Kumpulan Artikel: Wudhu (halaman 4)

  • Kunci Bilal Masuk Surga: Selalu Menjaga Wudhu dan Sholat Sunnah 2 Rakaat
    Tausyiah
    Selasa, 09 November 2021 - 07:28 WIB
    Banyak kisah tentang seseorang yang konsisten menjaga wudhu. Bilal, sahabat Rasulullah SAW, salah satunya. Rasulullah SAW bahkan mendengar suara sandal sang muazin tersebut di surga.
  • Batalkah Wudhu Jika Makan dan Minum?
    Tips
    Selasa, 05 Oktober 2021 - 15:33 WIB
    Batalkah wudhu jika makan? Begitu juga minum, dapatkah membatalkan wudhu kita? Para ulama berbeda pendapat dalam masalah ini. Begitu pentingnya berwudhu hingga akan batal atau sia-sia shalat seseorang jika wudhunya tidak sempurna.
  • Batalkah Wudhu Jika Tersentuh Suami? Begini Pandangan 4 Mazhab
    Muslimah
    Senin, 04 Oktober 2021 - 17:23 WIB
    Batalkah wudhu jika tersentuh suami? Bagaimana dalilnya? Lalu, siapa saja yang bisa membatalkan wudhu bagi seorang perempuan yang sudah bersuami?
  • Cara Wudhu yang Benar Berdasarkan Al-Quran dan Sunnah
    Tips
    Sabtu, 18 September 2021 - 21:11 WIB
    Cara wudhu yang benar menurut Al-Quran dan Sunnah perlu diketahui setiap muslim. Wudhu yang sempurna akan membuat kita beribadah lebih khusyu. Berikut tata caranya.
  • Wudhu di Kereta, Haruskah Diganti dengan Tayamum?
    Tips
    Selasa, 14 September 2021 - 13:36 WIB
    Wudhu di kereta prinsinya sama dengan tata cara wudhu di di tempat biasa, di rumah ataupun di masjid. Hanya saja, sebagian kita memilih melakukan tayamum dengan dalih dalam perjalanan dan terbatasnya persediaan air.
  • Memakai Make up Waterproof, Apakah Membatalkan Wudhu?
    Muslimah
    Kamis, 09 September 2021 - 16:00 WIB
    Wajah sudah di make up memakai waterproof, lantas berwudhu, sah kah wudhunya? Sebagian ulama melarangnya. apa dalil pelarangan makeup yang masuk katagori antiair ini?
  • Amalan-amalan Sunah Dalam Berwudhu
    Tips
    Kamis, 08 Juli 2021 - 10:00 WIB
    Amalan sunah dalam wudhu adalah amalan yang apabila seseorang melakukannya maka ia akan mendapatkan pahala lebih dari sekadar melakukan fardhu-fardhu wudhu saja.
  • Bolehkah Perempuan Haid Berwudhu Sebelum Tidur?
    Muslimah
    Kamis, 01 Juli 2021 - 19:27 WIB
    Sebelum tidur, kita dianjurkan untuk berwudhu.Namun, apakah anjuran ini juga berlaku untuk perempuan yang tengah berhadast besar seperti menstruasi atau haid? Bagaimana hukumnya?
  • Wudhu dan Berdoa Setelahnya, Akan Membukakan 8 Pintu Surga
    Tips
    Rabu, 23 Juni 2021 - 06:36 WIB
    Wudhu dan berdoa setelah wudhu, merupakan amalan yang sangat ringan dikerjakan, namun memiliki keutamaan yang sangat besar. Ternyata berdoa setelah berwudhu ini juga akan membukakan 8 pintu surga.
  • Terhindar dari Azab Kubur karena Menjaga Amalan Ini
    Hikmah
    Jum'at, 07 Mei 2021 - 14:54 WIB
    Ulama faqih yang tinggal di Kufah Irak bernama Sulaiman bin Mihran Al-Amasy (wafat 764) dikenal sebagai orang yang selalu menjaga kesucian dirinya.
  • Bolehkah Berwudhu dengan Air Laut?
    Tausyiah
    Minggu, 21 Februari 2021 - 11:25 WIB
    Air laut sangat berbahaya untuk diminum oleh manusia. Pertanyaannya, apakah air laut suci dan bolehkah berwudhu dengan air laut? Berikut penjelasannya.
  • Apakah Air Banjir Masuk Kategori Najis?
    Tausyiah
    Sabtu, 20 Februari 2021 - 15:59 WIB
    Bencana alama banjir saat ini melanda berbagai daerah di Indonesia. Bagaimana hukum air banjir menurut pandangan syariat, apakah masuk kategori najis atau boleh digunakan berwudhu?
  • Wudhu Rasulullah Menurut Mazhab Syafii
    Tausyiah
    Selasa, 16 Februari 2021 - 17:14 WIB
    Untuk mengetahui sah tidaknya wudhu seseorang cukup melihat bagaimana ia memenuhi rukun-rukunnya. Berikut cara berwudhu Rasulullah menurut Mazhab Syafii.
  • Keutamaan Sholat Sunnah Wudhu dan Cara Mengerjakannya
    Tausyiah
    Senin, 15 Februari 2021 - 21:58 WIB
    Salah satu sholat sunnah yang memiliki keutamaan besar adalah sholat sunnah wudhu. Berikut keutamaannya dan cara mengerjakannya.
  • Menjaga Wudhu Demi Husnul Khotimah
    Muslimah
    Kamis, 11 Februari 2021 - 18:04 WIB
    Mengerjakan wudhu, selain untuk salat juga disarankan di sela-sela aktivitas kehidupan lainnya. Ketika hendak berpergian, tidur dan sebagainya. Apabila kita sebagai muslim dapat menjaga kesucian maka insyaAllah akandilindungi oleh Allah Taala.
  • Sudahkan Kita Melakukan Wudhu dengan Benar?
    Muslimah
    Minggu, 24 Januari 2021 - 09:00 WIB
    Syariat wudhu ini semestinya menjadi motivasi bagi umat Islam untuk senantiasa memerhatikan setiap detil pelaksanaannya. Agar wudhu yang dilakukan betul-betul sempurna dan mendapat ganjaran pahala dan keutamaannya..
  • Wudhu Membasuh Kepala, Semuanya atau Sebagian? Berikut Pendapat Imam Mazhab
    Muslimah
    Jum'at, 08 Januari 2021 - 18:41 WIB
    Disebutkan di Al Mausuah dan buku Fiqhus Sunnah bahwa dalam mengusap kepala ini, para ulama sepakat itu adalah rukun atau kewajiban dalam wudhu. Namun yang dipertanyakan mengusap kepala ini seluruhnya atau hanya sebagian?
  • Doa Setelah Wudhu dan Keutamaannya
    Tausyiah
    Jum'at, 08 Januari 2021 - 15:37 WIB
    Berwudhu merupakan amalan penghapus dosa. Agar wudhu lebih baik lagi, hendaknya memperhatikan tata cara berwudhu dan mendawamkan doa setelah berwudhu.
  • Inilah Waktu-waktu yang Disunnahkan untuk Berwudhu
    Muslimah
    Minggu, 20 Desember 2020 - 06:03 WIB
    Berwudhu selalu diidentikkan ketika kita hendak melaksanakan ibadah seperti salat. Ternyata, ada pula waktu-waktu tertentu yang disunnahkan untuk berwudhu. Kapan dan pada saat apa saja kita disunnahkan berwudhu ini?
  • Kaidah Berwudhu Muslimah Berhijab di Tempat Umum
    Muslimah
    Minggu, 15 November 2020 - 09:35 WIB
    Yang sering menjadi bahan diskusi terkait dengan tema wudhu ini, adalah tentang kaidah berwudhu bagi perempuan muslimah berhijab yang berwudhu di tempat umum. Pasalnya, seringkali bagi mereka, kesulitan mendapatkan tempat wudhu yang aman.