Topik Terkait: Sah Tidak Bayar Zakat Online

  • Bayar Zakat Online, Begini Pendapat Para Ulama tentang Hukumnya
    Tips
    Kamis, 29 Juli 2021 - 18:19 WIB
    Membayar zakat secara online atau dalam jaringan (daring) di era digital bukanlah sesuatu yang aneh. Kemenag juga menyarankan umat Islam membayar zakat secara online pada saat pandemi.
  • Membayar Zakat Fitrah Secara Online, Sahkah?
    Muslimah
    Selasa, 11 Mei 2021 - 05:55 WIB
    Allah menitipkan harta benda kepada manusia bukan hanya untuk diri sendiri, tetapi juga berbagi ke orang-orang sekitar. Zakat juga difungsikan untuk menyucikan harta.
  • Bagaimana Hukum Zakat Fitrah Online? Begini Penjelasan dan Niat Serta Tatacaranya
    Tausyiah
    Selasa, 11 April 2023 - 05:15 WIB
    Umumnya, ketika membayar zakat baik zakat fitrah maupun zakat mal, biasanya kita perlu melakukan doa sebagai tanda terima dari zakat yang telah kita berikan. Lantas bagaimana dengan hukum zakat online?
  • Hukum Bayar Zakat Fitrah Online Beserta Niat dan Tata Caranya
    Tips
    Selasa, 26 April 2022 - 17:15 WIB
    Ketika membayar zakat baik zakat fitrah maupun zakat mal, biasanya kita perlu melakukan doa sebagai tanda terima dari zakat yang telah kita berikan. Lantas bagaimana dengan hukum zakat online?
  • Perbedaan Zakat Fitrah dan Zakat Mal Berikut Takarannya
    Tausyiah
    Rabu, 19 April 2023 - 07:01 WIB
    Perbedaan Zakat Fitrah dan Zakat Mal penting diketahui kaum muslim berikut takarannya. Untuk diketahui, zakat sudah diwajibkan sebelum masa Rasulullah shollallahu alaihi wasallam.
  • Waktu Terbaik dan Paling Afdal Mengeluarkan Zakat Fitrah
    Tausyiah
    Kamis, 20 April 2023 - 03:01 WIB
    Mayoritas ulama mengatakan zakat fitrah hukumnya wajib bagi setiap jiwa kaum muslimin. Kapan waktu terbaik mengeluarkan zakat fitrah? Simak ulasan berikut ini.
  • Tata Cara, Waktu, dan Niat Zakat Fitrah Lengkap Bahasa Arab, Latin, serta Arti
    Tips
    Minggu, 07 April 2024 - 08:21 WIB
    Tata cara, waktu, dan niat zakat fitrah penting diketahui umat Muslim. Terlebih, saat ini sudah memasuki malam-malam terakhir bulan Ramadan dan menjelang Idulfitri.
  • PP Muhammadiyah: Pembagian Zakat Fitri Setelah Sholat Id Tetap Sah
    Tausyiah
    Senin, 25 April 2022 - 14:30 WIB
    Jika pembagian zakat fitri dilaksanakan setelah sholat Idul Fitri disebabkan kesulitan yang tidak mampu ditanggulangi oleh panitia, maka zakat fitri yang diserahkan kepada panitia sebelum pelaksanaan sholat Idul Fitri tetap sah
  • Zakat bagi kita
    Tausiyah
    Minggu, 04 Agustus 2013 - 09:05 WIB
    Zakat merupakan salah satu bentuk syariat Allah yang akan memberikan keuntungan itu. Ada banyak nilai dan keuntungan dari zakat bila telah ditunaikan dengan baik. Tiga keuntungan berzakat yaitu membersihkan harta dan jiwa, menumbuhkan dan menambahkan, memenuhi hak.
  • Zakat Fitrah Menurut Mazhab Syafii Tidak Dianjurkan Pakai Uang
    Tausyiah
    Selasa, 19 April 2022 - 23:53 WIB
    Dalam menunaikan zakat fitrah hendaknya umat muslim mengetahui hal-hal berikut. Bagi Mazhab Syafii, zakat fitrah tidak dianjurkan dengan uang.
  • 6 Lafaz Niat Bayar Zakat Fitrah Lengkap dalam Bahasa Arab, Latin dan Artinya
    Tips
    Senin, 01 April 2024 - 16:05 WIB
    Lafaz niat bayar zakat fitrah ini penting diketahui umat muslim. Meski niat adalah urusan hati, melafalkannya (talaffudh) dianjurkan sebab akan membantu seseorang untuk memantapkan niat tersebut.
  • Zakat Fitrah Hanya Diberikan kepada Orang Miskin
    Tausyiah
    Sabtu, 06 April 2024 - 13:47 WIB
    Rasulullah SAW mewajibkan zakat fitrah sebagai pembersih bagi orang yang berpuasa dari perkataan yang tak berguna dan kotor, dan sebagai makanan bagi orang-orang miskin.
  • Panitia Zakat Dadakan Apakah Termasuk Amil Zakat?
    Tips
    Senin, 10 Mei 2021 - 18:17 WIB
    Apakah panitia Zakat Fitrah yang dibentuk oleh takmir masjid berhak mendapat hasil dari Zakat Fitrah? Pertanyaan ini sering muncul di pengujung Ramadhan.
  • Zakat Fitri Wajib Bagi Setiap Muslim, Bagaimana dengan Janin?
    Tausyiah
    Kamis, 06 Mei 2021 - 04:39 WIB
    Disukai mengeluarkan zakat fitri bagi janin, maka zakat itu hanyalah dikeluarkan bagi janin yang telah ditiupkan ruh padanya. Sedangkan ruh, belum ditiupkan kecuali setelah empat bulan.
  • 3 Pandangan Fiqih tentang Zakat Penghasilan dan Profesi
    Tips
    Rabu, 18 Januari 2023 - 16:52 WIB
    Syaikh Yusuf al-Qardhawi mengatakan ada 3 pandangan fiqih tentang zakat penghasilan dan profesi. Setidaknya begitu jika kita mengacu pada pendapat para ulama. Apa saja?
  • Apakah Boleh Zakat Fitrah dengan Uang?
    Tips
    Selasa, 02 April 2024 - 05:15 WIB
    Apakah boleh Zakat Fitrah dengan uang? Berikut penjelasan Ustaz Isnan Ansory (pengajar Rumah Fiqih Indonesia) dalam Bukunya Itikaf, Qiyam al-Lail, Shalat Ied dan Zakat Al-Fithr di Tengah Wabah.
  • BAZNAS Alokasikan Rp9,5 Miliar untuk Pendistribusian Zakat Fitrah
    Dunia Islam
    Jum'at, 07 Mei 2021 - 11:12 WIB
    Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) telah menyiapkan alokasi dana sebesar Rp9,5 miliar untuk pendistribusian zakat fitrah di seluruh Indonesia.
  • Inilah Golongan yang Berhak Menerima Zakat Fitrah dan Dalilnya
    Tausyiah
    Selasa, 11 April 2023 - 08:03 WIB
    Zakat fitrah diwajibkan atas setiap jiwa baik lelaki dan perempuan muslim yang dilakukan di bulan Ramadan menjelang Idul Fitri. Lantas siapa saja yang berhak menerima zakat fitrah ini?
  • Beda Pendapat 4 Mazhab tentang Zakat Harta Penghasilan
    Tips
    Kamis, 09 Maret 2023 - 13:33 WIB
    Para imam mazhab empat berbeda pendapat yang cukup kisruh tentang harta penghasilan. Abu Hanifah berpendapat harta penghasilan itu dikeluarkan zakatnya bila mencapai masa setahun penuh.
  • Perbedaan Zakat Fitrah dan Zakat Maal
    Tips
    Kamis, 21 April 2022 - 23:56 WIB
    Perbedaan Zakat Fitrah dan Zakat Maal perlu diketahui umat muslim. Dalam Islam dikenal ada dua jenis zakat yaitu, zakat fitrah dan zakat maal (zakat harta).