Topik Terkait: Menunda Menikah

  • Sering Menunda Shalat? Ini Bahayanya Bagi Seorang Muslim
    Muslimah
    Rabu, 13 Oktober 2021 - 19:29 WIB
    Tahukah muslimah, bahwa ada satu jenis telat yang jauh lebih berbahaya. Yakni telat shalat. Azab Allah Taala berupa datangnya semua kesulitan akan menimpa seorang muslim jika sering menunda shalat.
  • Menunda-nunda Shalat, Musibah Besar yang Diremehkan Kaum Wanita
    Muslimah
    Kamis, 21 Juli 2022 - 08:57 WIB
    Menunda-nunda shalat seringkali dilakukan kebanyakan kaum wanita, padahal perkara menunda shalat ini termasuk dosa. Menunda-nunda shalat inipun termasuk musibah besar bagi kaum Hawa tersebut.
  • 23 Ucapan Selamat Menikah Penuh Doa dan Menyentuh Hati
    Dunia Islam
    Jum'at, 29 September 2023 - 20:57 WIB
    Ada banyak ucapan selamat menikah yang bisa kita sampaikan kepada pengantin baru. Tak sekadar ucapan selamat, namun di dalamnya terdapat doa dan harapan yang sangat menyentuh.
  • Menunda Haid Agar Tetap Bisa Berpuasa Ramadhan, Bolehkah?
    Muslimah
    Kamis, 15 April 2021 - 06:11 WIB
    Kondisi haid terkadang membuat kesedihan tersendiri bagi muslimah. Lantas bolehkan mereka menggunakan pil penunda haid agar bisa menjalankan ibadah puasa Ramadhan?
  • Benarkah Menikah di Bulan Muharram Dilarang dalam Islam?
    Muslimah
    Kamis, 06 Juli 2023 - 15:32 WIB
    Menikah di bulan Muharram bagi sebagian kalangan terutama masyarakat di Pulau Jawa sangat ditabukan atau dilarang, terutama di bulan Suro atau hari Asyura (hari ke-10 bulan Muharram). Benarkah demikian?
  • Bolehkah Seorang Istri Menunda Kehamilan?
    Muslimah
    Minggu, 25 Oktober 2020 - 08:21 WIB
    Bagaimana sebenarnya menunda kehamilan dalam pandangan syariat? Lantas hukum mengkonsumsi pil KB atau memasang spiral guna mencegah kehamilan ini?
  • Benarkah Rajab Bulan Istimewa untuk Menikah?
    Muslimah
    Sabtu, 06 Januari 2024 - 17:04 WIB
    Salah satu keutamaan bulan Rajab, bagi seorang muslim dianjurkan untuk melakukan pernikahan, puasa ataupun ibadah sunnah lainya. Benarkah demikian?
  • Kisah Sahabat yang Disuruh Rasulullah Menikah
    Muslimah
    Jum'at, 15 Januari 2021 - 17:01 WIB
    Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam dikenal sebagai sosok yang sangat penyayang dan penuh perhatian. Tak terkecuali kepada para shahabat yang juga menjadi asistennya
  • Hukum Wanita Tidak Menikah, Bercermin dari Kisah Rabiah Al-Adawiyah
    Muslimah
    Senin, 10 Januari 2022 - 10:49 WIB
    Hukum wanita tidak menikah adalah boleh, kendati tidak disarankan. Maknanya, menikah bukanlah hal yang wajib bagi perempuan. Demikian pendapat sejumlah ulama.
  • Ingin Menikah? Inilah 9 Hadis tentang Pernikahan yang Menganjurkannya
    Muslimah
    Senin, 04 Januari 2021 - 05:35 WIB
    Islam memandang pernikahan dan pembentukan keluarga sebagai sarana efektif untuk memelihara pemuda dan pemudi dari kerusakan, dan melindungi masyarakat dari kekacauan.
  • Bagaimana Hukum Menikah di Tanah Suci? Begini Penjelasan Hadis
    Hikmah
    Senin, 12 Februari 2024 - 09:57 WIB
    Bagaimana hukum menikah di Tanah Suci? Pertanyaan ini muncul menyusul pihak otoritas Arab Saudi yang memperbolehkan akad nikah dilakukan di 2 kota suci Makkah dan Madinah tersebut.
  • Apakah Boleh Tidak Menikah? Begini Jawaban Imam Syafii
    Hikmah
    Minggu, 30 April 2023 - 16:46 WIB
    Saat ini bertepatan bulan Syawal, banyak pasangan yang melangsungkan pernikahan. Suatu hari Imam Syafii pernah ditanya, apakah boleh tidak menikah? Begini jawaban beliau.
  • Ketika Menikah Tanpa Restu Orang Tua
    Muslimah
    Sabtu, 16 Januari 2021 - 05:00 WIB
    Pernikahan tanpa restu orang tua, menjadi fenomena yang muncul dalam beberapa waktu terkahir ini. Apa dan bagaimana hal tersebut dapat terjadi? Lantas bagaimana menurut pandangan syariat tentang masalah tersebut?
  • Sahkah Tobat Ini? Saat Menjabat Korupsi, Baru Bertobat Setelah Pensiun
    Tausyiah
    Jum'at, 10 Maret 2023 - 09:31 WIB
    Bagaimana kedudukan orang yang bertobat setelah dia tidak mungkin lagi melakukan maksiat? Misalnya, tobatnya seorang pejabat yang gemar korupsi dan bertobat setelah ia pensiun.
  • Hukum Menikah di Bulan Syawal antara Mitos Jahiliyah dan Sunah Rasul
    Tausyiah
    Jum'at, 06 Mei 2022 - 20:05 WIB
    Pada zaman jahiliyah, orang-orang Arab menghindari menikah di bulan Syawal. Mereka menganggap Syawal sebagai bulan yang kurang baik. Mempelai bisa-bisa akan mengalami kesulitan.
  • Janganlah Menunda-Nunda Taubat
    Muslimah
    Senin, 06 Juli 2020 - 17:06 WIB
    Setiap anak Adam tidak akan bisa lepas dari kesalahan dan dosa, sedangkan sebaik-baknya orang yang berdosa adalah mereka yang bertaubat
  • Hukum Menikah di Bulan Safar, Boleh Atau Tidak? Simak Penjelasannya
    Tausyiah
    Senin, 12 September 2022 - 19:07 WIB
    Hukum menikah di bulan Safar menurut Islam diperbolehkan bahkan ada yang berpendapat sunnah. Tidak ada masalah dalam Islam untuk melakukan akad nikah atau mengadakan pesta pernikahan di bulan safar.
  • Keutamaan Menikah di Bulan Ramadan
    Hikmah
    Selasa, 16 Januari 2024 - 10:22 WIB
    Keutamaan menikah di bulan Ramadan ternyata banyak sekali, selain menikah di bulan mulia juga ada banyak hikmah yang melatarbelakanginya. Apa saja keutamaan dan hukumnya menikah di bulan suci tersebut?
  • Tadabur Surat An-Nur Ayat 33 : Pentingnya Menjaga Kehormatan Sebelum Menikah
    Tausyiah
    Rabu, 20 Desember 2023 - 11:37 WIB
    Jalan penting dan utama untuk orang-orang yang belum memiliki kemampuan untuk menikah adalah harus menjaga kehormatannya, di antaranya dengan menjaga pandangan mata, berpuasa, atau menyibukkan diri dengan aktifitas yang bermanfaat.
  • Larangan Menunda-nunda Bayar utang Puasa Ramadan
    Tausyiah
    Minggu, 25 Februari 2024 - 07:56 WIB
    Jika seseorang menunda-nunda qadha puasa Ramadan dengan tanpa udzur, maka dia wajib bertaubat dari dosa tersebut, menyesalinya dan berjanji tidak akan mengulanginya