Kumpulan Artikel: Idries Shah (halaman 7)

  • Mudir Ali Sabri: Laki-laki dan Guru
    Hikmah
    Jum'at, 15 Januari 2021 - 16:18 WIB
    Semuanya beranggapan bahwa di dunia ini tidak satu pun yang dapat membaca, meminta sekantong besar uang kepada tukang tersebut sebagai penukar penegasan kebenaran otorisasinya.
  • Haidar Sirdan: Imitasi dan Kejujuran
    Hikmah
    Kamis, 14 Januari 2021 - 08:54 WIB
    Lihatlah pada ratusan tiram dan ini memberitahumu bagaimana mengenali tiram lagi bila melihat salah satunya. Engkau tidak dapat mengatakan dengan cara yang sama, dimana tiram tersebut berisi mutiara.
  • Qalandar Puri: Betapa Anehnya Manusia
    Hikmah
    Rabu, 13 Januari 2021 - 09:01 WIB
    Coba bayangkan sejenak bahwa engkau adalah makhluk selain manusia. Tidak dirasakan oleh manusia, engkau memasuki salah satu tempat tinggalnya. Asumsikan engkau tidak memiliki pengalaman kemanusiaan.
  • Abdal Ali Haidar: Keledai yang Berkandang di Perpustakaan, Tak Akan Jadi Terpelajar
    Hikmah
    Selasa, 12 Januari 2021 - 06:47 WIB
    Manusia tidak harus berhubungan dengan orang baik: ia harus berhubungan dengan bentuk yang memungkinkan mengubah fungsinya dan membuatnya baik.
  • Kaum Sufi Itu Seperti Khidr, Orang Berbaju Hijau yang Berkelana di Muka Bumi
    Hikmah
    Minggu, 10 Januari 2021 - 15:13 WIB
    Ketika engkau pertama kali bertemu dengannya, ia mungkin tampak sangat berbeda dengan dirimu. Padahal tidak. Ia mungkin terlihat sangat sama seperti dirimu. Padahal tidak.
  • Jalan Kaum Sufi Menurut Al-Insan al-Kamil
    Hikmah
    Sabtu, 09 Januari 2021 - 15:24 WIB
    Sufisme adalah ajaran sebaik persaudaraan kaum Sufi, orang-orang mistis yang berbagi keyakinan bahwa pengalaman batiniah bukanlah bagian dari kehidupan, tetapi kehidupan itu sendiri.
  • Nawab Jan-Fishari Khan: Mana yang Kau Cari, Penampilan atau Realitas?
    Hikmah
    Jum'at, 08 Januari 2021 - 13:30 WIB
    Ahmad ar-Rifai yang didatangkan, untuk dirinya dan penerusnya, nama pembual, dan orang yang berperilaku yang bukan-bukan. Secara rahasia ia dipersatukan dengan kita.
  • Hasyim Sidqi pada Ar-Rumi: Memasuki, Tinggal, dan Meninggalkan Dunia
    Hikmah
    Rabu, 06 Januari 2021 - 15:07 WIB
    Manusia, engkau memasuki dunia dengan rasa enggan, menangis, sebagai seorang bayi yang terlantar Manusia, engkau tinggalkan hidup ini, dicabut lagi, menangis lagi, dengan penyesalan.
  • Syaikh Syamsuddin Siwasi: Berkah Keserakahan yang Samar
    Hikmah
    Selasa, 05 Januari 2021 - 16:44 WIB
    Engkau yang berbicara tentang Berkah, mungkin musuh dari Berkah itu sendiri. Laki-laki maupun perempuan seharusnya menjadi musuh dari apa yang ingin ia cintai yang melekat dalam diri manusia.
  • Hakim Tahirjan dari Kafkaz: Kebenaran Itu Sendiri
    Hikmah
    Senin, 04 Januari 2021 - 15:07 WIB
    Ketika Sufi berkata, Ini sendiri merupakan kebenaran, ia mengatakan, Karena saat ini dan orang ini dan tujuan ini, kita harus memusatkan perhatian kita seolah kebenaran itu sendiri.
  • Mirza Abdul Hadi Khan: Kalau Aku Mati
    Hikmah
    Minggu, 03 Januari 2021 - 13:08 WIB
    Seorang guru Sufi menggunakan kekuatannya untuk mengajar, mengobati, membuat manusia bahagia dan sebagainya, sesuai pertimbangan paling baik dalam menggunakan kekuatan.
  • Perkumpulan Kebijakan: Jatuh di Antara Orang-Orang Munafik?
    Hikmah
    Kamis, 24 Desember 2020 - 06:03 WIB
    Untuk meraih dan menerapkan tingkatan (ukuran) yang kukatakan, seseorang harus menemui Perkumpulan Kebijakan. Tempatnya di sini, dan tidak di mana-mana, bahwa tingkatan tersebut sudah diperoleh.
  • Perenungan Diri: Menjadi Apa yang Seseorang Dapat Menjadi
    Hikmah
    Rabu, 23 Desember 2020 - 14:28 WIB
    Sufisme adalah ilmu mendiamkan apa yang harus didiamkan, dan memperhatikan (waspada) apa yang harus diperhatikan (diwaspadai), tidak berpikir bahwa engkau dapat diam.
  • Cerita Ajaran: Domba dan Dompet
    Hikmah
    Selasa, 22 Desember 2020 - 08:53 WIB
    Laki-laki itu berpikir: Ketika satu pintu tertutup, seratus pintu mungkin terbuka. Kesempatan ini sepuluh kali lebih berharga daripada dombaku yang telah hilang.
  • Cerita Ajaran: Raja dan Serigala
    Hikmah
    Selasa, 15 Desember 2020 - 13:47 WIB
    Saat mereka mendekat, serigala jinak piaraan sang raja tersebut melompat, memperlihatkan taring-taringnya, serta berlari menyambut kawanan serigala liar
  • Cerita Ajaran:  Perusakan Sebuah Kota dan Kuda Ajaib
    Hikmah
    Selasa, 08 Desember 2020 - 06:44 WIB
    Kalau tidak mendengar pangeran pemalas, kita tidak akan mengerti di luar penampilan fisik kuda kayu tersebut, baik dia mendapatkan seorang putri dari Negeri Cahaya atau tidak.
  • Cerita Ajaran Pengetahuan tentang Sufisme: Orang Dermawan
    Hikmah
    Senin, 07 Desember 2020 - 07:12 WIB
    Cerita ini dimaksudkan untuk meletakkan dasar dari pengetahuan tentang sufisme dan metode-metode penalaran yang khas, jarang sekali digunakan untuk tujuan-tujuan didaktis.
  • Kisah Seorang Yahudi dan Jubah Tambalan Milik Nabi
    Hikmah
    Jum'at, 04 Desember 2020 - 13:48 WIB
    Orang Yahudi tersebut mengenakan jubah untuknya sendiri dan memeluk Islam. Meminta diantar ke makam Rasulullah saw. Sesampainya di makam, dia telah menghembuskan nafas terakhir.
  • Manusia Sempurna, Perjalanan, dengan dan Tanpa Kendaraan
    Hikmah
    Rabu, 02 Desember 2020 - 06:17 WIB
    Amatilah bahwa hal-hal yang dianggap benar saat ini, adalah dianggap tidak mungkin kemarin. Sesuatu yang dianggap salah hari ini, adalah sesuatu yang akan dipandang benar esoknya. (Hudzaifah)
  • Bayazid Al-Bisthami, Uwais al-Qarni, Berhala, dan Uang
    Hikmah
    Selasa, 01 Desember 2020 - 14:42 WIB
    Bayazid berseru: Aduh! Aku tidak layak hidup dengan suatu makhluk yang dianggap oleh seluruh dunia sebagai makhluk yang rendah bagaimana aku dapat mendekati Kebenaran...