Topik Terkait: Kisah Munkar

  • Pertanyaan Malaikat Munkar dan Nakir di Alam Kubur dan Orang yang Selamat
    Hikmah
    Sabtu, 22 Oktober 2022 - 17:21 WIB
    Setiap manusia yang memasuki alam kubur akan ditanya oleh Malaikat Munkar dan Nakir tentang beberapa perkara. Berikut gambaran Munkar dan Nakir dan pertanyaannya kepada mayit.
  • Nahi Munkar, Gus Baha: Jangan Timbulkan Kerusakan Baru
    Tausyiah
    Sabtu, 10 April 2021 - 20:24 WIB
    Dalam fiqih terdapat kaidah darul mafaasid muqaddamun ala jalbil-masaalih, artinya kurang lebih adalah menghindarkan kerusakan itu lebih didahulukan daripada mengejar kemaslahatan.
  • Kisah Bilal dan Adzan Terakhir yang Menggetarkan Madinah
    Hikmah
    Minggu, 06 Oktober 2019 - 11:04 WIB
    Bilal bin Rabbah RA, sahabat Nabi berkulit hitam dari Habsyah (Ethiopia) yang memeluk Islam ketika menjadi budak. Beliau dimerdekakan Sayyidina Abu Bakar saat disiksa kafir Quraisy.
  • Ternyata Amaliah Amar Maruf Nahi Munkar Itu Wajib
    Muslimah
    Sabtu, 20 Februari 2021 - 09:25 WIB
    Amaliah amar maruf nahi munkar ini adalah salah satu yang dicanangkan Allah Taala dan sabda Rasulullah Shallalahi Alaihi sa sallam. Kedudukannya sangat penting bagi setiap orang beriman, baik laki-laki maupun muslimah.
  • Kisah-Kisah Mengharukan Jelang Wafatnya Rasulullah SAW
    Hikmah
    Minggu, 15 November 2020 - 13:13 WIB
    Menanggapi perkataan Umar itu para sahabat berselisih pendapat. Ada yang minta supaya segera disediakan alat tulis agar Rasulullah menuliskan wasiatnya yang terakhir.
  • Kisah Sang Raja dan Pemuda yang Jujur
    Hikmah
    Jum'at, 07 Agustus 2020 - 15:36 WIB
    Ada sebuah kisah motivasi yang dapat kita petik hikmahnya diceritakan oleh Ustaz Rikza Maulan (Direktur Institut for Islamic Studies dan Development Jakarta).
  • Kisah Sufi: Misteri Kandil Besi dan Harta Karun
    Hikmah
    Selasa, 07 Desember 2021 - 15:01 WIB
    Kisah berikut biasa disampaikan di sebuah madrasah Sufi, sebagai suatu latihan-pengembangan bagi para murid yang dianggap terlalu berpikir harfiah.
  • Kisah Barshisa, Ahli Ibadah yang Mati sebagai Penyembah Iblis
    Hikmah
    Senin, 06 September 2021 - 09:48 WIB
    Di saat Barshisa terlentang di tiang salib menanti saat-saat kematiannya, Iblis kembali datang ke hadapannya dan berkata, Aku dapat menolongmu , asalkan kau bersedia bersujud kepadaku.
  • Kisah Sufi Tiga Cincin Permata sebagai Bukti Pewaris
    Hikmah
    Senin, 15 November 2021 - 14:05 WIB
    Kisah ini, yang oleh beberapa orang dianggap merujuk pada tiga agama: Yahudi, Kristen, dan Islam, muncul dalam bentuk yang agak berbeda dalam karya-karya Boccacio, Gesta Romanorum dan Decamerun.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Isa dan Para Peragu
    Hikmah
    Selasa, 04 Agustus 2020 - 06:12 WIB
    Tradisi menyebutkan bahwa tokoh yang sering mengulang-ulang kisah ini adalah salah seorang dari orang-orang pertama yang menyandang gelar Sufi: Jabir bin Al-Hayyan
  • Kisah Pendeta Buhaira yang Bersaksi atas Kenabian Muhammad
    Hikmah
    Rabu, 29 Mei 2019 - 03:31 WIB
    Seorang Rabib (pendeta) bernama Buhaira bersaksi atas kenabian Muhammad shallallahu a&rsquolaihi wa sallam (SAW) yang masih berusia belasan tahun saat itu.
  • Kisah Rasulullah SAW Mengganjal Perutnya dengan Batu
    Hikmah
    Selasa, 05 November 2019 - 05:15 WIB
    Untuk menahan rasa lapar, Nabi Muhammad SAW mengganjal perutnya dengan batu. Sebuah sikap yang tidak lazim dilakukan oleh pemimpin kepala negara sekelas Rasulullah. Berikut kisahnya.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Namus Si Agas dan Gajah
    Hikmah
    Rabu, 10 Juni 2020 - 06:34 WIB
    Dalam kisah ini yang hendak ditekankan adalah kurangnya kesadaran manusia bahwa segala sesuatu dalam hidup ini memiliki arti penting yang relatif.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Putra Raja
    Hikmah
    Sabtu, 25 Juli 2020 - 06:40 WIB
    Sebuah pesan pun disampaikan secara gaib kepada Sang Pangeran. Bangun! Sebab kau ini putra seorang raja, disuruh mengambil batu permata tertentu, dan kepada kami kau harus kembali.
  • Kisah Abu Nawas Mencari Jodoh: Doanya Itu Lho Penuh Siasat
    Hikmah
    Sabtu, 11 September 2021 - 18:31 WIB
    Kisah Abu Nawas mencari jodoh cukup religius, juga menggelitik. Dibilang religius, karena ia rajin berdoa dalam rangka mendapatkan gadis pujaannya. Menggelitik, karena redaksi doa itu tak lazim.
  • Kisah Sufi: Emas Keberuntungan Saudagar Abdul Malik
    Hikmah
    Kamis, 22 Desember 2022 - 10:03 WIB
    Sang darwis pada awal tahun 1950-an menasihati: Pusatkan perhatian pada bagian awal cerita, bukan pada pesan moralnya. Itu menunjukkan padamu tentang metode.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Gerbang Surga
    Hikmah
    Sabtu, 13 Juni 2020 - 05:14 WIB
    Setelah berjaga terus selama waktu yang rasanya sudah seabad. Segera saja kelopak matanya menutup. Dan dalam saat yang sekejap itu gerbang pun terbuka.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Penyusunan Tradisi
    Hikmah
    Senin, 15 Juni 2020 - 12:50 WIB
    Dalam ajaran kejiwaannya, para sufi menganggap penyampaian pengetahuan secara biasa niscaya rentan terhadap penyimpangan dan kekeliruan oleh sebab penyuntingan
  • Kisah Abrahah yang Sombong dan Kehancuran Tentara Gajah
    Hikmah
    Kamis, 26 September 2019 - 18:49 WIB
    Ada dua peristiwa besar yang terjadi di Makkah pada masa Abdul Mutthalib (kakeknya Nabi Muhammad SAW). Pertama, penggalian sumur zam-zam oleh Abdul Mutthalib dan penyerangan Abrahah.
  • Kisah Hikmah : Ahli Ibadah dan Bayi yang Bisa Berbicara
    Hikmah
    Minggu, 19 November 2023 - 16:23 WIB
    Suatu ketika Rasulullah menceritakan kisah ahli ibadah pada masa Bani Israil dahulu kala. Kisah shahih ini diriwayatkan oleh Imam Muslim dalam kitabnya Shahih Muslim. Seorang ahli ibadah tersebut bernama Juraij.