Topik Terkait: Lebaran Di Rumah

  • Hukum Memajang Foto di Rumah, Begini Penjelasannya
    Tips
    Senin, 03 Januari 2022 - 15:23 WIB
    Hukum memajang foto di rumah kerap kali diperdebatkan, bahkan ada ulama yang mengharamkannya secara mutlak tanpa pengecualian. Berikut penjelasan lengkapnya.
  • Di Rumah Tak Menghalangi Perempuan Tetap Produktif
    Muslimah
    Kamis, 10 September 2020 - 06:42 WIB
    Bagi kaum perempuan, Work from Home (WFH) saat ini bisa jadi pembuktian bahwa dengan di rumah mereka bisa membangun karier dan bermanfaat tidak hanya untuk diri dan keluarganya, tetapi mungkin bagi orang lain.
  • Lebaran di Tengah Pandemi
    Tausyiah
    Jum'at, 22 Mei 2020 - 11:57 WIB
    Lebaran Idul Fitri kali ini sangat lain. Orang lebih merindukan kapan pandemi berakhir ketimbang kapan berjumpa Idul Fitri.
  • Hukum Mengucapkan Minal Aidin Wal Faizin Saat Lebaran
    Tausyiah
    Sabtu, 23 Mei 2020 - 18:45 WIB
    Sudah menjadi tradisi di Indonesia setiap lebaran Idul Fitri kaum muslimin saling bermaaf-maafan dan memberi ucapan tahniah MINAL AIDIN WAL FAIZIN. Bagaimana hukumnya menurut syariat?
  • Benarkah Salat di Rumah Lebih Utama bagi Wanita? Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Jum'at, 03 November 2023 - 14:01 WIB
    Benarkah salat di rumah lebih utama bagi wanita? Bagaimana dengan pahala salat jamaah di masjid? Pertanyaan tersebut cukup pupoler di kalangan muslimah saat ini.
  • Pimpinan Tarjih Muhammadiyah Komentari Sholat Id di Rumah dan Kiamat Sudah Dekat
    Tausyiah
    Selasa, 13 Juli 2021 - 17:20 WIB
    Pimpinan Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah menanggapi pernyataan yang mempertanyakan pemindahan salat Idul Adha dari masjid ke rumah sebagai tanda-tanda kiamat kian dekat.
  • Lebaran Ketupat, Peninggalan Wali Songo Hanya Ada di Indonesia
    Dunia Islam
    Minggu, 23 April 2023 - 06:34 WIB
    Lebaran ketupat murni berasal dari tanah Jawa, sejak pemerintahan Paku Boewono IV. Tradisi lebaran ketupat yang disertai dengan acara halalbihalal tidak ditemukan di negara lain selain di Indonesia.
  • Keutamaan Mengucapkan Salam Ketika Masuk Rumah
    Tips
    Rabu, 04 Oktober 2023 - 11:06 WIB
    Mengucapkan salam ketika masuk rumah sangat dianjurkan karena banyak keutamaan dan keberkahan. Salam sendiri merupakan kalimat sapaan yang diajarkan oleh Allah SWT.
  • 7 Kumpulan Doa Menempati Rumah Baru Lengkap Arab dan Latin
    Tips
    Jum'at, 21 Oktober 2022 - 17:02 WIB
    Doa menempati rumah baru disunnahkan dibaca agar rumah tersebut diberkahi Allah dan terhindar dari segala gangguan. Salah satunya membaca doa perlindungan berikut.
  • Apakah Lebaran Ikut Pemerintah atau Muhammadiyah?
    Dunia Islam
    Senin, 17 April 2023 - 19:17 WIB
    Apakah Lebaran ikut pemerintah atau Muhammadiyah? Muhammadiyah menetapkan Lebaran Idul Fitri atau 1 Syawal 1444 H jatuh pada 21 April 2023. Pemerintah kemungkinan besar 22 April.
  • Sholat Tarawih Paling Utama Bagi Perempuan, di Masjid atau Rumah?
    Muslimah
    Senin, 26 April 2021 - 09:39 WIB
    Bagi umat muslim, ibadah sholat tarawih di bulan Ramadhan sangat dianjurkan (hukumnya sunnah muakkadah). Boleh dilaksanakan berjamaah di masjid ataupun sendiri-sendiri di rumah.
  • Begini Cara Merayakan dan Memaknai Lebaran dan Idul Fitri
    Tausyiah
    Jum'at, 08 Mei 2020 - 16:23 WIB
    Idul Fitri diperkirakan akan jatuh pada tanggal 23 Mei 2020. Jika itu terjadi berarti puasa tahun ini digenapkan 30 hari. Lalu bagaimana kita memaknainya?
  • Jangan Gagal Paham, Begini Hukum Bermaaf-maafan Saat Lebaran
    Tips
    Jum'at, 22 Mei 2020 - 15:15 WIB
    Di Indonesia, sudah menjadi kebiasaan usai salat Idul Fitri masyarakat kita melanjutkannya dengan bersalaman satu sama lain dan bermaaf-maafan. Bagaimana pandangan syariat terhadap hal ini?
  • Pentingya Ilmu Manajemen Konflik dalam Rumah Tangga
    Muslimah
    Sabtu, 08 Agustus 2020 - 19:30 WIB
    Pernikahan adalah anjuran Allah Taala bagi manusia untuk mempertahankan keberadaannya. Pernikahan juga untuk mengendalikan perkembangbiakan dengan cara yang sesuai dan menurut kaidah norma agama.
  • Kapan Lebaran? Ini Dalil Mengapa NU Selalu Ikuti Keputusan Pemerintah
    Dunia Islam
    Selasa, 26 April 2022 - 14:52 WIB
    Pendirian Kiai Hasyim Asyari itu ditetapkan secara formal dalam Munas Alim Ulama NU di Cipanas, Bogor tahun 1954, bahwa hak itsbat diserahkan kepada pemerintah sebagai waliyul amri.
  • Tradisi Salam-salaman Saat Lebaran, Apakah Termasuk Sunnah Nabi?
    Tausyiah
    Senin, 02 Mei 2022 - 21:59 WIB
    Setiap lebaran Idul Fitri biasanya kaum muslim di Tanah Air melakukan salam-salaman dan berpelukan usai sholat Ied. Bagaimana pandangan syariat terhadap hal ini?
  • Jangan Kufur Nikmat agar Rumah Tangga Selamat
    Muslimah
    Selasa, 21 Juli 2020 - 18:59 WIB
    Dalam sebuah hubungan suami istri, kadang terjadi suatu kondisi yang membuat perasaan istri atau suami tidak enak. Hati kadang diombang-ambing dengan perasaan sedih, galau, ngambek, bahkan marah. Mengapa perasaan-perasaan itu bisa muncul?
  • Istri dan Pekerjaan Domestik Rumah Tangga Menurut Syariat
    Muslimah
    Selasa, 15 Desember 2020 - 09:17 WIB
    Dalam kehidupan rumah tangga, suami dan istri memiliki kedudukan dan kewajibannya masing-masing. Bahkan, syariat Islam telah mengatur sedemikian rupa tugas dan kewajiban seorang suami maupun istri.
  • Rumah Tangga dalam Islam : Hak Suami Harus Dipenuhi, Hak Istri Wajib Ditunaikan
    Hikmah
    Selasa, 07 Mei 2024 - 14:10 WIB
    Percikan konflik dalam rumah tangga seringkali berakar dari diabaikannya hak-hak istri atau suami oleh pasangan mereka. Ada hak-hak yang tidak ditunaikan, salah satunya adalah soal hak-hak istri tersebut.
  • 3 Anugerah Nikmat Allah Taala yang Tak Terhitung di Dalam Rumah
    Muslimah
    Senin, 27 Desember 2021 - 11:08 WIB
    Senang dan betah tinggal di dalam rumah, ternyata memiliki kebaikan dan anugerah luar biasa bagi seorang muslim. Rasulullah pernah menggambarkan betapa bahagianya orang seperti itu.