Topik Terkait: Kisah Batil

  • Nabi Dawud Kepincut Isri Orang, Lalu Membunuh Suaminya dengan Cara Begini
    Hikmah
    Rabu, 24 Februari 2021 - 16:47 WIB
    Sebagai panglima perang Nabi Dawud memerintahkan kepada suami Areya untuk ikut perang sehingga dia terbunuh. Setelah suaminya terbunuh, maka Nabi Dawud-pun menikahi wanita tersebut.
  • Alqomah, Anak Durhaka yang Akan Dibakar Nabi Itu Hanya Kisah Bohong?
    Hikmah
    Rabu, 24 Maret 2021 - 19:26 WIB
    Kisah ini sangat masyhur dan laris, dipasarkan oleh para khatib di mimbar-mimbar, dan masyhur disampaikan di sekolah-sekolah terutama dalam buku-buku kurikulum.
  • Kisah Bathil? Ketika Mimpi Dijadikan Landasan Hukum Syar’i
    Hikmah
    Rabu, 10 Maret 2021 - 07:49 WIB
    Kisah ini adalah munkar dan bathil karena menyelisihi Al-Quran dan hadits. Kendati demikian sering dinukil sejumlah pihak untuk membolehkan meminta syafaat kepada Nabi SAW.
  • Ini Mengapa Ibnu Katsir Memasukkan Kisah-Kisah Israiliyyat dalam Tafsirnya
    Hikmah
    Senin, 23 Oktober 2023 - 15:20 WIB
    Ibnu Katsir tidak sekadar memasukkan riwayat-riwayat tersebut tanpa seleksi terlebih dahulu. Dalam tafsirnya, Ibnu Katsir melakukan penilaian kritis terhadap sebagian besar riwayat Israiliyyat yang ada.
  • Kisah Bijak: Orang-Orang Buta dan Gajah
    Hikmah
    Sabtu, 09 Mei 2020 - 17:17 WIB
    Pengetahuan bukanlah sahabat orang buta. Ciptaan tidak mengetahui tentang keilahian. Tak ada jalan dalam pengetahuan ini yang bisa ditempuh dengan kemampuan biasa.
  • Kisah Julaibib, Sahabat Nabi yang Jadi Rebutan Bidadari
    Hikmah
    Senin, 20 Mei 2019 - 08:50 WIB
    Ada satu kisah sahabat Nabi yang begitu menyentuh hati karena memilih berjihad bersama Rasulullah SAW, daripada kenikmatan dunia.
  • Kisah Unta yang Berdesakan Ingin Disembelih Nabi
    Hikmah
    Rabu, 23 Mei 2018 - 10:30 WIB
    Dikisahkan dalam Shirah ibn Hisyam ketika Rasulullah Muhammad SAW berkurban untuk menyembelih unta. Saat itu unta-unta berdesakan ingin disembelih oleh Nabi SAW.
  • Kisah-Kisah Sufi Idries Shah: Tiga Orang Darwis
    Hikmah
    Minggu, 28 Juni 2020 - 11:37 WIB
    Mereka melakukan latihan bersama, mengharap agar ketiga kekuatan yang digabung akan cukup kuat untuk mendatangkan Kebenaran, yang mereka sebut Kebenaran Dalam.
  • Peti Kuno Nuri Bey, Menutup Kisah Perselingkuhan?
    Hikmah
    Selasa, 12 Mei 2020 - 14:54 WIB
    Istri Tuan berkelakuan mencurigakan.Ia berada di kamarnya dengan sebuah peti besar, cukup besar untuk menyimpan orang. Peti itu dulu milik kakek Tuan.
  • Kisah Leluhur Rasulullah dan Jabatan Pemegang Kunci Kabah
    Hikmah
    Kamis, 28 Mei 2020 - 10:17 WIB
    Pada waktu Qushayy meminta bantuan Quraisy, beberapa kabilah berpendapat bahwa dialah penduduk yang paling kuat dan sangat dihargai di Makkah.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Putra Raja
    Hikmah
    Sabtu, 25 Juli 2020 - 06:40 WIB
    Sebuah pesan pun disampaikan secara gaib kepada Sang Pangeran. Bangun! Sebab kau ini putra seorang raja, disuruh mengambil batu permata tertentu, dan kepada kami kau harus kembali.
  • Kisah Jin yang Berdesakan Ingin Mendengar Suara Rasulullah
    Hikmah
    Kamis, 24 Mei 2018 - 16:45 WIB
    Dijelaskan dalam shahih Muslim, ketika Rasulullah SAW berdiri dan membaca Alquran dan ketika itu Iblis melihat pintu-pintu langit ditutup dan tidak bisa lagi ditembus oleh Iblis dan pasukannya.
  • Idries Shah Tentang Kisah Raksasa dan Sufi
    Hikmah
    Minggu, 10 Mei 2020 - 15:15 WIB
    Seorang ahli sufi yang sedang mengadakan perjalanan lewat sebuah perbukitan yang terpencil tiba-tiba berhadapan dengan raksasa yang akan menghancurkannya.
  • Kisah Nabi Ayyub dan Gangguan Iblis Laknatullah
    Hikmah
    Selasa, 29 Mei 2018 - 16:07 WIB
    Dalam Kitab Uqudulijain (etika rumah tangga) karya Syekh Muhammad bin Umar An-Nawawi diceritakan kisah Nabi Ayyub &lsquoalaihisslam (AS) yang sarat hikmah dan pelajaran.
  • Kisah Pemuda yang Bertobat Setelah Menyetubuhi Mayit Gadis
    Hikmah
    Jum'at, 29 Mei 2020 - 23:29 WIB
    Dalam Kitab Tanbihul Ghafilin karya Imam Abu Laits As-Samarqandi (wafat 373 H) diceritakan kisah seorang pemuda di zaman Nabi yang bertobat setelah puas menyetubuhi mayit gadis.
  • Kisah Menakjubkan Ketika Abu Bakar Memeluk Islam
    Hikmah
    Kamis, 12 Desember 2019 - 05:10 WIB
    Sosok Abu Bakar radhiallahu anhu (RA) adalah sahabat yang mendapat tempat tertinggi di sisi Rasulullah SAW. Beliau termasuk orang-orang yang paling awal memeluk Islam (As-Sabiqun Al-Awwalun).
  • Karomah Habib al-Ajami, Kisah Seorang Ibu yang Rindukan Anaknya
    Hikmah
    Jum'at, 22 Oktober 2021 - 16:43 WIB
    Kisah ini berisi tentang karomah Habib Al-Ajami sebagaimana diuturkan Farid al-Din Attar. Seorang ibu sangat merindukan anaknya yang tengah merantau. Berkat doa Habib sang pemuda langsung mudik.
  • Kisah Sufi Dzun Nun: Ketika Air Berubah
    Hikmah
    Sabtu, 04 Desember 2021 - 08:39 WIB
    Kisah ini karangan Dzun Nun. Ia adalah tokoh paling awal dalam sejarah Thoriqoh Darwis Malamati, dianggap mempunyai persamaan yang dekat dengan keahlian anggota Persekutuan Rahasia.
  • Kisah Nabi Isa: Dikhitan Ketika Berusia 8 Hari
    Hikmah
    Rabu, 21 Desember 2022 - 12:25 WIB
    Ketika Isa mencapai umurnya 8 hari, ibunya, Maryam, membawanya ke Haikal untuk dikhitan dan menamakannya dengan nama Yasu yaitu Isa, sesuai perintah Jibril.
  • Kisah Perampok yang Bertobat dan Menjadi Ulama Besar
    Hikmah
    Kamis, 01 September 2022 - 05:10 WIB
    Tak ada yang menyangka kalau perampok yang ditakuti pedagang ini menjadi seorang ulama besar pada Abad ke-2 Hijriyah. Kisah ini terjadi pada masa Khalifah Harun Al-Rasyid.