Hukum Tajwid Surat Ibrahim Ayat 1-4

Senin, 29 Juli 2024 - 20:22 WIB
Mad thabi’i di surat Ibrahim pada kata diatas sebab huruf alif difathah. Panjang mad thabi’i adalah 1 alif atau 2 harakat.

مِنَ الظُّلُمٰتِ


Pada kalimat di atas ada 2 hukum tajwid, yaitu alif lam syamsiyah dan mad ashli. Alif lam syamsiyah sebab alif lam bertemu huruf dzho, ketika dibaca huruf lamnya tidak tampak, tandanya ada tasydid di atas huruf sesudah lam.

اِلَى النُّوْرِ ۙ


Pada kalimat di atas ada 3 hukum tajwid, yaitu alif lam syamsiyah, ghunnah dan mad thabi’i. Alif lam syamsiyah di surat Ibrahim ayat 1 ini terjadi sebab alif lam bertemu huruf syamsiyah yaitu Nun. Ghunnah sebab huruf nun ditasydi, sedangkan mad thabi’i sebab huruf wawu didlommah.

Idzhar syafawi

بِاِ ذْنِ رَبِّهِمْ اِ


Pada kalimat diatas ada 2 hukum tajwid, yaitu huruf ra dibaca tafkhim dan idzhar syafawi. Huruf ra dibaca tafkhim sebab berharakat fathah.

Idzhar syafawi di surat Ibrahim ayat 1 ini terjadi sebab mim sukun bertemu huruf alif, ketika dibaca huruf mimnya tidak boleh dengung.

اِلٰى صِرَا طِ


Pada kalimat di atas nama hukum tajwidnya adalah mad thabi’i atau mad ashli, sebab ada harakat fathah berdiri dan huruf alif difathah.

Alif lam qomariyah

طِ الْعَزِيْزِ


Hukum tajwid di atas adalah alif lam qomariyah dan mad thabi’i. Alif lam qomariyah di surat Ibrahim ayat 1 ini terjadi sebab alif lam bertemu huruf qomariyah yaitu ‘ain. Sedangkan mad thabi’i sebab huruf ya dikasrah.

Mad ‘aridl lissukun

زِ الْحَمِيْدِ ۙ


Pada kalimat diatas nama tajwidnya adalah alif lam qomariyah dan mad ‘aridl lissukun. Mad ‘aridl lissukun di surat Ibrahim ayat 1 ini terjadi sebab mad thabi’i (ya dikasrah) bertemu huruf hidup, kemudian bacaannya waqaf. Panjang mad ‘aridl lissukun antara 2-6 harakat.

Tajwid surat Ibrahim ayat 2

رۡضِ‌ؕ وَوَيۡلٌ لِّـلۡكٰفِرِيۡنَ مِنۡ عَذَابٍ شَدِيۡدِ


Allaahil lazii lahuu maa fis samaawaati wa maa fill ard; wa wailul lilkaafiriina min 'azaabin shadiid

2. Allah yang memiliki apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Celakalah bagi orang yang ingkar kepada Tuhan karena siksaan yang sangat berat,
Halaman :
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
cover top ayah
وَمَا عَلَّمۡنٰهُ الشِّعۡرَ وَمَا يَنۡۢبَغِىۡ لَهٗؕ اِنۡ هُوَ اِلَّا ذِكۡرٌ وَّقُرۡاٰنٌ مُّبِيۡنٌۙ (٦٩) لِّيُنۡذِرَ مَنۡ كَانَ حَيًّا وَّيَحِقَّ الۡقَوۡلُ عَلَى الۡكٰفِرِيۡنَ (٧٠)
Dan Kami tidak mengajarkan syair kepadanya (Muhammad) dan bersyair itu tidaklah pantas baginya. Al-Qur'an itu tidak lain hanyalah pelajaran dan Kitab yang jelas, agar dia (Muhammad) memberi peringatan kepada orang-orang yang hidup hatinya dan agar pasti ketetapan azab terhadap orang-orang kafir.

(QS. Yasin Ayat 69-70)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More