Topik Terkait: Menghidupkan Malam Idul Fitri

  • Menghidupkan Malam Hari Raya dengan Amalan yang Bernilai Pahala
    Muslimah
    Senin, 10 Mei 2021 - 13:35 WIB
    Setelah melaksanakan kewajiban berpuasa selama sebulan penuh, shalat taraweh dan amalan terpuji lainnya, tentu menyambut hari kemenangan menjadi hal yang sangat membahagiakan.
  • Hukum Makan Sebelum Sholat Idul Fitri
    Tips
    Minggu, 01 Mei 2022 - 03:30 WIB
    Umat muslim perlu mengetahui hukum makan sebelum melaksanakan sholat Idul Fitri. Seperti diketahui 1 Syawal merupakan waktu yang diharamkan untuk berpuasa.
  • Doa Malam Idulfitri, Waktu Mustajab untuk Bermunajat
    Tips
    Jum'at, 21 April 2023 - 23:22 WIB
    Berdoa di malam Idulfitri termasuk waktu mustajab dikabulkannya doa dan hajat. Berikut bacaan doa yang dapat dipanjatkan sebagaimana diamalkan Sayyidina Ali bin Abi Thalib.
  • Salat Idul Fitri dan Jumlah Jamaah yang Dipersyaratkan
    Tips
    Senin, 04 Mei 2020 - 09:50 WIB
    Pelaksanaan Salat Id tahun ini akan berbeda dari biasanya karena situasi pandemik wabah saat ini. Bagaimana cara mengerjakannya dan berapa jumlah jamaah yang dipersyaratkan? Berikut penjelasannya.
  • Amalan Idul Fitri, Pahalanya Bisa  Seperti Jihad Perang Badar
    Tausyiah
    Minggu, 24 Mei 2020 - 15:14 WIB
    Pada Idul Fitri ini umat Islam bisa mendapatkan pahala yang setara dengan sahabat yang ikut perang Badar, padahal kita tidak ikut dalam peperangan itu.
  • cover top ayah
    وَاِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ ءَاَنۡتَ قُلۡتَ لِلنَّاسِ اتَّخِذُوۡنِىۡ وَاُمِّىَ اِلٰهَيۡنِ مِنۡ دُوۡنِ اللّٰهِ‌ؕ قَالَ سُبۡحٰنَكَ مَا يَكُوۡنُ لِىۡۤ اَنۡ اَقُوۡلَ مَا لَـيۡسَ لِىۡ بِحَقٍّ‌ؕ اِنۡ كُنۡتُ قُلۡتُهٗ فَقَدۡ عَلِمۡتَهٗ‌ؕ تَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِىۡ وَلَاۤ اَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِكَ‌ؕ اِنَّكَ اَنۡتَ عَلَّامُ الۡغُيُوۡبِ‏ (١١٦) مَا قُلۡتُ لَهُمۡ اِلَّا مَاۤ اَمَرۡتَنِىۡ بِهٖۤ اَنِ اعۡبُدُوا اللّٰهَ رَبِّىۡ وَرَبَّكُمۡ‌ۚ وَكُنۡتُ عَلَيۡهِمۡ شَهِيۡدًا مَّا دُمۡتُ فِيۡهِمۡ‌ۚ فَلَمَّا تَوَفَّيۡتَنِىۡ كُنۡتَ اَنۡتَ الرَّقِيۡبَ عَلَيۡهِمۡ‌ؕ وَاَنۡتَ عَلٰى كُلِّ شَىۡءٍ شَهِيۡدٌ‏ (١١٧) اِنۡ تُعَذِّبۡهُمۡ فَاِنَّهُمۡ عِبَادُكَ‌ۚ وَاِنۡ تَغۡفِرۡ لَهُمۡ فَاِنَّكَ اَنۡتَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (١١٨)
    Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Engkaukah yang mengatakan kepada orang-orang, jadikanlah aku dan ibuku sebagai dua tuhan selain Allah? (Isa) menjawab, Mahasuci Engkau, tidak patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku. Jika aku pernah mengatakannya tentulah Engkau telah mengetahuinya. Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada-Mu. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala yang gaib. Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan kepadaku (yaitu), Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu, dan aku menjadi saksi terhadap mereka, selama aku berada di tengah-tengah mereka. Maka setelah Engkau mewafatkan aku, Engkaulah yang mengawasi mereka. Dan Engkaulah Yang Maha Menyaksikan atas segala sesuatu. Jika Engkau menyiksa mereka, maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba-Mu, dan jika Engkau mengampuni mereka, sesungguhnya Engkaulah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Maidah Ayat 116-118)
    cover bottom ayah
  • Niat Sholat Idul Fitri dan Tata Caranya
    Tips
    Rabu, 12 Mei 2021 - 04:38 WIB
    Niat sholat idul fitri bisa dilakukan dalam hati bisa juga dilafadzkan. Namun di dalam hadis, tidak dijumpai bagaimana lafadz niat salat idul fitri.
  • Idul Fitri dan Keselamatan Jiwa
    Hikmah
    Kamis, 21 Mei 2020 - 15:46 WIB
    Salah satu tujuan paling hakiki agama diturunkan adalah untuk memberi petunjuk supaya umat manusia memperoleh keselamatan di dunia dan akhirat.
  • Inilah Asal Mula Perayaan Idul Fitri
    Muslimah
    Jum'at, 07 Mei 2021 - 15:29 WIB
    Tak terasa gema takbir akan segera berkumandang untuk menyambut hari kemenangan, yakni Hari Raya Idul Fitri. Namun, tahukah Anda tentang asal mula perayaan Idul Fitri ini?
  • Nasihat Buya Yahya di Hari Idul Fitri, Bergembiralah!
    Tausyiah
    Senin, 25 Mei 2020 - 21:57 WIB
    Bulan Ramadhan boleh berlalu, namun semangat untuk beribadah jangan sampai mengendur. Umat Islam harus berusaha istiqamah sebagai wujud syukur kepada Allah Taala.
  • Idul Fitri, Bukan Sekadar Kembali Makan
    Tausyiah
    Minggu, 24 Mei 2020 - 05:51 WIB
    Dalam kitab-kitab fiqih disebutkan bahwa berniat tidak puasa pada saat hari Idul Fitri pahalanya seperti orang yang sedang puasa di hari-hari yang tidak dilarang.
  • Semangat Idul Fitri dan Perkuat Solidaritas Kemanusiaan serta Kebangsaan
    Dunia Islam
    Jum'at, 21 Mei 2021 - 19:48 WIB
    Momentum Idul Fitri merupakan hari kemenangan dan kebahagian. Namun ternyata tidak semuanya merasakan kemenangan dan kebahagiaan terutama mereka yang berada di daerah konflik seperti di Palestina.
  • Niat dan Tata Cara Sholat Idul Fitri Lengkap Arab dan Latin
    Tausyiah
    Minggu, 01 Mei 2022 - 23:31 WIB
    Berikut ini kamu ulas kembali bacaan niat dan tata cara sholat Idul Fitri (Ied). Sholat Ied dikerjakan 2 rakaat secara berjamaah. Tidak disyariatkan Adzan padanya.
  • Idul Fitri Tidak Hanya Hari Kemenangan, tapi juga Menjaga Fitrah Manusia
    Dunia Islam
    Selasa, 18 Mei 2021 - 12:37 WIB
    Umat Islam baru saja merayakan Hari Raya Idul Fitri di tengah situasi pandemi Covid-19. Melalui silaturahmi, momen Idul Fitri dinilai harus memperkuat semangat kebersamaan dan persaudaraan antarsesama.
  • 6 Amalan di Malam Takbiran dan Hari Raya Idul Fitri
    Tausiyah
    Selasa, 12 Juni 2018 - 09:40 WIB
    Malam Idul Fitri dan Idul Adha atau dikenal dengan malam takbiran adalah malam istimewa bagi umat Islam. Para ulama sepakat agar menghidupkan malam Idul Fitri dan Idul Adha dengan salat atau amalan sunnah lainnya.
  • Alternatif Lain, 7 Menit Khutbah Idul Fitri di Rumah Saat Corona
    Tips
    Rabu, 20 Mei 2020 - 16:35 WIB
    Berikut satu lagi naskah khutbah salat idul fitri di rumah di tengah pandemi. Khutbah ini menekankan momentum menjadikan rumah laksana surga di saat pandemi.
  • Lebaran Arab Saudi Mungkin Ahad, Salat Idul Fitri di Rumah
    Hikmah
    Jum'at, 22 Mei 2020 - 16:01 WIB
    Kemungkinan bulan tenggelam 10 menit sebelum matahari pada Jumat sore di Kota Makkah. Maka itu, 1 Syawal atau Idul Fitri 1441H bakal dirayakan pada Ahad 24 Mei 2020.
  • Muhasabah Idul Fitri, Berikut 2 Hal yang Wajib Kita Benahi
    Tausyiah
    Senin, 17 Mei 2021 - 09:21 WIB
    1 Syawal disebut dengan hari kemenangan karena merupakan hari puncak dari rentetan ibadah yang telah kita lakukan selama Ramadhan. Berikut dua hal yang wajib kita benahi setelah Idul Fitri.
  • Pusat Astronomi UEA Sebut Idul Fitri Jatuh Pada 2 Mei
    Dunia Islam
    Jum'at, 22 April 2022 - 01:07 WIB
    Direktur Pusat Astronomi Internasional UEA, Mohammed Shawkat Odeh, menjelaskan bahwa melihat bulan sabit pada 30 April tidak mungkin karena bulan akan terbenam sebelum matahari.
  • Khutbah Idul Fitri: Mengetuk Pintu Surga dengan Empat Amalan
    Tausyiah
    Sabtu, 22 April 2023 - 08:01 WIB
    Khutbah Idulfitri kali ini mengangkat tema mengetuk pintu surga disampaikan oleh Sekretaris Komisi Fatwa MUI Pusat KH Miftahul Huda. Berikut pesannya.
  • 2 Keutamaan Menghidupkan Malam Nisfu Syaban
    Tausyiah
    Selasa, 15 Maret 2022 - 14:39 WIB
    Malam Nisfu Syaban (15 Syaban) insya Allah jatuh Kamis malam (malam Jumat) bertepatan 17 Maret 2022. Ada dua keutamaan bagi yang menghidupkan ibadah pada malam Nisfu Syaban.