Hukum Tajwid Surat Ibrahim Ayat 1-4

Senin, 29 Juli 2024 - 20:22 WIB
اللّٰهِ الَّذِيْ


Pada kalimat di atas ada 2 hukum tajwid, yaitu tafkhim dan mad thabi’i. Tafkhim/tebal di surat Ibrahim ayat 2 ini terjadi sebab Lam Jalalah didahului oleh fathah. Mad thabi’i sebab huruf ya dikasrah.

لَهٗ


Ini adalah mad shilah qashirah, sebab Ha dlomir berharakat dlommah terbalik, panjangnya adalah 1 alif.

مَا


Ini adalah mad thabi’i.

فِى السَّمٰوٰتِ


Pada kalimat di atas ada 2 hukum tajwid, yaitu alif lam syamsiyah dan mad ashli. Alif lam syamsiyah terjadi sebab alif lam bertemu huruf sin. Mad ashli sebab ada harakat fathah berdiri.

وَمَا فِى الْاَ رْضِ ۗ 


Pada kalimat diatas ada 2 hukum tajwid, yaitu mad thabi’i dan alif lam qomariyah. Mad thabi’i sebab huruf alif difathah. Alif lam qomariyah sebab alif lam bertemu huruf ra.

وَوَيْلٌ


Ini adalah huruf lin, sebab huruf ya disukun oleh huruf berharakat fathah dan tidak waqaf.

لٌ لِّـلْ


Nama tajwid di atas adalah idgham bila ghunnah, sebab tanwin bertemu huruf lam.

لِّـلْكٰفِرِيْنَ


Nama tajwid di atas adalah mad ashli, sebab ada fathah berdiri dan huruf ya dikasrah.

مِنْ عَذَا


Pada kata di atas ada 2 hukum tajwid, yaitu idzhar halqi dan mad thabi’i. Idzhar halqi terjadi sebab nun sukun bertemu huruf ‘ain.

بٍ شَدِيْدِ ۙ 


Pada kata di atas ada 2 hukum tajwid,yaitu ikhfa haqiqi dan mad ‘aridl lissukun. Ikhfa haqiqi terjadi sebab tanwin bertemu huruf syin. Mad ‘aridl lissukun terjadi sebab mad thabi’i (ya dikasrah) bertemu huruf hidup, kemudian bacaannya waqaf.
Halaman :
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
cover top ayah
اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

(QS. Al-Maidah Ayat 110)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More