Topik Terkait: Datangnya Kematian

  • Amalan yang Bisa Mengingatkan kepada Kematian
    Tips
    Selasa, 15 November 2022 - 09:54 WIB
    Mengingat mati atau kematian termasuk salah satu akhlak terpuji dan perilaku mulia. Bagaimana tidak, mengingat kematian bukan sekadar ingat dan tidak lupa, namun lebih dari itu mengingat kematian berarti mempersiapkan bekal sebelum ajal datang.
  • Jangan Bersedih, Kematian Adalah Istirahat bagi Seorang Mukmin
    Tausyiah
    Kamis, 15 Juli 2021 - 16:42 WIB
    Sesungguhnya kematian adalah hal yang baik karena dunia adalah ibarat penjara bagi seorang Mukmin. Ini artinya, jika seorang Mukmin meninggal dunia berarti dia terbebas dari penjara tersebut.
  • Pandangan Al-Quran, Kematian Bukan Hanya Sekali, tetapi Dua Kali
    Tausyiah
    Senin, 21 Februari 2022 - 05:15 WIB
    Sejatinya, kematian tidak hanya terjadi sekali, tetapi dua kali. Begitu menurut pandangan Al-Quran sebagaimana tertera dalam surat Ghafir ayat 11 dan Surat Al Baqarah ayat 28.
  • Inilah Mengapa Manusia Membenci Kematian dan Kefakiran?
    Tausyiah
    Kamis, 15 Juli 2021 - 17:11 WIB
    Sesungguhnya ada dua perkara yang dibenci oleh manusia, padahal dua perkara tersebut baik bagi seorang Mukmin. Apa ittu? Kematian dan kefakiran.
  • 6 Tanda Kematian akan Datang Menurut Imam Al-Ghazali
    Tips
    Kamis, 06 Januari 2022 - 07:19 WIB
    Kapan kematian itu akan datang? Tidak ada yang bisa memastikan, karena itu rahasia Allah Taala. Kendati demikian, ada beberapa hal yang mungkin bisa kita jadikan tanda ajal akan menjemput.
  • Keutamaan Mengingat Kematian Menurut Imam Al-Ghazali
    Hikmah
    Senin, 26 Desember 2022 - 23:58 WIB
    Dalam Buku Di balik Tabir Kematian karya Imam Al-Ghazali disebutkan beberapa keutamaan mengingat kematian dalam setiap keadaan. Berikut pesannya.
  • Benarkah Ajal Datang Sesuai Kebiasaan ketika Hidup? Begini Penjelasannya
    Hikmah
    Sabtu, 02 Maret 2024 - 11:14 WIB
    Orang beriman pasti mengetahui bahwa kematian akan mengikuti kebiasaan saat hidupnya, dan orang beriman akan menyadari betul bahwa kematian akan kapan saja bisa menghampiri.
  • Inilah 3 Tempat yang akan Disinggahi Setelah Kematian
    Tausyiah
    Kamis, 07 Desember 2023 - 11:59 WIB
    Dalam Islam, setelah kematian akan ada 3 tempat tinggal yang sangat mendebarkan bagi semua manusia. Tempat apa saja, dan mengapa mendebarkan?
  • Khutbah Jumat: Covid-19 dan Kematian itu Pasti, Bersiaplah!
    Tausyiah
    Kamis, 02 September 2021 - 21:49 WIB
    Beberapa pekan terakhir ini, angka kematian akibat Covid-19 begitu tinggi. Kita melihat dengan mata kepala kita kerabat, teman, dan tetangga kita satu demi satu berguguran.
  • Kumpulan Doa Memohon Kematian Husnul Khatimah
    Tips
    Sabtu, 02 Maret 2024 - 11:46 WIB
    Kematian adalah hal yang pasti dan tak ada manusia yang tahu kapan ajalnya tiba, namun semua orang pasti mendambakan wafat dalam keadaan husnul khatimah (akhir/penutup yang baik).
  • Nasihat yang Paling Baik Adalah Kematian
    Muslimah
    Senin, 16 November 2020 - 10:12 WIB
    Banyak tetangga kita, teman kita, orang lain yang dia meninggal dunia. Itulah nasihat buat kita agar kita bertaubat kepada Allah, agar kita kembali kepada Allah, agar kita melaksanakan tauhid menjauhkan syirik, melaksanakan sunnah dan menjauhkan bidah.
  • Tanda-tanda Kematian Akan Menghampiri Seseorang
    Tausyiah
    Sabtu, 20 Maret 2021 - 15:41 WIB
    Kematian adalah sesuatu yang pasti dan semua makhluk bernyawa pasti mengalaminya. Namun, tak seorangpun yang dapat mengetahui kapan dan di bumi mana ia akan mati.
  • Kiamat Kecil Bernama Kematian, Bukanlah Ketiadaan Hidup Secara Mutlak
    Tausyiah
    Sabtu, 03 Oktober 2020 - 05:00 WIB
    Syaikh Shalih Al Fauzan berkata, permulaan hari akhir adalah kematian. Oleh karena itu, barangsiapa yang meninggal dunia maka ia masuk ke dalam hari akhir.
  • Benarkah Gagak adalah Burung Kematian? Ini Kisahnya yang Dicantumkan dalam Al-Quran
    Hikmah
    Kamis, 20 Januari 2022 - 14:23 WIB
    Burung gagak khususnya gagak hitam sering kali dianggap mistis karena selalu dikaitkan dengan perihal kematian. Benarkah demikian? Bagaimana Islam memandang mitos burung gagak ini?
  • 3 Doa Pendek Memohon Kematian Husnul Khatimah
    Tips
    Senin, 29 Mei 2023 - 10:30 WIB
    Dalam Islam, kematian adalah hal yang pasti dan tak ada manusia yang tahu kapan ajalnya tiba. Namun semua orang pasti mendambakan wafat dalam keadaan husnul khatimah (akhir/penutup yang baik).
  • Benarkah Ada Istilah Mati Suri dalam Islam?
    Hikmah
    Minggu, 09 Juli 2023 - 10:52 WIB
    Mati suri disebut sebagai fenomena dimana seseorang hidup kembali setelah dinyatakan meninggal dunia, benarkah demikian? Bagaimana Islam memandangn mati suri ini?
  • Tidak Bersedih dengan Kematian Ulama Berarti Munafik?
    Tausyiah
    Jum'at, 15 Januari 2021 - 14:54 WIB
    Siapa yang tidak bersedih dengan kematian seorang ulama maka ia termasuk munafik. Ada teman bertanya tentang hadis ini, apakah benar ini hadis. Jika memang benar hadis bagaimana keshahihannya?
  • 6 Penyebab Datangnya Rezeki, Nomor Terakhir karena Anak
    Tips
    Selasa, 11 Oktober 2022 - 17:53 WIB
    Syariat juga telah memotivasi kita untuk mencari rezeki dan menjadikannya di antara ibadah yang paling penting sebagai wasilah untuk mencari keridhoan Allah taala.
  • 6 Perkara Penyebab Datangnya Rezeki, Salah Satunya karena Pernikahan
    Hikmah
    Kamis, 14 September 2023 - 12:06 WIB
    Islam telah memotivasi kita untuk mencari rezeki, bahkan Islam menjadikannya di antara ibadah yang paling penting sebagai wasilah untuk mencari keridhoan Allah taala.
  • Begini Jawaban Rasulullah SAW ketika Sayyidah Aisyah Bilang Membenci Kematian
    Tausyiah
    Rabu, 25 Mei 2022 - 05:15 WIB
    Sebenarnya jika maut mendatangi seorang mukmin, ia mendapat berita gembira berupa ridha dan kemuliaan dari Allah, dan tidak ada sesuatu yang lebih ia cintai ketimbang yang ada di hadapannya.