Topik Terkait: Uban Pengingat Kematian

  • Hukum Mencabut Uban dan Keutamaan Memeliharanya
    Tips
    Kamis, 16 Desember 2021 - 16:46 WIB
    Uban atau rambut yang memutih sering diasumsikan sebagai tanda seseorang mulai menua. Berikut hukum mencabut uban dan keutamaan memeliharanya.
  • Tumbuhnya Uban Pertanda Semakin Dekatnya Ajal Seseorang (2/Selesai)
    Tausyiah
    Jum'at, 05 Maret 2021 - 17:41 WIB
    Tumbuhnya uban (rambut putih) pertanda semakin dekatnya ajal seseorang. Uban biasanya menghampiri manusia di atas 35 tahun atau 40 tahun. Namun ada juga yang beruban di usia 20-an.
  • Belajar Mengingat Kematian dari Hafshah binti Sirin
    Muslimah
    Rabu, 22 Juni 2022 - 14:20 WIB
    Mengingat kematian juga merupakan salah cara hamba untuk mendekatkan diri kepada Allah Subahanhu wa taala. Mereka yang senantiasa mengingat kematian akan mengontrol nafsu duniawinya
  • Hukum Orang Sakit Mengharap Kematian
    Tips
    Senin, 26 Desember 2022 - 18:58 WIB
    Orang yang sakit diperbolehkan mengeluhkan penderitaannya. Namun, tidaklah baik baginya mengharapkan kematian atau meminta kematian karena penderitaan yang dialaminya.
  • Potret Penyesalan Setelah Kematian yang Tercantum dalam Al-Quran
    Muslimah
    Minggu, 19 September 2021 - 15:10 WIB
    Kesempatan hidup hanya sekali, jangan sampai penyesalan terjadi setelah kematian nanti. Karenanya pergunakan kesempatan di dunia untuk ibadah dan melakukan aktivitas yang berfaedah.
  • 6 Tanda Kematian akan Datang Menurut Imam Al-Ghazali
    Tips
    Kamis, 06 Januari 2022 - 07:19 WIB
    Kapan kematian itu akan datang? Tidak ada yang bisa memastikan, karena itu rahasia Allah Taala. Kendati demikian, ada beberapa hal yang mungkin bisa kita jadikan tanda ajal akan menjemput.
  • Tanda-tanda Kematian akan Menjemput
    Tips
    Minggu, 11 Juli 2021 - 11:00 WIB
    Kematian adalah sesuatu yang pasti datang kepada semua makhluk yang bernyawa. Namun kapan ajal atau kematian itu menjemputnya? Tidak ada satupun makhluk hidup yang mengetahui rahasia ajal, tetapi ada tanda-tandanya.
  • Wasiat Rasulullah SAW kepada Mu’adz bin Jabal tentang Kematian
    Tausyiah
    Rabu, 26 April 2023 - 15:12 WIB
    Rasulullah SAW menyampaikan 3 wasiat kepada Muadz bin Jabal ra. Salah satunya adalah tentang kematian. Beribadahlah kepada Allah Taala seolah-olah engkau melihat-Nya dan persiapkanlah dirimu menghadapi kematian.
  • Kematian, Satu-satunya Jalan Dapatkan Kenikmatan dan Kesempurnaan
    Tausyiah
    Jum'at, 02 Oktober 2020 - 07:58 WIB
    Betapa kehidupan ukhrawi itu tidak sempurna, sedang di sanalah diperoleh keadilan sejati yang menjadi dambaan setiap manusia, dan di sanalah diperoleh kenikmatan hidup yang tiada taranya.
  • Jangan Bersedih, Kematian Adalah Istirahat bagi Seorang Mukmin
    Tausyiah
    Kamis, 15 Juli 2021 - 16:42 WIB
    Sesungguhnya kematian adalah hal yang baik karena dunia adalah ibarat penjara bagi seorang Mukmin. Ini artinya, jika seorang Mukmin meninggal dunia berarti dia terbebas dari penjara tersebut.
  • Kisah Gagak, si Burung Kematian yang Tercantum dalam Al-Quran
    Hikmah
    Senin, 02 Januari 2023 - 10:04 WIB
    Burung gagak sering dianggap mistis karena selalu dikaitkan dengan perihal kematian. Dan tahukah Anda, bahwa burung ini ternyata sudah ada sejak zaman Nabi Adam diturunkan ke bumi?
  • Tanpa Ada Wabah Covid-19 Pun, Kematian Itu Mutlak Adanya
    Tausyiah
    Selasa, 13 Juli 2021 - 11:50 WIB
    Sejak wabah virus Covid-19 melanda, banyak nyawa yang telah tiada. Virus atau wabah penyakit hanyalah sekian kecil dari asbab atau penyebab kematian.
  • Kisah Kematian Dajjal Dibunuh Nabi Isa di Kota Lod
    Hikmah
    Senin, 16 Oktober 2023 - 18:22 WIB
    Kota Lod yang dalam bahasa Arab disebut Al-Ludd merupakan tempat yang dinubuwahkan Nabi sebagai lokasi kematian Dajjal, si Mesias palsu menjelang Kiamat.
  • Kisah Kematian Iblis Disiksa Malaikat Maut Hingga Teriak Kesakitan
    Hikmah
    Sabtu, 03 Desember 2022 - 17:59 WIB
    Iblis sosok makhluk yang umurnya ditangguhkan Allah hingga Hari Kiamat. Berikut kisah kematian Iblis yang mengenaskan di tangan Izroil sang Malaikat Maut.
  • Amalan yang Bisa Mengingatkan kepada Kematian
    Tips
    Selasa, 15 November 2022 - 09:54 WIB
    Mengingat mati atau kematian termasuk salah satu akhlak terpuji dan perilaku mulia. Bagaimana tidak, mengingat kematian bukan sekadar ingat dan tidak lupa, namun lebih dari itu mengingat kematian berarti mempersiapkan bekal sebelum ajal datang.
  • Kematian, Hanya Nabi Ibrahim dan Nabi Musa yang Bisa Menawar
    Tausyiah
    Sabtu, 09 Mei 2020 - 04:05 WIB
    Tiap insan sudah pasti akan mati. Hanya saja, Nabi Ibrahim dan Nabi Musa bisa menawar kematiannya. Berikut kisah sebagian para Nabi menjelang sakaratul maut.
  • Khutbah Jumat: Covid-19 dan Kematian itu Pasti, Bersiaplah!
    Tausyiah
    Kamis, 02 September 2021 - 21:49 WIB
    Beberapa pekan terakhir ini, angka kematian akibat Covid-19 begitu tinggi. Kita melihat dengan mata kepala kita kerabat, teman, dan tetangga kita satu demi satu berguguran.
  • Gus Baha Bercerita Tentang Kematian dan Corona
    Tausyiah
    Rabu, 04 Agustus 2021 - 20:51 WIB
    KH Ahmad Bahauddin Nursalim (Gus Baha) bercerita tentang hakikat kematian dan wabah Corona. Dalam tausiyahnya, beliau menerangkan salah satu kalam hikmah Sayyidina Ali.
  • Tidak Bersedih dengan Kematian Ulama Berarti Munafik?
    Tausyiah
    Jum'at, 15 Januari 2021 - 14:54 WIB
    Siapa yang tidak bersedih dengan kematian seorang ulama maka ia termasuk munafik. Ada teman bertanya tentang hadis ini, apakah benar ini hadis. Jika memang benar hadis bagaimana keshahihannya?
  • Tumbuhnya Uban Pertanda Semakin Dekatnya Ajal Seseorang (1)
    Tausyiah
    Jum'at, 05 Maret 2021 - 05:00 WIB
    Tumbuhnya uban (rambut putih) pertanda semakin dekatnya ajal seseorang. Uban biasanya menghampiri manusia di atas 35 tahun atau 40 tahun. Namun ada juga yang beruban di usia 20-an.