Topik Terkait: Ajaran Kaum Sufi (halaman 2)

  • Kisah Sufi Yunus Putra Adam: Makanan dari Surga
    Hikmah
    Minggu, 01 Januari 2023 - 09:36 WIB
    Yunus, putra Adam, adalah orang Suria, meninggal tahun 1670. Ia adalah seorang penemu dan mempunyai ketrampilan penyembuhan yang luar biasa. Berikut ini kisahnya.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Putra Raja
    Hikmah
    Sabtu, 25 Juli 2020 - 06:40 WIB
    Sebuah pesan pun disampaikan secara gaib kepada Sang Pangeran. Bangun! Sebab kau ini putra seorang raja, disuruh mengambil batu permata tertentu, dan kepada kami kau harus kembali.
  • Kisah Sufi: Emas Keberuntungan Saudagar Abdul Malik
    Hikmah
    Kamis, 22 Desember 2022 - 10:03 WIB
    Sang darwis pada awal tahun 1950-an menasihati: Pusatkan perhatian pada bagian awal cerita, bukan pada pesan moralnya. Itu menunjukkan padamu tentang metode.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Roti dan Permata
    Hikmah
    Selasa, 23 Juni 2020 - 06:09 WIB
    Konon, ada seorang raja memutuskan untuk memberikan sebagian kekayaannya tanpa pamrih. Ia ingin pula mengetahui apa yang terjadi atas pemberiannya itu.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Ketika Air Berubah
    Hikmah
    Sabtu, 18 Juli 2020 - 06:56 WIB
    Setiap kali merasa haus, ia, kembali ke tempat penyimpanannya dan minum airnya. Namun akhirnya, ia memutuskan minum air yang baru. Ia tidak tahan menanggung kesepian.
  • Puasa Kaum Sufi: Bukan Sekadar Menahan Lapar dan Haus
    Tausyiah
    Sabtu, 09 April 2022 - 11:56 WIB
    Menurut Syaikh Abdul Qadir, puasa juga berarti menahan secara mutlak dan menolak secara total dari apapun selain al-Haq. Puasa jenis ini adalah puasanya orang-orang yang akalnya bersih.
  • Kisah Sufi: Berharga dan Tak Berharga
    Hikmah
    Selasa, 23 November 2021 - 13:08 WIB
    Raja yang disinggung dalam kisah ini diduga adalah mendiang Nadir Shah dari Afghanistan, yang diabdi oleh Sufi Abdul-Hamid Khan, dan yang wafat pada tahun 1933.
  • Kisah Sufi Amil-Baba: Gerbang Surga
    Hikmah
    Selasa, 14 Desember 2021 - 12:43 WIB
    Walaupun dikenal sebagai cerita rakyat, asal usul kisah ini tidak diketahui. Beberapa orang menganggapnya berasal dari Hadrat Ali, khalifah keempat.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Tiga Ekor Ikan
    Hikmah
    Sabtu, 30 Mei 2020 - 06:04 WIB
    Akhirnya, penjala ikan itu berhenti. Ia membuka keranjang, dilihatnya ikan bodoh itu tidak bernafas, dan membawanya pulang untuk santapan kucing.
  • Jalan Kebenaran: Tauhid Tingkat Tinggi Sekaligus Abstrak Menurut Cak Nur
    Tausyiah
    Sabtu, 11 Februari 2023 - 10:19 WIB
    Jika dalam konteks duniawi berpikir selalu menuntut adanya pra-asumsi atau premis, maka dalam konteks pencarian Kebenaran sejati itu, pra-asumsi dan premis justru harus dilepaskan.
  • Kisah Sufi: Rapuhnya Pemisah Antara Kita dan Maut
    Hikmah
    Sabtu, 04 Maret 2023 - 11:49 WIB
    Rumusan para darwis adalah: Cobalah menyadari maut sampai kau tahu apa maut itu. Hanya sedikit penumpang yang secara serius tertarik pada peringatan tersebut.
  • Kisah Sufi Mullah Nashruddin Menurut Idries Shah
    Hikmah
    Rabu, 05 April 2023 - 17:29 WIB
    Jika kita melihat beberapa cerita klasik Nashruddin dengan cara seutuh mungkin, kita segera menemukan bahwa keseluruhan pendekatan skolastik merupakan cara terakhir yang diperbolehkan oleh Sufi.
  • Tertipu berulang Kali: Saat Setan Menyamar dengan Berbagai Rupa
    Hikmah
    Rabu, 22 September 2021 - 14:46 WIB
    Apabila satu kerugian saja membuatmu amat gelisah, maka kerugian-kerugian lain akan datang kepadamu dengan mudah. Setan menampakkan dirinya kepadamu dalam beragam penyamaran.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Isa dan Para Peragu
    Hikmah
    Selasa, 04 Agustus 2020 - 06:12 WIB
    Tradisi menyebutkan bahwa tokoh yang sering mengulang-ulang kisah ini adalah salah seorang dari orang-orang pertama yang menyandang gelar Sufi: Jabir bin Al-Hayyan
  • Hati Sukma dan Akal Menurut Para Filsuf dan Sufi
    Hikmah
    Kamis, 17 November 2022 - 15:37 WIB
    Menurut para filsuf dan sufi Islam, hakikat manusia itu jiwa yang berpikir (nafs insaniyah), tetapi mereka berbeda pendapat pada cara mencapai kesempurnaan manusia.
  • Kisah Sufi: Ucapan Terakhir Al-Hallaj Saat Dieksekusi Mati
    Hikmah
    Jum'at, 20 November 2020 - 06:10 WIB
    Aku hanya dapat mengatakan bahwa mereka memukulku karena mereka percaya bahwa mereka benar dan aku salah. Bagaimana aku dapat menuntut keadilan terhadap mereka?
  • Sepotong Roti Adonan Guru Sufi Ghulam Haidar dari Kashmir
    Hikmah
    Minggu, 15 November 2020 - 06:37 WIB
    Dan tamu-tamu tersebut tersebar, bahwa guru dikenal sebagai Sepotong Roti mereka Adonan yang dibuat Kashmir Pir, tanpa menghiraukan prasangka dasar mereka.
  • Ajaran Nizamudin Awlia: Tuan Rumah dan Tamu
    Hikmah
    Rabu, 01 Februari 2023 - 10:33 WIB
    Kisah ini tidak muncul dalam kumpulan karya klasik mana pun, tetapi mungkin ditemukan dalam koleksi catatan yang dimiliki para darwis mereka pun menceritakannya dari waktu ke waktu.
  • Kisah Sufi al-Rudbari: Ketika Tuan Lalim Menutup Bendungan
    Hikmah
    Minggu, 28 November 2021 - 17:47 WIB
    Cerita ini menggambarkan asal-usul pelik dari ajaran-ajaran Sufi, yang datang dari suatu tempat, tetapi tampaknya datang dari tempat lain, sebab pikiran manusia tak dapat merasakan Sumber yang sejati.
  • Kisah Sufi: 3 Macam Ilmu dalam Telaah Kemanusiaan
    Hikmah
    Selasa, 21 Februari 2023 - 14:30 WIB
    Nukilan ini tercatat dalam sebuah buku catatan darwis dalam Bahasa Persia, dan berbagai bentuk kisah itu terdapat dalam mazhab-mazhab Sufi yang tersebar mulai Damaskus sampai Delhi.