Topik Terkait: Sifat Para Nabi

  • 3 Sifat Keteladanan Nabi Sulaiman Patut Ditiru, Nomor 2 Sedikit yang Mengamalkan
    Hikmah
    Rabu, 13 September 2023 - 22:45 WIB
    Nabi Sulaiman seorang Rasul yang dikaruniai Allah dengan banyak nikmat, termasuk kerajaan yang tidak dimiliki siapa pun di muka bumi. Berikut 3 sifat keteladanan Nabi Sulaiman.
  • Belajar Menepati Janji Dari Para Nabi
    Muslimah
    Jum'at, 12 Februari 2021 - 07:08 WIB
    Berjanji atau janji, sebuah kata yang sangat ringan diucapkan namun berat untuk ditunaikan.Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam telah banyak memberikan teladan dalam hal menepati janji ini.
  • Doa Para Nabi Ketika Dilanda Rasa Cemas yang Luar Biasa
    Tips
    Kamis, 02 Desember 2021 - 15:17 WIB
    Ada doa yang bisa kita amalkan ketika hati merasa cemas, terutama jika perasaan cemas itu sudah berlebihan yang berujung pada rasa ketakutan. Karena itu, jika cemas melanda amalkan beberapa doa yang bersumber dari Al-Quran ini sebagai dzikir.
  • Kisah Tobat Para Rasul, Ini Doa Nabi Nuh Ketika Melakukan Kesalahan
    Hikmah
    Sabtu, 03 Desember 2022 - 15:54 WIB
    Salah satu Rasul bergelar Ulul Azmi, Nabi Nuh alaihissalam pernah ditegur Allah karena melakukan kesalahan. Beliau pun bertobat dan memohon ampun kepada Allah.
  • Inilah Doa Para Nabi dan Salafus Saleh yang Diamalkan di Waktu Sahur
    Hikmah
    Senin, 18 Maret 2024 - 03:05 WIB
    Waktu sahur adalah saat dimana Allah Azza wa Jalla menurunkan rahmat dan mengabulkan doa, bahkan Allah memuji mereka yang berdoa di waktu sahur dalam beberapa ayat Al Quran
  • Sifat Qanaah: Arti, Ciri dan Contohnya
    Tausyiah
    Sabtu, 23 September 2023 - 07:00 WIB
    Sifat qanaah adalah karakteristik yang mengacu pada sikap manusia untuk menerima dan puas dengan apa yang dimilikinya, tanpa merasa terus-menerus ingin memiliki lebih atau mencari kekayaan yang berlebihan.
  • Waspadai Sifat yang Paling Dibanggakan Iblis Ini
    Muslimah
    Rabu, 01 September 2021 - 14:29 WIB
    Salah satu sifat iblis yang dibanggakan dan banyak hinggap pada manusia adalah sifat sombong. Karena itu, umat Islam harus menjauhi sifat ini, dan harus bersikap tawadhu.
  • 12 Nabi yang Diutus untuk Kaum Bani Israil
    Dunia Islam
    Jum'at, 23 Desember 2022 - 13:21 WIB
    Ada 12 nabi yang diutus untuk kaum Bani Israil. Mereka diutus Allah Subhanahu wa taala dengan tujuan berdakwah dan menyeru manusia kembali ke jalan yang lurus.
  • 5 Mukjizat Nabi Sulaiman yang Dijelaskan dalam Al Quran
    Hikmah
    Sabtu, 30 September 2023 - 10:30 WIB
    Mukjizat Nabi Sulaiman alaihissalam sampai saat ini masih dipandang sebagai salah satu keajaiban luar biasa yang diberikan Allah SWT untuk utusannya.
  • Pendidikan Anak adalah Prioritas Utama Para Nabi
    Muslimah
    Senin, 26 September 2022 - 09:45 WIB
    Pendidikan anak adalah prioritas utama para nabi Allah. Selain sebagai penerus dalam berdakwah dan bermuamalah, anak juga bisa menjadi penyebab kebaikan orang tua ketika orangnya sudah meninggal.
  • Doa agar Selalu Bersikap Tawadhu dan Dijauhkan dari Sifat Sombong
    Tips
    Jum'at, 18 Februari 2022 - 09:04 WIB
    Doa agar selalu bersikap tawadhu dan dijauhkan dari sifat sombong sangat dianjurkan bagi setiap muslim. Karena sikap tawadhu merupakan sikap terpuji, dan salah satu sifat ibaadur Rahman.
  • Pengertian Tahawwur, Sifat Tercela yang Harus Dihindari
    Tausyiah
    Jum'at, 17 Maret 2023 - 23:11 WIB
    Pengertian Tahawwur, sifat tercela yang harus dihindari kaum muslim karena dampaknya yang merusak. Tahawwur termasuk penyakit hati yang sering tidak disadari manusia.
  • 3 Doa Nabi Yusuf saat Mengatasi Problem Kehidupan
    Tips
    Minggu, 12 November 2023 - 14:13 WIB
    Ada beberapa doa yang dipanjatkan Nabi Yusuf untuk mengatasi berbagai peristiwa dalam hidupnya. Berdoa dan memohon kepada Allah SWT dalam setiap problem yang dihadapinya.
  • Kisah Nabi Ishaq dan Nabi Yaqub yang Menakjubkan
    Hikmah
    Jum'at, 17 Januari 2020 - 21:50 WIB
    Syeikh Ahmad Al-Mishri (ulama asal Mesir yang menetap di Jakarta) mengulas kisah dua Nabi yang merupakan anak keturunan Nabi Ibrahim alaihis salam (AS).
  • Bacaan Doa Nabi Yunus Lengkap dengan Arab, Latin dan Manfaatnya
    Tips
    Sabtu, 02 Maret 2024 - 12:57 WIB
    Doa Nabi Yunus ini perlu diketahui oleh setiap muslim supaya dapat mendapat keutamaan atau manfaatnya. Doa ini dianjurkan untuk dibaca ketika seseorang tengah menghadapi ujian.
  • Selain Merupakan Sifat Para Nabi, Inilah Manfaat Dahsyat Bersyukur
    Muslimah
    Selasa, 22 Desember 2020 - 21:07 WIB
    Dengan bersyukur manusia akan terus merasa bahagia dan puas dengan kehidupannya dalam jangka panjang. Kepuasan akan terus meningkat ketika kita terus bersyukur atas segala hal yang ada di dalam hidup kita.
  • Pemaaf, Sifat Mulia yang Sangat Disukai Allah SWT
    Muslimah
    Senin, 24 April 2023 - 12:16 WIB
    Salah satu sifat mulia adalah pemaaf, bahkan ditegaskan di antara akhlak mulia kekasih Allah adalah, kala mereka bermuamalah dengan sesama manusia, mereka ridha dengan apa yang mereka terima.
  • Hati-hati Sifat Setan Ini, Seringkali Kita Tiru
    Muslimah
    Jum'at, 20 Agustus 2021 - 19:08 WIB
    Setan selalu kegirangan bila manusia terhasut oleh bisikannya dan menjadi pengikutnya. Tentu sebagai muslim, kita harus selalu memohon perlindungan Allah Taala dari godaan setan tersebut.
  • Kisah Nabi Ismail dan Mukjizatnya yang Membuat Takjub
    Hikmah
    Selasa, 05 September 2023 - 21:59 WIB
    Mukjizat Nabi Ismail dan kisahnya menarik untuk diketahui umat muslim. Selain menambah pengetahuan, juga dapat menambah keimanan kita kepada para Nabi dan Rasul.
  • Kenikmatan Sifat Qanaah yang Perlu Diketahui Seorang Muslimah
    Muslimah
    Jum'at, 02 September 2022 - 14:47 WIB
    Qanaah adalah ridho dengan ketetapan Allah Taala dan berserah diri pada keputusan-Nya yaitu segala yang dari Allah itulah yang terbaik. Sebagai muslimah, tentu dianjurkan memiliki sifat qanaah ini.