisongo, yang berdakwah dengan cara merangkul dan bukan memukul.
  • Kisah Redanya Amarah Raden Paku kepada Prabu Menak Sembuyu
    Hikmah
    Senin, 11 Januari 2021 - 06:26 WIB
    Karena nasehat ayahnya yang bijaksana itu Raden Paku mengurungkan niatnya untuk membalas dendam pada Prabu Menak Sembuyu. Toh raja Blambangan itu masih terhitung kakeknya sendiri.
  • Kisah Sunan Kudus Hentikan Wabah Virus di Arab, Minta Upah Batu
    Hikmah
    Jum'at, 23 April 2021 - 16:46 WIB
    Hadiah yang dijanjikannya bermaksud diberikannya kepada Jakfar Sodiq, tapi Jakfar Sodiq menolaknya. Dia hanya minta sebuah batu yang berasal dari Baitul Maqdis. Sang Amir mengizinkannya.
  • Said bin Amir: Gajinya sebagai Gubernur Dibagikan untuk Rakyat Miskin
    Hikmah
    Rabu, 08 September 2021 - 17:45 WIB
    Said bin Amir menjadi gubernur di wilayah Syria. Hidupnya bersahaja bahkan cenderung miskin. Gajinya sebagai pejabat tinggi sebagian besar dibagi-bagikan kepada rakyatnya yang miskin.
  • Kisah Sunan Ampel (1): Dari Champa Menuju Majapahit Ajarkan Falsafah Molimo
    Hikmah
    Sabtu, 12 Desember 2020 - 06:42 WIB
    Hasil didikan beliau yang terkenal adalah falsafah Molimo atau tidak mau melakukan lima hal tercela yaitu: judi, minum arak, mencuri, madat dan madon atau zina.
  • Apakah Gus Baha Keturunan Sunan Kudus?
    Dunia Islam
    Senin, 02 Oktober 2023 - 14:47 WIB
    Apakah Gus Baha keturunan Sunan Kudus? Setidaknya begitulah pengakuan KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau Gus Baha. Dia menyebut Sunan Kudus adalah kakek buyutnya
  • Ulama NU Ini Ingatkan Para Dai Belajar Cara Dakwah Islam dari Sunan Ampel
    Dunia Islam
    Kamis, 06 Mei 2021 - 10:39 WIB
    Meskipun Islam datang dari tanah Arab, namun para Walisongo tidak mentah-mentah mengajarkan Islam di nusantara sebagaimana Islam di Arab.
  • Sunan Kudus: Sang Eksekutor Syekh Siti Jenar dan Kebo Kenanga
    Hikmah
    Minggu, 25 April 2021 - 19:49 WIB
    Sebagai Senopati para wali beliau pernah ditugaskan untuk mengeksekusi Syekh Siti Jenar, seorang Wali yang meremehkan syariat sehingga dianggap sesat.
  • Silsilah Nasab Sunan Gunung Jati yang Tersambung kepada Rasulullah SAW
    Dunia Islam
    Selasa, 06 Juni 2023 - 18:07 WIB
    Sunan Gunung Jati atau Syarif Hidayatullah adalah satu dari Wali Songo yang menyebarkan Islam di Tanah Jawa. Berikut silsilah nasab beliau yang tersambung kepada Rasulullah SAW.
  • Apakah Walisongo Keturunan Nabi Muhammad SAW? Berikut Nasab Lengkapnya
    Hikmah
    Selasa, 23 Agustus 2022 - 14:29 WIB
    Apakah Walisongo keturunan Nabi Muhammad SAW? Habib Luthfi bin Yahya menyebut para Walisongo adalah keturunan habaib dari marga Adzmatkhan. Garis keturunan para wali dari Fathimah ra