Topik Terkait: Mengenal Harta Haram

  • Perlunya Mengenal Harta Haram, Apa Saja?
    Muslimah
    Senin, 08 Februari 2021 - 09:04 WIB
    Akibat harta haram yang kita makan, bisa jadi yang membuat amal ibadah kita tertolak, doa tidak diijabah, dan usahanya tidak diberkahi. Untuk itulah, seorang muslim wajib mengenal apa itu harta haram.
  • Menyikapi Harta Haram dalam Islam, Bolehkah Disedekahkan?
    Hikmah
    Minggu, 29 Oktober 2023 - 18:07 WIB
    Bagaimana menyikapi harta haram dalam Islam. Apakah boleh disedekahkan untuk orang lain? Berikut penjelasan Ustaz Farid Numan Hasan.
  • Banyak Keutamaan Bersedekah, Namun Hati-hati Jika Melakukannya dengan Harta Haram
    Muslimah
    Minggu, 17 Januari 2021 - 05:00 WIB
    Salah satu ibadah yang diperintahkan Allah Taala dan sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam, adalah sedekah. Ada banyak pahala dan keutamaan dari sedekah tersebut.
  • Begini Bahaya Mengonsumsi Barang Haram, Rugi Dunia Akhirat
    Tausyiah
    Kamis, 20 Oktober 2022 - 18:07 WIB
    Bahaya mengonsumsi makanan haram dan dampak dari pekerjaan yang tidak halal sangat mempengaruhi doa, kesehatan, dan amalan kebaikan. Di akhirat kelak tidak akan bisa masuk surga.
  • 5 Bahaya Akibat Memakan Makanan yang Haram
    Tausyiah
    Kamis, 19 Mei 2022 - 21:18 WIB
    Umat muslim wajib memperhatikan makanannya dan bagaimana cara mendapatkannya. Setidaknya ada lima bahaya akibat memakan makanan haram.
  • cover top ayah
    يٰۤـاَيُّهَا النَّاسُ اِنۡ كُنۡـتُمۡ فِىۡ رَيۡبٍ مِّنَ الۡبَـعۡثِ فَاِنَّـا خَلَقۡنٰكُمۡ مِّنۡ تُرَابٍ ثُمَّ مِنۡ نُّـطۡفَةٍ ثُمَّ مِنۡ عَلَقَةٍ ثُمَّ مِنۡ مُّضۡغَةٍ مُّخَلَّقَةٍ وَّغَيۡرِ مُخَلَّقَةٍ لِّـنُبَيِّنَ لَـكُمۡ‌ ؕ وَنُقِرُّ فِى الۡاَرۡحَامِ مَا نَشَآءُ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى ثُمَّ نُخۡرِجُكُمۡ طِفۡلًا ثُمَّ لِتَبۡلُغُوۡۤا اَشُدَّكُمۡ ‌ۚ وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّتَوَفّٰى وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّرَدُّ اِلٰٓى اَرۡذَلِ الۡعُمُرِ لِكَيۡلَا يَعۡلَمَ مِنۡۢ بَعۡدِ عِلۡمٍ شَيۡــًٔـا‌ ؕ وَتَرَى الۡاَرۡضَ هَامِدَةً فَاِذَاۤ اَنۡزَلۡنَا عَلَيۡهَا الۡمَآءَ اهۡتَزَّتۡ وَرَبَتۡ وَاَنۡۢبَـتَتۡ مِنۡ كُلِّ زَوۡجٍۢ بَهِيۡجٍ
    Wahai manusia! Jika kamu meragukan (hari) kebangkitan, maka sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu; dan Kami tetapkan dalam rahim menurut kehendak Kami sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampai kepada usia dewasa, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (ada pula) di antara kamu yang dikembalikan sampai usia sangat tua (pikun), sehingga dia tidak mengetahui lagi sesuatu yang telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air (hujan) di atasnya, hiduplah bumi itu dan menjadi subur dan menumbuhkan berbagai jenis pasangan tetumbuhan yang indah.

    (QS. Al-Hajj Ayat 5)
    cover bottom ayah
  • Santri Tutup Telinga, Musik Haram? Begini Pendapat Imam Al-Gazali
    Tausyiah
    Rabu, 15 September 2021 - 17:23 WIB
    Belakangan viral video yang memperlihatkan santri menutup telinga mereka saat divaksin. Banyak pihak yang mengkritik mereka dan bahkan menyebut mereka radikal. Benarkah musik haram?
  • Sikap-sikap  Manusia yang Membuat Harta Menjadi Tercela
    Muslimah
    Senin, 26 Oktober 2020 - 07:03 WIB
    Harta itu tidak tercela karena harta itu sendiri. Celaan itu tidak tertuju kepada harta namun tertuju kepada sikap manusia terhadap harta. Dan ternyata ada lima sikap manusia yang membuat harta menjadi tercela. Apa saja?
  • Berapa Rakaat Sholat Tarawih di Masjidil Haram?
    Dunia Islam
    Sabtu, 16 April 2022 - 01:02 WIB
    Berapa rakaat sholat Tarawih di Masjidil Haram? Umat muslim di Arab Saudi sangat gembira menyusul diizinkannya pelaksanaan sholat Tarawih di Masjidil Haram tahun ini.
  • Pandangan Islam Terhadap Kelelawar, Halalkah Atau Haram?
    Hikmah
    Senin, 27 Januari 2020 - 09:02 WIB
    Kelelawar tiba-tiba menjadi perbincangan hangat menyusul mewabahnya penyakit mematikan disebabkan virus Corona dari Wuhan, China. Bagaimana hukum memakan kelelawar dalam Islam?
  • 5 Cara Pandang Islam Mengenai Harta Menurut Syaikh Al-Qardhawi
    Tausyiah
    Sabtu, 10 Juni 2023 - 06:15 WIB
    Syaikh Yusuf Al-Qardhawi mengatakan kaidah pertama dalam membangun ekonomi Islam adalah menghargai nilai harta benda dan kedudukannya dalam kehidupan.
  • Semua Makanan Pada Asalnya Halal, Makanan Haram Hanya 4?
    Tausyiah
    Kamis, 18 Maret 2021 - 16:04 WIB
    Al-Imam asy-Syafii berkata: Asal hukum makanan dan minuman adalah halal kecuali apa yang diharamkan oleh Allah dalam Quran-Nya atau melalui lisan Rasulullah SAW.
  • Pengunduran Bulan Haram Menambah Kekafiran, Begini Penjelasannya
    Tausyiah
    Kamis, 28 Juli 2022 - 16:09 WIB
    Di antara bulan-bulan yang dua belas ada empat bulan yang ditetapkan sebagai bulan haram yaitu bulan Zulkaidah, Zulhijah, Muharam dan Rajab. Nah, pada bulan-bulan haram itu tidak dibolehkan berperang
  • Mengenal dan Memahami Macam-Macam Takdir
    Muslimah
    Rabu, 24 Februari 2021 - 18:04 WIB
    Salah satu dari rukun iman ini, adalah percaya dan yakin terhadap takdir yang telah Allah tetapkan, yakni qhada dan qadarnya Allah Taala. Lalu apa beda qadha dengan qadar dan bagaimana dengan takdir itu sendiri?
  • Hadis yang Jadi Dalil Musik Haram, Begini Penjelasan Syaikh Al-Qardhawi
    Tausyiah
    Minggu, 30 Juli 2023 - 08:08 WIB
    Orang-orang yang memperbolehkan menyanyi mengatakan bahwa hadis tersebut dhaif. Seandainya sahih pasti menjadi hujjah, bahwa ungkapan Nabi Itu adalah batil itu tidak menunjukkan pengharaman.
  • Hati-hati Jika Sedekah dengan Harta Haram, Ini Akibatnya!
    Hikmah
    Senin, 11 September 2023 - 10:48 WIB
    Sedekah hendaknya dilakukan dengan harta yang halal serta baik sumbernya. Pasalnya, masih banyak orang yang salah kaprah. Mereka menyisihkan sebagian harta yang didapat dengan cara haram untuk bersedekah.
  • Sejarah Harta Karun, Berikut Kisahnya Diabadikan dalam Al-Quran
    Hikmah
    Rabu, 01 Juni 2022 - 23:06 WIB
    Penemuan harta karun memang selalu menjadi fenomena dan menarik perhatian banyak orang. Berikut sejarah dan asal usulnya diceritakan dalam Al-Quran.
  • Muslim Wajib Kaya (4): Harta Terbaik Adalah yang Dimiliki Orang Saleh
    Tausyiah
    Jum'at, 02 April 2021 - 19:06 WIB
    Jika kekayaan membuat seseorang tetap istiqamah dan taat beragama, maka harta itu akan mendatangkan manfaat yang sangat banyak. Harta bisa menjadi penggerak dakwah.
  • Emas dan Sutera Asli Haram untuk Orang Laki-Laki, Begini Penjelasannya
    Tausyiah
    Senin, 18 Juli 2022 - 05:15 WIB
    Islam telah menyerukan kepada umatnya supaya berhias dan menentang keras kepada siapa yang mengharamkannya namun Islam mengharamkan bagi laki-laki emas dan sutera alam.
  • Dosa Perbuatan Haram Tidak Terbatas pada Pribadi si Pelakunya
    Tausyiah
    Sabtu, 12 September 2020 - 05:00 WIB
    Allah Subhanahu wa Taala tidak memberikan suatu kesempitan (baca haram) kepada hambanya, melainkan di situ juga dibuka suatu keleluasaan di segi lain.
  • Inilah Tanda Harta Tidak Berkah
    Tips
    Selasa, 28 Desember 2021 - 12:32 WIB
    Tanda harta tidak berkah, salah satunya adalah harta tersebut akan cepat hilang. Karena itu, yang perlu diperhatikan dalam mencari rezeki bukan soal jumlahnya semata, tetapi juga keberkahannya.