Kumpulan Artikel: Puasa Kaum Sufi

  • Menjaga 7 Anggota Badan ketika Ramadan, Pertama Hati
    Tausyiah
    Kamis, 04 April 2024 - 05:15 WIB
    Ada tujuh anggota badan yang patut dijaga, terlebih ketika Ramadan. Anggota tubuh itu adalah hati, lisan (lidah), mata (penglihatan), telinga (pendengaran), hidung (penciuman), kedua tangan, dan kedua kaki.
  • Puasa Kaum Sufi: Menjaga 7 Anggota Tubuh
    Tausyiah
    Jum'at, 07 April 2023 - 08:00 WIB
    Seorang sufi berpengaruh, Al-Harits al-Muhasibi (wafat 243 H), mengemukakan bahwa ada tujuh anggota badan yang patut dijaga, terlebih ketika Ramadan. Apa saja?
  • Memaknai Puasa Berdasar Surat Al-Baqarah Ayat 183 Menurut Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani
    Tausyiah
    Sabtu, 25 Maret 2023 - 07:30 WIB
    Puasa juga berarti menahan secara mutlak dan menolak secara total dari apapun selain al-Haq. Puasa jenis ini adalah puasanya orang-orang yang akalnya bersih, yakin dan telah mencapai kasyf atas hakikat dengan semampunya.
  • Makna Simbolik Kata Ramadhan Menurut Syaikh Abdul Qadir Al-Jilani
    Tausyiah
    Rabu, 13 April 2022 - 12:57 WIB
    Sebagian mengartikan dan memaknai Ramadhan sebagai nama Allah SWT. Ini disandarkan pada riwayat Jafar As-Shadiq. Dia mengatakan, Bulan Ramadan adalah bulannya Allah (Syahrullah).
  • Bau Mulut Orang Berpuasa Gantikan Aroma Misik, Begini Penjelasan Imam Al-Ghazali
    Tausyiah
    Rabu, 13 April 2022 - 03:00 WIB
    Allah taala tidak akan menganggap bau mulut orang berpuasa, bahkan akan menggantikannya dengan aroma misik. Terpenting adalah kualitas kebersihan laku dan jiwa seseorang tatkala menjalankan puasa.
  • Puasa Lahir Batin Menurut Imam Abul Qashim al-Qusyairi
    Tausyiah
    Selasa, 12 April 2022 - 14:52 WIB
    Puasa itu ada dua: puasa lahir dan puasa batin. Abul Qashim al-Qusyairi an-Naisaburi menjelaskan puasa lahir sebatas menahan dari segala sesuatu yang membatalkan disertai dengan niat.
  • Puasa Kaum Sufi: Bukan Sekadar Menahan Lapar dan Haus
    Tausyiah
    Sabtu, 09 April 2022 - 11:56 WIB
    Menurut Syaikh Abdul Qadir, puasa juga berarti menahan secara mutlak dan menolak secara total dari apapun selain al-Haq. Puasa jenis ini adalah puasanya orang-orang yang akalnya bersih.
  • 5 Hakikat Puasa Ramadhan Menurut Imam Al-Ghazali
    Tausyiah
    Senin, 28 Maret 2022 - 17:30 WIB
    Imam Al-Ghazali membagi lima hakikat puasa bagi orang khusus (shaum al-khusus) yang patut kita cermati dan teladani dengan baik agar kualitas puasa kita mencapai derajat yang tinggi.
  • Begini Adab Orang yang Berpuasa dan Tingkatan Puasa Menurut Para Sufi
    Tausyiah
    Rabu, 14 April 2021 - 03:39 WIB
    Adab-adab berpuasa yaitu mengatur pola makan, meninggalkan perdebatan, menjauhi ghibah, menolak kebohongan, meninggalkan keburukan, menjaga anggota tubuh dari hal-hal yang kurang baik