Topik Terkait: Sumnun Sang Pecinta

  • Karomah Sumnun yang Ceramahnya Selalu Berisi Cinta Mistis
    Hikmah
    Rabu, 24 Februari 2021 - 18:20 WIB
    Berikut kisah seorang sahabat Imam Sari as-Saqathi (ulama sufi terkemuka di Baghdad, wafat 253 H) yang dijukuli Sang Pecinta. Namanya adalah Abul Hasan Sumnun bin Abdullah (Hamzah) Al-Khauwash.
  • Malaikat Maut dalam Kisah Sang Raja dan Si Pakaian Kusut
    Hikmah
    Kamis, 05 Agustus 2021 - 17:42 WIB
    Berikut adalah kisah tentang kehadiran malaikat maut dalam sebuah pesta yang digelar seorang raja. Kisah ini ditulis Imam al-Ghazali dalam kitab al-Masbk f Nashatil Mulk.
  • Muhammad SAW Sang Mutiara (4)
    Tausiyah
    Kamis, 28 November 2019 - 20:55 WIB
    Biasanya saya membagi kategori sunnah baik secara&nbsp fungsional maupun secara substantif dalam kehidupan manusia kepada empat bagian.
  • Lembah Keinsafan: Pecinta, Sultan Mahmud, dan Si Gila Tuhan
    Hikmah
    Minggu, 20 September 2020 - 12:51 WIB
    Pengetahuan sejati menjadi milik pencari yang tulus. Jika diperlukan mencari pengetahuan ke negeri Cina, maka pergilah. Tetapi pengetahuan dirusakkan oleh pikiran dangkal, ia mengeras, bagai batu.
  • Muhammad SAW Sang Mutiara, Bersholawatlah Kepadanya dan Keluarganya!
    Tausyiah
    Rabu, 12 Oktober 2022 - 14:26 WIB
    Terlepas dari perdebatan tentang Maulid atau kelahiran Rasulullah SAW mungkin ada baiknya kita sekali melihat siapa dan bagaimana harusnya kita menempatkan Rasulullah SAW.
  • Imam Al-Ghazali, Sang Pemintal Dirinya Sendiri
    Hikmah
    Rabu, 05 Agustus 2020 - 15:03 WIB
    Imam Al-Ghazali menulis dan menggunakan lambang dan simbol puisi. Nama julukan yang dipilihnya sendiri yang umum ia gunakan adalah al-Ghazali. Terutama alat ini, Pemintal.
  • Kisah Sufi Sang Raja dan Anak Miskin
    Hikmah
    Sabtu, 20 November 2021 - 14:13 WIB
    Mereka yang belum luas pengetahuannya sering beranggapan bahwa sistem metafisika menolak nilai benda duniawi atau, sebaliknya, menjanjikan keuntungan kebendaan yang melimpah.
  • Nasehat Seorang Perempuan dan Sang Alim
    Hikmah
    Rabu, 30 Juni 2021 - 14:40 WIB
    Apakah seorang perempuan tidak boleh memberio nasehat? Kisah hikmah berikut menunjukkan bahwa kaum Hawa pun dapat memberikan andil dalam ber- amar maruf nahi munkar sesuai dengan kemampuan mereka.
  • Ketabahan Shafiyyah binti Abdul Muthalib Saat Tahu Sang Kakak Dimutilasi
    Hikmah
    Rabu, 06 Oktober 2021 - 11:04 WIB
    Shafiyyah binti Abdul Muthalib sangat berduka atas syahidnya , Hamzah bin Abdul Muthalib. Ia mencari-cari jasad sang kakak di medan Perang Uhud. Shafiyyah sudah mendengar bahwa Hamzah dimutilasi.
  • Konspirasi Yahudi: Kisah Dokumen yang Hilang di Rumah sang Kekasih
    Dunia Islam
    Jum'at, 22 Desember 2023 - 22:06 WIB
    Bukan hanya ini saja keistimewaan periode tersebut. Di sana terdapat peristiwa demi peristiwa berbahaya yang telah dipersiapkan oleh pihak Konspirasi secara serentak terhadap umat manusia.
  • Dialog Sang Guru yang Bikin Murid Menangis
    Hikmah
    Rabu, 12 Agustus 2020 - 21:07 WIB
    Dai lulusan Darul Musthafa Hadhramaut Yaman, Ustaz Saeful Huda, menceritakan sebuah dialog antara guru dan murid. Mengapa bukan para guru yang menjadi pemimpin dunia atau pengusaha sukses?
  • Imam Al-Ghazali dari Persia, Sang Pembela Islam
    Hikmah
    Selasa, 04 Agustus 2020 - 13:00 WIB
    Idea-idea yang disampaikan oleh al-Ghazali dan telah mempengaruhi St. Thomas Aquinas the Dominican dan St. Francis of Assisi, masing-masing dengan caranya sendiri.
  • Sang Penakluk Konstantinopel yang Mewujudkan Janji Rasulullah
    Hikmah
    Kamis, 16 Juli 2020 - 05:00 WIB
    Kekuatan Sultan Muhammad al Fatih terletak pada ketinggian pribadinya. Mempunyai kepakaran dalam bidang ketentaraan, sains, matematika dan menguasai enam bahasa saat berumur 21 tahun.
  • Said bin al-Harits, Pecinta Sholat Tahajud yang Syahid Dikelilingi Bidadari
    Hikmah
    Selasa, 28 Desember 2021 - 10:43 WIB
    Said bin al-Harits syahid dalam perang antara pasukan muslim melawan Romawi. Tiga hari sebelum syahid, beliau mendapat mimpi telah disambut bidadari yang cantik jelita.
  • Berharap dosa-dosa dihapus Sang Pencipta
    Hikmah
    Rabu, 24 Juli 2013 - 08:58 WIB
    Pesantren Annihayah memberi perhatian khusus bagi para santri preman yang ingin bertobat. Alasannya sederhana, hati keras para preman ini bisa luluh. Alasan itulah yang membuat pendiri dan pengurus pesantren memberi ruang sosialisasi dan bertobat bagi para preman untuk mencari arti kehidupan sebenarnya.
  • 3 Fase Perkembangan Ideologi Geert Wilders sang Pembenci Islam
    Dunia Islam
    Senin, 11 Desember 2023 - 06:34 WIB
    Dia mengaitkan Islam dengan terorisme, kebencian terhadap wanita, kekerasan dan eksklusivitas agama, dengan menggunakan berbagai manipulasi, penipuan dan informasi yang salah.
  • Takut Disalahkan, Sang Ayah Menyerahkan Nabi Ibrahim kepada Namrudz
    Hikmah
    Kamis, 23 April 2020 - 07:22 WIB
    Paduka, anak yang engkau khawatirkan adalah anakku. Dia telah dilahirkan tidak di rumahku dan sampai saat ini aku tidak mengetahuinya, ujar ayah Ibrahim kepada Namrudz.
  • Kisah Nabi Yusuf Diminta Menakwilkan Mimpi Sang Raja
    Hikmah
    Selasa, 17 Mei 2022 - 15:14 WIB
    Pada ayat selanjutnya, Nabi Yusuf diminta menakwilkan mimpi sang raja. Dari sinilah sisi terang Nabi Yusuf akan dibebaskan dari penjara dengan reputasi yang bersih.
  • Muhammad Sang Mutiara: Teladan Terbaik Menentang Segala Bentuk Kezaliman
    Tausyiah
    Jum'at, 21 Oktober 2022 - 17:24 WIB
    Mekkah saat itu penuh dengan ragam kegelapan atau kezaliman. Situasi ini menjadikan Muhammad SAW tampil untuk mengubah Mekkah menjadi negeri bercahaya yang penuh keadilan.
  • Catatan Safa Khatib tentang sang Nenek: Kisah Pengantin Baru dalam Petaka 15 Mei
    Dunia Islam
    Selasa, 16 Mei 2023 - 15:11 WIB
    Safa Khatib yang sejak kematian neneknya, 15 tahun yang lalu, melakukan pencarian dalam mengenang orang-orang Palestina di seluruh tanah yang diduduki Israel.