Topik Terkait: Kisah Penciptaan

  • Permulaan Penciptaan (2/Tamat): Nur Muhammad Diciptakan Sebelum Ada Dunia
    Hikmah
    Jum'at, 01 Oktober 2021 - 05:10 WIB
    Syekh Abdul Qadir Al-Jilani (470-561 H) menjelaskan bahwa yang pertama kali Allah ciptakan adalah Nur Muhammad dari cahaya suci Keindahan-Nya. Berikut ulasannya.
  • Kisah Tanda Cahaya Muhammad Para Nabi, Menurut Wahab bin Munabbih
    Hikmah
    Sabtu, 08 Mei 2021 - 17:58 WIB
    Syits punya seorang anak laki-laki yang diberi nama Anusy. Di kening Syits terdapat cahaya Muhammad yang berpindah kepadanya dari Adam. Setelah Anusy lahir, cahaya itu berpindah ke keningnya.
  • Langit dan Bumi Diciptakan dalam 6 Masa, Ini Penjelasan Al-Quran dan Sains
    Hikmah
    Senin, 21 Februari 2022 - 21:46 WIB
    Jika kita mengetahui bagaimana penciptaan langit dan bumi pasti hati kita akan tunduk kepada-Nya. Allah mengabarkan bahwa langit dan bumi diciptakan dalam enam masa.
  • Kisah Abrahah yang Sombong dan Kehancuran Tentara Gajah
    Hikmah
    Kamis, 26 September 2019 - 18:49 WIB
    Ada dua peristiwa besar yang terjadi di Makkah pada masa Abdul Mutthalib (kakeknya Nabi Muhammad SAW). Pertama, penggalian sumur zam-zam oleh Abdul Mutthalib dan penyerangan Abrahah.
  • Kisah-Kisah Sufi Idries Shah: Tiga Orang Darwis
    Hikmah
    Minggu, 28 Juni 2020 - 11:37 WIB
    Mereka melakukan latihan bersama, mengharap agar ketiga kekuatan yang digabung akan cukup kuat untuk mendatangkan Kebenaran, yang mereka sebut Kebenaran Dalam.
  • Kisah Sufi Suhrawardi: Burung dan Telur
    Hikmah
    Selasa, 04 Januari 2022 - 13:18 WIB
    Kisah ini terdapat dalam beragam bentuk pada versi-versi yang berbeda dari karya Suhrawardi, Awarif al-Maarif pada abad kedua belas, dan mengandung berbagai pesan.
  • Kisah Nabi Muhammad SAW Menerima Wahyu Pertama
    Hikmah
    Jum'at, 01 Juni 2018 - 16:00 WIB
    Gua Hira di puncak Jabal Nur, Makkah, menjadi tempat bersejarah bagi umat Islam. Nabi Muhammad SAW menerima wahyu pertama kali dari Allah Swt di gua tersebut.
  • Kisah Umar bin Khattab, Khalifah Kedua yang Ditakuti Setan
    Hikmah
    Selasa, 15 Oktober 2019 - 14:37 WIB
    Khalifah Islam kedua bernama lengkap Umar bin Khatthab bin Nufail bin Abdul Izzy bin Rabah bin Qirath bin Razah bin Adi bin Kaab bin Luay Al-Quraisy Al-Adawy. Beliau terkadang dipanggil dengan Abu Hafash dan digelari Al-Faruq.
  • Tafsir Surat Al-Mulk Ayat 3: Penciptaan 7 Langit yang Sempurna Tanpa Penyangga
    Hikmah
    Kamis, 03 November 2022 - 22:20 WIB
    Pada ayat ke-3 Surat Al-Mulk ini Allah menegaskan kekuasaan-Nya menciptakan tujuh langit berlapis yang tidak ada cacat sama sekali. Inilah salah satu tanda kebesaran-Nya.
  • 3 Hikmah Besar pada Penciptaan Matahari dan Bulan
    Hikmah
    Minggu, 25 September 2022 - 22:33 WIB
    Allah menciptakan matahari bersinar dan bulan bercahaya sebagai bukti kekuasaan-Nya. Setidaknya ada tiga hikmah besar di balik penciptaan matahari dan bulan ini.
  • Kisah Jin yang Berdesakan Ingin Mendengar Suara Rasulullah
    Hikmah
    Kamis, 24 Mei 2018 - 16:45 WIB
    Dijelaskan dalam shahih Muslim, ketika Rasulullah SAW berdiri dan membaca Alquran dan ketika itu Iblis melihat pintu-pintu langit ditutup dan tidak bisa lagi ditembus oleh Iblis dan pasukannya.
  • Kisah Sufi: Ketika Semua Orang Bagaikan Raja
    Hikmah
    Kamis, 14 Desember 2023 - 07:31 WIB
    Pemuda itu harus mengadakan perjalanan ke sebuah negara bernama Misr, dengan menyamar. Oleh karena itu, ia diberi petunjuk-petunjuk untuk pengembaraannya itu, dan berpakaian sesuai dengan samarannya.
  • Kisah Rasulullah Berdialog dengan Unta
    Hikmah
    Minggu, 19 Mei 2019 - 09:30 WIB
    Nabi Muhammad SAW tidak hanya disifati dengan kejujuran dan akhlak mulia. Lebih dari itu, kemuliaan yang dimiliki Beliau berupa mukjizat membuat banyak orang takjub dan terpesona.
  • Kisah Sufi Mencari Makna Merak dan Ular
    Hikmah
    Sabtu, 13 November 2021 - 15:19 WIB
    Kisah ini, yang melegenda, menunjukkan bagaimana guru-guru darwis membentuk aliran-aliran-nya berdasarkan berbagai lambang, yang dipilih sebagai contoh dalam ajaran-ajarannya.
  • Kisah Sufi Dzun Nun: Ketika Air Berubah
    Hikmah
    Sabtu, 04 Desember 2021 - 08:39 WIB
    Kisah ini karangan Dzun Nun. Ia adalah tokoh paling awal dalam sejarah Thoriqoh Darwis Malamati, dianggap mempunyai persamaan yang dekat dengan keahlian anggota Persekutuan Rahasia.
  • Langit dan Bumi Dulunya Bersatu Sebelum Terpisah, Ini Penjelasan Al-Quran (1)
    Hikmah
    Senin, 27 Desember 2021 - 23:01 WIB
    Allah dengan sifat kesempurnaan-Nya menjelaskan bagaimana alam semesta ini diciptakan dengan keseimbangan. Langit dan bumi dulunya bersatu sebelum terpisah.
  • Kisah Lelaki Yahudi Berusia 600 Tahun Berkat Doa Ali bin Abi Thalib
    Hikmah
    Senin, 29 April 2019 - 16:59 WIB
    Kisah ini merupakan kisah nyata yang dialami seorang tokoh ulama di Hadramaut (Yaman) bernama Habib Idrus bin Husien Al-Alaydarus yang diakui kewaliannya.
  • Kisah Sufi Abdur-Rahtuan Jami: Si Bebal di Kota Agung
    Hikmah
    Kamis, 30 Desember 2021 - 12:45 WIB
    Kisah ini juga dalam kumpulan lelucon Mulla Nasruddin. Kisah ini termuat dalam karya klasik spiritual Salaman dan Absal karya penulis dan ahli mistik abad kelima belas, Abdur-Rahtuan Jami.
  • Kisah Hikmah : Jangan Berdusta Walaupun Hal Ringan
    Hikmah
    Minggu, 08 Januari 2023 - 14:40 WIB
    Ada kisah ringan dari seorang shahabiyah (sahabat perempuan Nabi SAW) Asma binti Umais. Ia adalah salah seorang wanita yang pertama memeluk Islam.
  • Kisah Sufi yang Cerdik Kalahkan Setan Raksasa Jahat
    Hikmah
    Rabu, 15 Juni 2022 - 11:55 WIB
    Versi ini berasal dari suatu Majmua (kumpulan kisah darwis) yang aslinya ditulis oleh Hikayati pada abad ke-11, menurut kolofon, tetapi dalam bentuknya yang kita baca ini ia berasal dari abad ke-16.