Kumpulan Artikel: Fiqih Zakat

  • Tata Cara, Waktu, dan Niat Zakat Fitrah Lengkap Bahasa Arab, Latin, serta Arti
    Tips
    Minggu, 07 April 2024 - 08:21 WIB
    Tata cara, waktu, dan niat zakat fitrah penting diketahui umat Muslim. Terlebih, saat ini sudah memasuki malam-malam terakhir bulan Ramadan dan menjelang Idulfitri.
  • 4 Rukun Zakat Fitrah yang Harus Dipenuhi
    Hikmah
    Sabtu, 06 April 2024 - 03:10 WIB
    Rukun Zakat Fitrah ini perlu dipahami oleh setiap muslim karena merupakan hal yang membuat sah tidaknya zakat tersebut. Zakat Fitrah jadi salah satu ibadah wajib yang ditunaikan ketika Bulan Ramadan, tepatnya sebelum hari Raya Idul Fitri.
  • Doa untuk Orang yang Membayar Zakat
    Tips
    Selasa, 02 April 2024 - 16:54 WIB
    Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka, dan berdoalah untuk mereka. Sesungguhnya doamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka.
  • Mengenal Ragam Zakat yang Harus Ditunaikan Umat Muslim
    Tausyiah
    Senin, 01 April 2024 - 08:14 WIB
    Bagi seorang muslim, membayar zakat adalah suatu kewajiban dan menjadi bagian dari rukun Islam. Siapa saja yang harus bayar zakat ini dan ada berapa macam zakatnya?
  • Mereka yang Wajib Mengeluarkan Zakat Fitri
    Tips
    Selasa, 18 April 2023 - 17:46 WIB
    Ukuran kemampuan, menurut jumhur ulama ialah, seseorang memiliki kelebihan makanan pokok bagi dirinya dan orang-orang yang menjadi tanggungannya, nafkah untuk satu malam Id dan siangnya.
  • Zakat Merupakan Saudara Kandung Salat, Begini Penjelasan Al-Qardhawi
    Tausyiah
    Kamis, 13 April 2023 - 16:50 WIB
    Zakat merupakan syiar kedua dalam Islam dan merupakan kekuatan pendanaan sosial dari kekuatan-kekuatan besar lainnya. Zakat merupakan saudara kandung salat di dalam Al Quran dan As-Sunnah.
  • Hukum Zakat kepada Keluarga yang Wajib Dinafkahi
    Tips
    Kamis, 13 April 2023 - 13:00 WIB
    Bagaimana hukum zakat kepada keluarga sendiri? Di antaranya pada saat keluarga yang diberi adalah anak atau orangtua yang wajib dinafkahi oleh orang si pemberi zakat.
  • Berikut Ayat-ayat Al-Quran yang Membahas Tentang Zakat
    Hikmah
    Selasa, 24 Januari 2023 - 14:55 WIB
    Zakat merupakan salah satu rukun Islam yang wajib ditunaikan oleh umat Islam bagi yang mampu dan memiliki kelebihan harta. Berikut ayat dan dalil tentang zakat.
  • Zakat Ketentuan Setahun Berdasar Hadis dari Ali bin Abi Thalib
    Tips
    Kamis, 19 Januari 2023 - 18:42 WIB
    Berikut ini zakat dengan ketentuan nisab setelah setahun yang menjadi perdebatan kalangan ulama. Ini adalah hadis dari 4 sahabat ini jyakni Ali, Ibnu Umar, Anas dan Aisyah ra.
  • 3 Pandangan Fiqih tentang Zakat Penghasilan dan Profesi
    Tips
    Rabu, 18 Januari 2023 - 16:52 WIB
    Syaikh Yusuf al-Qardhawi mengatakan ada 3 pandangan fiqih tentang zakat penghasilan dan profesi. Setidaknya begitu jika kita mengacu pada pendapat para ulama. Apa saja?
  • Zakat Tak Ada Kaitannya dengan Pemerataan, Begini Penjelasan Kiai Masdar Masudi
    Tausyiah
    Senin, 19 Desember 2022 - 05:15 WIB
    Kiai Masdar mengatakan bicara soal zakat dikaitkan dengan pemerataan ada kesan memaksakan diri, mangada-ada! Anehnya orang tak kunjung kapok menjadikannya sebagai tema
  • Cara Menghitung Zakat Pertanian dan Contoh Perhitungannya
    Tips
    Rabu, 22 Juni 2022 - 10:05 WIB
    Pertanian termasuk salah satu katagori hasil usaha yang wajib ditunaikan zakat-nya. Bagaimana cara menghitung zakat pertanian ini dan apa dalil yang menguatkannya?
  • Zakat Emas, Cara dan Contoh Perhitungannya
    Tips
    Selasa, 21 Juni 2022 - 15:36 WIB
    Zakat merupakan ibadah maaliyah (berkaitan dengan harta) Allah wajibkan kepada umat Islam. Di dalamnya adalah termasuk zakat emas. Bagaimanakah ketentuan untuk menunaikan zakat emas ini.
  • Sejarah Dinar dan Dirham, Jadi Tolok Ukur dalam Menentukan Nisab Zakat
    Dunia Islam
    Senin, 13 Juni 2022 - 18:39 WIB
    Sejarah dinar dan dirham amatlah panjang dan bukan dimulai dari Islam. Meski begitu, dunia Islam menganggap dinar dan dirham sebagai mata uang yang diajarkan oleh Rasulullah SAW.
  • Harta yang Wajib Dikeluarkan Zakat
    Tausyiah
    Rabu, 11 Mei 2022 - 23:39 WIB
    Zakat merupakan rukun Islam yang keempat. Artinya, zakat merupakan salah satu hal yang penting dalam Islam. Berikut kriteria harta yang wajib dizakati.
  • Kenapa Mesti Mengeluarkan Zakat Fitrah? Berikut 5 Hikmahnya
    Hikmah
    Minggu, 01 Mei 2022 - 17:54 WIB
    Adapun makna fitrah itu sendiri adalah khilqoh yaitu pembawaan alami sejak lahir, yang mesti dijaga kesuciannya sebagaimana firman Allah berikut.
  • Hukum Zakat Fitrah Bagi Bayi dan Janin dalam Kandungan
    Tips
    Jum'at, 29 April 2022 - 22:27 WIB
    Membayar zakat fitrah hukumnya wajib bagi semua umat Islam. Lalu bagaimana hukum zakat fitrah bagi bayi yang baru lahir atau janin yang masih dalam kandungan?
  • Hukum Bayar Zakat Fitrah Online Beserta Niat dan Tata Caranya
    Tips
    Selasa, 26 April 2022 - 17:15 WIB
    Ketika membayar zakat baik zakat fitrah maupun zakat mal, biasanya kita perlu melakukan doa sebagai tanda terima dari zakat yang telah kita berikan. Lantas bagaimana dengan hukum zakat online?
  • Hukum Zakat Fitrah Sekeluarga Diberikan kepada Satu Orang Mustahiq
    Tausyiah
    Jum'at, 22 April 2022 - 14:52 WIB
    Sebagian orang menyerahkannya kepada petugas pengumpulan zakat setempat, ada juga yang mengeluarkannya sendiri. Pertanyaannya kemudian, bolehkah zakat fitrah sekeluarga diberikan kepada satu orang?
  • Dulu Miskin Sekarang Kaya, Haruskah Mengqadha Zakat
    Tausyiah
    Jum'at, 22 April 2022 - 14:18 WIB
    Lantas, apakah terdapat kewajiban lain bagi orang yang tidak mampu membayar zakat fitrah? Wajibkah dia mengqadha untuk membayar zakat tatkala ia mampu?