Topik Terkait: Menyegerakan Berbuka Puasa

  • Keutamaan Menyegerakan Berbuka Puasa saat Magrib Tiba
    Tausyiah
    Rabu, 29 Maret 2023 - 16:15 WIB
    Ternyata ada kebaikan bila kita menyegerakan berbuka puasa. Karena menyegerakan berbuka puasa adalah sunah Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam. Kenapa demikian?
  • Inilah Kebaikan-kebaikan dari Anjuran Menyegerakan Berbuka Puasa
    Muslimah
    Jum'at, 15 April 2022 - 17:09 WIB
    Ternyata ada kebaikan bila kita menyegerakan berbuka puasa. Karena menyegerakan berbuka puasa adalah sunnah Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam. Kenapa demikian?
  • Meriam Berbuka Puasa: Tradisi Lama di Dubai yang Sudah Dimodernisasi
    Tausyiah
    Jum'at, 22 Maret 2024 - 02:00 WIB
    Meriam memiliki daya tarik yang kuat bagi masyarakat, ketika seseorang membawa kembali sebuah tradisi dari tanah airnya, maka secara alami orang lain akan tertarik dan ingin mempelajarinya lebih lanjut
  • 5 Keutamaan Memberi Makan Orang Berbuka Puasa
    Tausyiah
    Sabtu, 01 April 2023 - 04:00 WIB
    Keutamaan memberi makan orang berbuka puasa bertabur pahala melimpah. Tak hanya mendapat ganjaran pahala orang yang berpuasa, tetapi juga menjadi sebab diampuninya dosa-dosa.
  • Menyegerakan Berbuka, Kesempatan Merebut Kebaikan pada Ramadhan
    Tips
    Minggu, 03 April 2022 - 16:08 WIB
    Di antara hal yang dianjurkan saat puasa adalah menyegerakan waktu buka puasa. Ini yang dikatakan sebagai sunnah puasa. Islam melarang melakukan puasa terus menerus tanpa ada waktu berbuka.
  • cover top ayah
    وَوَهَبۡنَا لَهٗۤ اِسۡحٰقَ وَيَعۡقُوۡبَ‌ؕ كُلًّا هَدَيۡنَا ‌ۚ وَنُوۡحًا هَدَيۡنَا مِنۡ قَبۡلُ‌ وَمِنۡ ذُرِّيَّتِهٖ دَاوٗدَ وَسُلَيۡمٰنَ وَاَيُّوۡبَ وَيُوۡسُفَ وَمُوۡسٰى وَ هٰرُوۡنَ‌ؕ وَكَذٰلِكَ نَجۡزِى الۡمُحۡسِنِيۡنَۙ (٨٤) وَزَكَرِيَّا وَيَحۡيٰى وَعِيۡسٰى وَاِلۡيَاسَ‌ؕ كُلٌّ مِّنَ الصّٰلِحِيۡنَۙ (٨٥) وَاِسۡمٰعِيۡلَ وَالۡيَسَعَ وَيُوۡنُسَ وَلُوۡطًا‌ ؕ وَكُلًّا فَضَّلۡنَا عَلَى الۡعٰلَمِيۡنَۙ (٨٦) وَمِنۡ اٰبَآٮِٕهِمۡ وَذُرِّيّٰتِهِمۡ وَاِخۡوَانِهِمۡ‌ۚ وَاجۡتَبَيۡنٰهُمۡ وَهَدَيۡنٰهُمۡ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسۡتَقِيۡمٍ (٨٧) ذٰ لِكَ هُدَى اللّٰهِ يَهۡدِىۡ بِهٖ مَنۡ يَّشَآءُ مِنۡ عِبَادِهٖ‌ؕ وَلَوۡ اَشۡرَكُوۡا لَحَبِطَ عَنۡهُمۡ مَّا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ (٨٨)
    Dan Kami telah menganugerahkan Ishak dan Yakub kepadanya. Kepada masing-masing telah Kami beri petunjuk; dan sebelum itu Kami telah memberi petunjuk kepada Nuh, dan kepada sebagian dari keturunannya (Ibrahim) yaitu Dawud, Sulaiman, Ayyub, Yusuf, Musa, dan Harun. Dan demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik, dan Zakaria, Yahya, Isa, dan Ilyas. Semuanya termasuk orang-orang yang shalih, dan Ismail, Ilyasa‘, Yunus, dan Luth. Masing-masing Kami lebihkan (derajatnya) di atas umat lain (pada masanya), (dan Kami lebihkan pula derajat) sebagian dari nenek moyang mereka, keturunan mereka dan saudara-saudara mereka. Kami telah memilih mereka (menjadi nabi dan rasul) dan mereka Kami beri petunjuk ke jalan yang lurus. Itulah petunjuk Allah, dengan itu Dia memberi petunjuk kepada siapa saja di antara hamba-hamba-Nya yang Dia kehendaki. Sekiranya mereka mempersekutukan Allah, pasti lenyaplah amalan yang telah mereka kerjakan.

    (QS. Al-An'am Ayat 84-88)
    cover bottom ayah
  • Tata Cara Berbuka Puasa Sesuai Sunnah Rasul
    Tips
    Kamis, 03 Februari 2022 - 16:55 WIB
    Waktu berbuka puasa tentunya menjadi waktu yang ditunggu-tunggu dan membahagiakan bagi seluruh umat islam yang melaksanakan ibadah puasa, baik puasa wajib maupun puasa sunnah, seperti puasa Rajab dan Senin Kamis ini
  • Hukum Balas Dendam saat Berbuka Puasa
    Tips
    Senin, 03 April 2023 - 17:33 WIB
    Kebiasaan buruk yang sering kita lakukan saat sedang puasa adalah balas dendam ketika berbuka. Makan terlalu banyak, tidak bisa mengontrol diri, karena tubuh terlalu lemas dan lapar saat siang hari.
  • Berbuka Puasa dengan Kurma atau yang Manis?
    Tips
    Kamis, 15 April 2021 - 07:50 WIB
    Setiap kali mau berbuka puasa, maka iklan-iklan yang menggoda selera muncul di berbagai televisi. Umumnya iklan yang ada menampilkan slogan berbukalah dengan yang manis, Benarkah berbuka harus dengan yang manis?
  • Mengapa Berbuka Puasa Disunnahkan dengan Kurma? Begini Penjelasannya
    Tips
    Kamis, 14 April 2022 - 16:34 WIB
    Benarkah berbuka puasa harus dengan yang manis? Sebenarnya, buka puasa yang dianjurkan Nabi Shallallahu alaihi wa sallam adalah dengan kurma. Meski kurma itu manis, namun yang disebut Rasulullah adalah kurma.
  • Kesederhanaan Rasulullah SAW Saat Berbuka Puasa
    Muslimah
    Selasa, 13 April 2021 - 17:01 WIB
    Nabi Muhammad Shallallahualaihi wa sallam adalah sebaik-baiknya teladan manusia dalama kesederhanaan. Padahal, Rasulullah adalah pemimpin negara dan pemimpin umat, namun untuk berbuka puasa saja, Nabi SAW sangat sederhana.
  • 3 Doa Berbuka Puasa Berdasarkan Hadis Nabi SAW
    Tips
    Kamis, 23 Maret 2023 - 09:34 WIB
    Doa berbuka puasa yang diamalkan selama ini ada dua. Pertama Allhumma laka shumtu wa bika mantu wa al rizqika afthartu. Kedua adalah: Dzahabaz zhamau wabtallatil urqu wa tsabatal ajru, insy Allah.
  • Berpuasa Ketika Safar, Tetap Puasa Atau Berbuka?
    Tips
    Rabu, 29 April 2020 - 03:45 WIB
    Bagaimana hukum berpuasa ketika Safar (dalam perjalanan)? Apakah tetap berpuasa atau berbuka? Berikut penjelasan yang dinukil dari beberapa Hadis Nabi shallallahu alaihi wa sallam (SAW).
  • Begini Beban Berat Puasa Sebelum Turun Surat Al-Baqarah Ayat 187
    Tausyiah
    Jum'at, 25 Maret 2022 - 17:10 WIB
    Sebelum turun surat Al-Baqarah ayat 187, ketentuan puasa tidaklah seperti sekarang ini. Puasa nyaris sehari semalam. Buka puasa dalam rentang waktu Maghrib sampai Isya.
  • Memberi Makan Berbuka Puasa Pahalanya Sungguh Menggiurkan
    Tips
    Sabtu, 02 Mei 2020 - 02:54 WIB
    Salat mengantarkan seseorang pada separuh jalan. Puasa mengantarkannya pada pintu raja. Sedekah nantinya akan mengambilnya dan mengantarnya pada raja.
  • Mengapa Dianjurkan Berbuka Puasa dengan yang Manis? Begini Penjelasannya
    Tips
    Jum'at, 31 Maret 2023 - 12:51 WIB
    Ketika berbuka puasa, umat muslim dianjurkan untuk menyegerakan berbuka dengan makanan yang manis. Benarkah berbuka harus dengan yang manis? Bagaimana penjelasannya?
  • Inilah Cara Berbuka Puasa Sesuai Sunah Rasul
    Tips
    Minggu, 19 Maret 2023 - 09:25 WIB
    Waktu yang paling ditunggu-tunggu pada saat bulan Ramadan adalah waktu berbuka puasa. Saking senangnya menyambut waktu berbuka ini, banyak cara dilakukan untuk menanti datangnya waktu berbuka ini.
  • Pertama dalam 900 Tahun, Menara London Adakan Buka Puasa
    Dunia Islam
    Rabu, 06 April 2022 - 05:21 WIB
    Sejarah tercipta di Inggris pada bulan Ramadhan tahun ini. Untuk pertama kalinya, umat Muslim Inggris berbuka puasa di Menara London atau Tower of London pada Senin malam dalam sebuah acara lintas agama.
  • Hikmah Menyegerakan Berbuka Puasa
    Hikmah
    Kamis, 22 Juni 2017 - 11:50 WIB
    Tim Spirit of Ramadan (SOR) PPPA Daarul Quran masih &nbspterus istiqomah berjelajah memberikan manfaat menjelang akhir Ramadan.
  • Apakah Boleh Puasa Ramadan Jika Masih Punya Utang Puasa?
    Tips
    Senin, 15 Januari 2024 - 15:02 WIB
    Apakah boleh puasa ramadhan jika masih punya utang puasa? Menurut Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah, waktu untuk membayar puasa adalah pada hari-hari lain di luar bulan Ramadan.
  • Restoran Tempat Berbuka Puasa di Riyadh, Tak Melulu Masakan Arab
    Dunia Islam
    Minggu, 17 Maret 2024 - 12:51 WIB
    Berbuka puasa di Riyadh amat beragam. Ibu kota Arab Saudi ini memiliki beragam restoran lokal dan internasional yang menawarkan menu dan hidangan khusus untuk menandai bulan suci