Topik Terkait: Mendahului Imam

  • Pujian Imam Malik kepada Imam Syafii, Berikut Kisahnya (Bagian 2)
    Hikmah
    Selasa, 14 Desember 2021 - 17:18 WIB
    Saat Imam Syafii (Abu Abdillah Muhammad bin Idris Asy-Syafii) sedang duduk di depan Imam Malik bin Anas (wafat 279 H), datanglah salah seorang lelaki meminta pendapat.
  • Kenapa Imam Muslim Tidak Meriwayatkan Hadis dari Imam Bukhari, Ini Alasannya
    Hikmah
    Senin, 05 Oktober 2020 - 12:14 WIB
    Meskipun berguru kepada Imam Al-Bukhari, tapi ternyata Imam Muslim tak pernah meriwayatkan hadis dari Imam Al-Bukhari. Berikut alasannya.
  • Berikut Ini Daftar 42 Hadis Arbain Karangan Imam Nawawi
    Tips
    Senin, 30 Oktober 2023 - 15:15 WIB
    Daftar 42 hadis Arbain karangan Imam Nawawi sangat populer. Meski bernama Arban (berarti 40), kitab ini tak memuat hadis dengan jumlah persis 40, melainkan 42 hadis.
  • Kisah Imam Syafi’i Ngalap Berkah di Kuburan Imam Abu Hanifah
    Hikmah
    Kamis, 04 Maret 2021 - 17:50 WIB
    Syaikhul Islam Ahmad bin Abdul Halim berkata: Ini adalah kedustaan yang sangat nyata bagi orang yang memiliki ilmu hadits. Orang yang menukil kisah ini hanyalah orang yang sedikit ilmu.
  • Nasihat Imam Syafii kepada Pengasuh Putra Khalifah Harun Ar-Rasyid
    Tausyiah
    Senin, 09 Januari 2023 - 16:46 WIB
    Nasihat Imam Syafii (150-204 H) kepada pengasuh putra Khalifah Harun Ar-Rasyid (wafat 809 M) dapat diamalkan oleh kaum muslim. Terlebih bagi yang punya pembantu atau pengasuh anak.
  • cover top ayah
    وَوَصَّيۡنَا الۡاِنۡسَانَ بِوَالِدَيۡهِ اِحۡسَانًا‌ ؕ حَمَلَـتۡهُ اُمُّهٗ كُرۡهًا وَّوَضَعَتۡهُ كُرۡهًا‌ ؕ وَحَمۡلُهٗ وَفِصٰلُهٗ ثَلٰـثُوۡنَ شَهۡرًا‌ ؕ حَتّٰٓى اِذَا بَلَغَ اَشُدَّهٗ وَبَلَغَ اَرۡبَعِيۡنَ سَنَةً  ۙ قَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًا تَرۡضٰٮهُ وَاَصۡلِحۡ لِىۡ فِىۡ ذُرِّيَّتِىۡ ؕۚ اِنِّىۡ تُبۡتُ اِلَيۡكَ وَاِنِّىۡ مِنَ الۡمُسۡلِمِيۡنَ
    Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun dia berdoa, Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sungguh, aku termasuk orang muslim.

    (QS. Al-Ahqaf Ayat 15)
    cover bottom ayah
  • Karomah Imam Nawawi yang Jarang Diketahui
    Hikmah
    Minggu, 14 Agustus 2022 - 22:18 WIB
    Siapa yang tak kenal Imam Nawawi? Beliau begitu masyhur di kalangan ulama dan penuntut ilmu berkat keluasan ilmu dan kesalehannya. Seperti apa karomah beliau?
  • Imam Al-Ghazali (1): Karya-Karyanya Tak Hanya Mendahului Zamannya
    Hikmah
    Senin, 03 Agustus 2020 - 14:16 WIB
    Kendati penemuan-penemuan, psikologi dan ilmu pengetahuan Imam al-Ghazali, dihargai secara luas oleh bermacam kalangan akademis, tetapi tidak diperhatikan sebagaimana mestinya,
  • Apakah Imam Mahdi Sudah Lahir? Begini Penjelasannya
    Hikmah
    Selasa, 11 Oktober 2022 - 05:15 WIB
    Apakah Imam Mahdi sudah lahir? Ibnu Kasir dalam an-Nihaayah fil Fitan wal Malaahim menyebut salah satu tanda Kiamat yang besar adalah munculnya Imam Mahdi
  • Tempat Imam Lebih Tinggi dari Makmum, Bolehkah?
    Tausyiah
    Senin, 01 Maret 2021 - 18:18 WIB
    Terkadang di beberapa masjid maupun musholla kita menemukan posisi imam lebih tinggi dari posisi makmum. Bagaimana pandangan syariat terhadap hal ini?
  • Munculnya Imam Mahdi Jelang Kiamat, Ini Tanda-tandanya
    Hikmah
    Kamis, 07 Januari 2021 - 23:01 WIB
    Sebelum kiamat besar terjadi akan diawali dengan kemunculan Imam Al-Mahdi sebagaimana dijelaskan dalam berbagai riwayat hadis. Kemunculan Imam Mahdi ini akan didahului oleh beberapa tanda berikut.
  • Imam Maliki Sempat Masuk Penjara karena Melawan Pemerintah
    Hikmah
    Selasa, 10 Agustus 2021 - 12:24 WIB
    Imam Maliki adalah pendiri Mazhab Maliki. Juga merupakan guru dari Imam Syafii. Beliau sempat masuk penjara di Kota Madinah karena melawan fatwa pemerintah.
  • Imam Al-Ghazali: Puasa Berarti Musnahnya Kehendak Nafsu
    Tausyiah
    Kamis, 04 April 2024 - 02:00 WIB
    Imam al-Ghazali, Selama hamba masih terkotori oleh selain Allah, ia tak pantas mendekat dan bersanding dengan-Nya sebelum menyucikan hati dari selain Dia.
  • Kisah Jin Takut Sandal Imam Ahmad Bin Hanbal
    Hikmah
    Jum'at, 15 Oktober 2021 - 05:10 WIB
    Imam Ahmad bin Muhammad bin Hambal (164-241 Hijriyah), seorang ulama besar yang juga Ahli Hadis. Berikut kisah sandal beliau yang ditakuti Jin.
  • 2 Tingkatan Zikrullah Menurut Imam al-Ghazali, Salah Satunya Tingkatan Wali
    Tausyiah
    Senin, 06 Februari 2023 - 04:15 WIB
    Imam al-Ghazali mengatakan ada 2 tingkatan zikir kepada Allah Taala. Tingkat pertama adalah tingkatan para wali. Tingkatan kedua zikir golongan kanan atau ashabul-Yamin.
  • Kisah Imam Mahdi yang Menjadi Imam Sholat Nabi Isa pada Hari Kiamat
    Hikmah
    Selasa, 27 Desember 2022 - 12:51 WIB
    Kisah Imam Mahdi yang menjadi imam sholat Nabi Isa pada hari kiamat dijelaskan dalam hadis yang diriwayatkan Imam Muslim dan Imam Ahmad. Berikut Rasulullah SAW itu.
  • Tips Imam Syafii Agar Hati Terbuka dan Mudah Memahami Ilmu
    Tips
    Senin, 06 Desember 2021 - 22:02 WIB
    Imam Syafii punya tips agar hati terbuka dan mudah memahami serta menghafalkan ilmu. Dalam istilah tasawuf, Futuh artinya terbukanya pemahaman melalui hati.
  • Ketika Imam Syafii Dituduh Syiah Rafidhah, Ini yang Sebenarnya
    Hikmah
    Kamis, 25 Maret 2021 - 16:16 WIB
    Syair Imam Syafii yang sering diucapkan: Seandainya rofidhi adalah mencintai keluarga Muhammad. Maka saksikanlah bahwa saya adalah seorang rofidhoh
  • 4 Hal yang Harus Dilakukan Imam Salat Berjamaah
    Tips
    Kamis, 01 Februari 2024 - 22:15 WIB
    Berikut ini panduan bagi mereka yang ingin menjadi imam salat berjamaah sebagaimana disampaikan Ustaz Asep Sholahuddin dalam Pengajian Tarjih PP Muhammadiyah yang diselenggarakan pada Rabu (31/01)
  • 8 Nasihat Imam Al-Ghazali tentang Hakikat Pergaulan
    Tausiyah
    Senin, 14 Oktober 2019 - 05:15 WIB
    Tidak hanya mengatur urusan ibadah seorang hamba dengan pencipta-Nya (ubudiyah) atau hablum-minallah, Islam juga mengatur urusan interaksi sosial (hamblum-minannas).
  • Ciri-ciri Ulama Su Menurut Imam Al-Ghazali
    Tausyiah
    Rabu, 06 Juli 2022 - 19:59 WIB
    Ulama adalah pewaris para Nabi (Al-Ulama waratsatul anbiya). Lalu bagaimana dengan Ulama Su yang tercela? Berikut ciri-cirinya menurut Imam Al-Ghazali.