Topik Terkait: Jenis Iman

  • Iman Manusia Naik Turun, Ini Doa yang Diajarkan Rasulullah
    Tips
    Rabu, 13 Oktober 2021 - 17:57 WIB
    Bila Anda tiba-tiba merasa lemah iman itu adalah hal yang wajar, tetapi jangan dibiarkan berlarut. Berikut doa yang diajarakan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam.
  • Hati-hati, Jenis-Jenis Perbuatan Dzalim yang Tak Sadar Sering Dilakukan
    Muslimah
    Rabu, 24 Februari 2021 - 09:00 WIB
    Manusia adalah makhluk yang lemah dan tak luput dari dosa, terkadang mereka lupa hingga akhirnya berbuat sesuatu yang tidak seharusnya. Dan ternyata ada jenis kedzaliman yang tanpa sadar sering dilakukan oleh manusia ini.
  • Iman kepada Malaikat Mencegah Tindak Korupsi, Begini Penjelasannya
    Tausyiah
    Senin, 13 November 2023 - 05:52 WIB
    Beriman kepada Allah SWT akan memberikan bekas dan pengaruh dalam perilaku seorang muslim.. Sedangkan pengaruh dari beriman kepada para malaikat melahirkan sifat istikamah.
  • Hadis Arbain: Kesucian itu Separuh dari Iman
    Tips
    Jum'at, 17 November 2023 - 10:46 WIB
    Berikut ini adalah hadis Arbain ke-23 dari 42 daftar hadis Arbain karangan Imam Nawawi . Meski bernama Arban (berarti 40), kitab ini tak memuat hadis dengan jumlah persis 40, melainkan 42 hadis.
  • Syarat Sempurnanya Iman dengan Mencintai Sesama Saudara Muslim
    Muslimah
    Rabu, 13 Januari 2021 - 11:16 WIB
    Sesama kaum muslimin harus saling mencintai, bukan saling menjatuhkan, bukan saling merongrong, tetapi menyeru kepada Allah Subhanahu wa Taala, menyeru kepada iman dan Islam yang haq
  • Iman kepada Kitab-Kitab Allah Taala dan Rasul-Nya Mencegah Perilaku Korupsi, Begini Penjelasannya
    Tausyiah
    Selasa, 21 November 2023 - 07:01 WIB
    Kitab-kitab yang telah Allah SWT turunkan baik Taurat, Zabur, Injil dan Al-Quran adalah berfungsi sebagai cahaya dan petunjuk kehidupan. Beriman kepada kitab Allah mencegah tindak korupsi.
  • Mengapa Perlu Melakukan Muhasabah Iman? Ini penjelasannya
    Tausyiah
    Kamis, 30 Juni 2022 - 12:46 WIB
    Iman adalah aset terpenting bagi seorang muslim. Sebab dengan iman, seseorang akan mendapatkan kehidupan yang baik di dunia dan akhirat serta keselamatan dari segala keburukan dan azab Allah.
  • Inilah Cara Mendeteksi Naik Turunnya Iman
    Muslimah
    Rabu, 26 Mei 2021 - 13:19 WIB
    Seiring bergulirnya waktu dengan berbagai subhat dan syahwat yang menerpa, seringkali kadar keimanan mengalami pasang surut. Nah, bagaimana cara mendeteksi iman kita ini, apakah sedang naik atau malah turun?
  • Amanah, Tanda-tanda Iman Seorang Mukmin
    Muslimah
    Rabu, 14 Oktober 2020 - 08:00 WIB
    Sebagai muslim, kita diajarkan untuk menjaga amanah yang kita terima dari orang lain. Bahkan, Islam mewajibkan kita untuk memelihara amanah, yaitu dengan bersikap jujur dan bisa dipercaya.
  • Pesan Ustaz Budi Ashari: Pentingnya Belajar Iman Sebelum Al-Quran!
    Tausyiah
    Kamis, 20 Oktober 2022 - 05:10 WIB
    Mengapa belajar iman lebih penting sebelum belajar Al-Quran? Tema ini sangat menarik untuk dibahas, apalagi zaman sekarang anak-anak selalu didorong untuk menghafal Quran.
  • Mengenal Jenis Najis dan Tata Cara Bersucinya
    Tips
    Rabu, 26 Januari 2022 - 20:48 WIB
    Mengetahui tentang najis dan jenis-jenis sangat penting bagi seorang muslim karena berkaitan erat dengan ibadah. Jangan sampai karena ketidaktahuan, menganggap sepele hal yang sebenarnya adalah najis.
  • 3 Penyebab Lemahnya Iman di Akhir Zaman, Nomor 2 Sering Diremehkan
    Tausyiah
    Rabu, 26 Juli 2023 - 17:33 WIB
    Di antara fenomena akhir zaman yang akan menimpa umat Islam adalah melemahnya keimanan. Setidaknya ada tiga penyebab lemahnya iman ini. Simak ulasan berikut.
  • Penguatan Iman untuk Meningkatkan Imun
    Muslimah
    Rabu, 19 Mei 2021 - 10:28 WIB
    Iman seorang muslim senantiasa membutuhkan pembaharuan terus menerus dari waktu ke waktu. Karena iman sangat berpengaruh pada kehidupannya yang terus berlangsung.
  • Rukun Iman dan Rukun Islam Sarana Menuju Kehidupan Akhirat Lebih Baik
    Tausyiah
    Selasa, 19 Mei 2020 - 16:25 WIB
    Rukun iman danIslam adalah sarana menciptakan kehidupan dunia yang lebih bermakna, sebagai pendahuluan dalam menuju kehidupan akhirat yang lebih baik dan lebih kekal.
  • Haekal: Kewajiban Zakat Bertalian dengan Iman
    Tausyiah
    Rabu, 19 April 2023 - 04:00 WIB
    Islam mengajarkan yang kuat mengasihi yang lemah, yang kaya mengulurkan tangan kepada yang tidak punya. Hal ini ditunjukkan dengan ajaran zakat dan sedekah
  • 5 Tingkatan Iman dalam Islam, Nomor Terakhir Paling Istimewa di Sisi Allah
    Tausyiah
    Kamis, 05 Oktober 2023 - 17:11 WIB
    Seorang muslim yang mukallaf (orang yang telah baligh dikenai beban syariat) wajib mempelajari dan mengamalkan hukum-hukum Islam. Berikut lima tingkatan iman dalam Islam.
  • Inilah Wujud Beriman kepada Kitab-kitab Allah Taala
    Hikmah
    Rabu, 24 Mei 2023 - 17:03 WIB
    Salah satu dari rukun iman dalam Islam adalah iman kepada kitab Allah. Bagaimana sebenarnya perwujudan dari iman kepada kitab Allah subhanahu wa taala ini?
  • Prinsip Ahlus Sunnah wal Jama’ah tentang Iman kepada para Malaikat
    Tausyiah
    Sabtu, 24 Februari 2024 - 15:30 WIB
    Syaikh Shalih bin Fauzan Al-Fauzan menjelaskan iman kepada malaikat, yakni membenarkan adanya para malaikat, dan bahwasanya mereka itu adalah makhluk dari sekian banyak makhluk Allah.
  • Syaikh Muhammad al-Ghazali: Iman itu Ada 60 Macam Lebih atau 70 Cabang Lebih
    Tausyiah
    Selasa, 05 Juli 2022 - 17:03 WIB
    Sesungguhnya bagian-bagian iman itu bertingkat-tingkat sesuai dengan kepentingan dan nilainya. Dan setiap bagian mempunyai tempat yang tersendiri dan tidak dapat diganggu oleh yang lainnya.
  • Yuk, Amalkan 4 Kiat Ini Agar Iman Terus Bertambah
    Tips
    Senin, 06 Juni 2022 - 16:31 WIB
    Sudah fitrahnya, keimanan atau iman manusia itu selalu pasang surut, bisa naik bisa juga turun atau menyusut. Lantas bagaimana caranya agar iman ini bisa bertambah dan semakin kokoh di hati?