Topik Terkait: Ajaran Kaum Sufi (halaman 3)

  • Sedekah Seluruh Tubuh Menurut Imam Jafar Al-Shadiq
    Hikmah
    Rabu, 15 September 2021 - 16:17 WIB
    Imam Jafar Al-Shadiq berkata, sedekah itu wajib dilakukan setiap anggota tubuhmu, untuk setiap helai rambutmu, dan untuk setiap saat dalam hidupmu.
  • Kisah Sufi: Ketika Semua Orang Bagaikan Raja
    Hikmah
    Kamis, 14 Desember 2023 - 07:31 WIB
    Pemuda itu harus mengadakan perjalanan ke sebuah negara bernama Misr, dengan menyamar. Oleh karena itu, ia diberi petunjuk-petunjuk untuk pengembaraannya itu, dan berpakaian sesuai dengan samarannya.
  • Musyahadah Cinta Gus Sastro: Seni Mencintai dan Bertauhid kepada Sang Pencipta
    Dunia Islam
    Rabu, 27 April 2022 - 04:50 WIB
    Sekretaris PP Pagar Nusa Sastro Adi, musisi sekaligus aktivis Lembaga Seni Budaya Muslim Indonesia (Lesbumi) PBNU menyebut, musyahadah cinta sejatinya adalah kisah perjalanan tauhid seorang hamba menuju Tuhannya. Sebuah keniscayaan dalam mencari Tuhan, sebelum ia mengenal jati diri dalam fitrah. sesungguhnya,
  • Cerita Ajaran: Musa dan Penggembala
    Hikmah
    Jum'at, 11 Desember 2020 - 11:08 WIB
    Ini adalah penjelasan dari sebuah kutipan pendek yang penting dari Matsnawi, karya ar-Rumi, yang telah disampaikan oleh Khawja Fidai dari Kars, dalam Meditations on the Couplet of Our Master Jalaludin ar-Rumi.
  • Pandangan Filsafat dan Sufi tentang Bahagia dan Sengsara
    Tausyiah
    Senin, 06 Februari 2023 - 09:32 WIB
    Pandangan kefilsafatan dan kesufian tentang bahagia dan sengsara cenderung mengarah pada pengertian-pengertian yang lebih rohani daripada jasmani atau lebih psikologis daripada fisiologis.
  • Kisah Sufi yang Diganggu Setan dan Dialog dengan Nabi Khidir
    Hikmah
    Minggu, 26 September 2021 - 16:42 WIB
    Pada suatu saat, seorang sufi tengah tenggelam dalam doa-doanya. Setan datang menghampirinya dan berkata, Diamlah kau, Tuhan takkan pernah menjawabmu!
  • Kisah Sufi Faridudin Attar: Semut dan Capung
    Hikmah
    Kamis, 06 Januari 2022 - 11:44 WIB
    Kisah ini diriwayatkan oleh seorang darwis Bokhara dekat makam Al-Shah, Bahaudin Naqshabandi ini mirip dalam Divine Book karya Faridudin Attar, walaupun dalam penerapannya sedikit berbeda.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Semut dan Capung
    Hikmah
    Sabtu, 20 Juni 2020 - 06:10 WIB
    Seekor semut dengan rencana tersusun di pikirannya, sedang mencari-cari madu ketika seekor capung hinggap pada kuntum bunga itu dan menghisap madunya.
  • Kisah Sufi: Timur Agha dan Bahasa Binatang
    Hikmah
    Minggu, 08 Januari 2023 - 09:59 WIB
    Idries Shah mengatakan kisah ini dikaitkan (dalam bentuk awalnya) dengan Abu Ishak Chishti, pemimpin tarekat Darwis Menyanyi (Singing Dervishes) pada abad kesepuluh.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Saudagar dan Darwis Kristen
    Hikmah
    Minggu, 14 Juni 2020 - 06:15 WIB
    Rumi berkata: Lima puluh keping emasmu diterima. Tetapi, engkau telah kehilangan dua ratus, itulah sebabnya engkau kemari. Tuhan telah menghukummu.
  • Kisah Sufi: Perumpamaan tentang Anak-anak Serakah
    Hikmah
    Rabu, 04 Januari 2023 - 18:39 WIB
    Kisah ini diterbitkan oleh seorang Fransiskan, Roger Bacon, yang suka mengutip filsafat Sufi dan mengajar di Oxford, dan oleh karena itu ia kemudian dipecat atas perintah Paus.
  • Kisah Sufi Tarekat Khwajagan: Bendungan, 5 Orang Bersaudara dan Tuan Tanah Lalim
    Hikmah
    Senin, 30 Januari 2023 - 19:24 WIB
    Cerita ini menggambarkan asal-usul pelik dari ajaran-ajaran Sufi, yang datang dari suatu tempat, tetapi tampaknya datang dari tempat lain, sebab pikiran manusia tak dapat merasakan Sumber yang sejati.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Tiga Kebenaran
    Hikmah
    Kamis, 04 Juni 2020 - 06:23 WIB
    Bagi raja seperti Tuan, sahut Umar kepada tiran, yang padanya tak cukup hanya diungkapkan satu kebenaran melainkan tiga, kami juga bisa memberi kebenaran.
  • Kisah Sufi: Emas Keberuntungan Saudagar Abdul Malik
    Hikmah
    Kamis, 22 Desember 2022 - 10:03 WIB
    Sang darwis pada awal tahun 1950-an menasihati: Pusatkan perhatian pada bagian awal cerita, bukan pada pesan moralnya. Itu menunjukkan padamu tentang metode.
  • Cerita Ajaran: Orang Paling Bahagia di Dunia
    Hikmah
    Minggu, 20 Desember 2020 - 08:18 WIB
    Karena engkau belum siap untuk memahami. Engkau butuh pengalaman-pengalaman tertentu, dan itu harus diberikan padamu dalam satu cara yang mana akan menjamin bahwa engkau melewatinya.
  • Ulama Sufi Dunia Kunjungi Ketua Yayasan Indonesia Mengaji Syafruddin
    Dunia Islam
    Minggu, 27 Februari 2022 - 15:44 WIB
    Ulama Sufi Dunia Syaikh Muhammad Rajab Dib mengunjungi Ketua Yayasan Indonesia Mengaji Syafruddin di kantornya Jakarta, Minggu (27/2/2022).
  • Kisah Sufi Dzun Nun Al-Mishri: Pukullah pada Tanda Ini
    Hikmah
    Kamis, 09 Desember 2021 - 09:38 WIB
    Kisah ini bisa dibilang serupa dengan apa yang telah dituturkan oleh Paus Sylvester II, yang membawa pengetahuan dari Negeri Arab. Termasuk matematika, dari Sevilla, Spanyol, pada abad kesepuluh.
  • Canda Ala Sufi: Buah Pala untuk Bayi dan Dua Pintu Rumah
    Hikmah
    Kamis, 21 Januari 2021 - 15:10 WIB
    Mendengar ucapan istri Nashruddin, mereka bingung dan heran. Lalu mereka berkata, Beliau datang bersama kami dan baru saja masuk, karena beliaulah yang mengundang kami kemari.
  • Canda Ala Sufi: Manisan dan Pukulan
    Hikmah
    Minggu, 22 November 2020 - 06:37 WIB
    Tidak lama kemudian, penjual manisan itu mengambil sebuah tongkat dan memukulkannya ke tubuh Nashruddin. Namun, Nashruddin tidak peduli dan terus saja makan.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Mimpi dan Sepotong Roti
    Hikmah
    Minggu, 02 Agustus 2020 - 06:31 WIB
    Aku merasakan suatu kekuatan yang memaksaku bangun, mencari roti dan air itu, dan memakannya saat itu juga di sana. Dan itulah yang kulakukan semalam.