Topik Terkait: Al Jannah (halaman 31)

  • Amalan Doa untuk Ibu...
    Muslimah
    Selasa, 08 Maret 2022 - 13:39 WIB
    Amalan doa untuk ibu merupakan salah satu wujud menghormati dan berbakti kepada orang tua. Di dalam Al Quran dan hadis pun jelas disebutkan perintah untuk menghormati kedua orangtua, terutama Ibu
  • Wawasan Kebangsaan (4):...
    Tausyiah
    Minggu, 18 April 2021 - 17:53 WIB
    Orang-orang Yahudi yang bahasanya satu, yaitu bahasa Ibrani, dikecam oleh Al-Quran dengan menyatakan: Engkau menduga mereka bersatu, padahal hati mereka berkeping-keping.
  • Tata Cara Penyembelihan...
    Tausyiah
    Rabu, 10 Juli 2024 - 14:55 WIB
    Di samping itu dipersyaratkan juga, bahwa penyembelihan itu harus dilakukan pada leher, karena tempat ini yang lebih dekat untuk memisahkan hidup binatang dan lebih mudah.
  • Hadis Arbain: Apakah...
    Tips
    Jum'at, 17 November 2023 - 10:40 WIB
    Berikut ini adalah hadis Arbain ke-22 dari 42 daftar hadis Arbain karangan Imam Nawawi . Meski bernama Arban (berarti 40), kitab ini tak memuat hadis dengan jumlah persis 40, melainkan 42 hadis.
  • Darul Quran Mulia :...
    Dunia Islam
    Senin, 16 Oktober 2023 - 17:01 WIB
    Teknologi bukan hambatan melainkan tantangan bagi pondok pesantren, bahkan akses teknologi ini membuat tingkatan hafalan Al Quran meningkat 25%
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Ayat-ayat Al-Quran yang...
    Tips
    Rabu, 24 November 2021 - 13:32 WIB
    Motivasi memiliki pengaruh yang kuat bagi seseorang untuk melakukan sesuatu atau memberikan semangat yang selalu berhasil membuat keadaan seseorang menjadi lebih baik.
  • Surat Al-Jumuah Ayat...
    Hikmah
    Rabu, 16 Agustus 2023 - 16:20 WIB
    Surat Al-Jumah ayat 4, misalnya, dapat dijadikan wasilah atau doa agar harta yang kita miliki menjadi berkah. Adapun caranya yaitu dengan membaca ayat tersebut..
  • 3 Ayat Terakhir Surat...
    Tips
    Selasa, 13 Agustus 2024 - 05:42 WIB
    3 Ayat terakhir surat Al Baqarah adalah ayat 284-286. Surah Al-Baqarah adalah surah ke-2 dalam Al-Quran, serta merupakan surah terpanjang.
  • Keistimewaan Imam Al-Bukhari,...
    Hikmah
    Selasa, 15 September 2020 - 05:05 WIB
    Siapa sebenarnya Imam Al-Bukhari yang namanya begitu mahsyur di kalangan penuntut ilmu. Beliau adalah sosok ulama yang sangat dihormati karena kecerdasannya mengumpulkan hadis-hadis shahih.
  • Dasar Hukum Khitbah...
    Tausyiah
    Minggu, 03 Desember 2023 - 07:28 WIB
    Status hubungan dari khitbah masih sebatas tunangan, belumlah menjadi pasangan suami isteri. Oleh karena itu, pasangan yang telah bertunangan perlu mengindahkan syariat.
  • 5 Nama Hewan yang Diabadikan...
    Muslimah
    Jum'at, 19 Maret 2021 - 08:38 WIB
    Penamaan surat yang ada dalam Al-Quran menggambarkan isi atau kandungan ayat di dalamnya. Salah satunya dinamai dengan nama-nama hewan, karena isi atau kandungan ayat di dalamnya ada kisah yang melibatkan hewan.
  • 3 Pendapat Mengenai...
    Tausyiah
    Senin, 27 Maret 2023 - 12:03 WIB
    Salah satu pokok perselisihan di kalangan umat Islam yang terkait erat dengan masalah tawil ialah adanya ayat-ayat suci al-Quran yang muhkamat dan yang mutasyabihat.
  • Pada Situasi Seperti...
    Tausyiah
    Selasa, 04 Mei 2021 - 17:03 WIB
    Jangan sampai membaca Al-Quran mengganggu orang salat yang memerlukan konsentrasi, orang istirahat yang membutuhkan ketenangan, atau orang sakit yang memerlukan istirahat.
  • 4 Hadis Palsu tentang...
    Tausyiah
    Jum'at, 17 Juni 2022 - 21:42 WIB
    Setidaknya ada 4 hadis palsu yang berkaitan dengan dunia. Salah satunya adalah kalimat yang diklaim hadis yang berbunyi: Dunia adalah langkah seorang mukmin.
  • Keutamaan Membaca Surat...
    Tausyiah
    Jum'at, 03 Mei 2024 - 08:07 WIB
    Ada keutamaan yang paling dahsyat dari Surat Al Ikhlas yang pernah disabdakan Rasulullah SAW yakni membaca Surat Al Ikhlas akan disetarakan oleh Allah Taala seperti halnya membaca sepertiga Al-Quran
  • Misteri Nafs al-Wahidah...
    Tausyiah
    Minggu, 09 Oktober 2022 - 15:06 WIB
    Kitab-kitab tafsir mutabar dari kalangan jumhur menafsirkan kata nafs al-wahidah dengan Adam. Hanya saja, tetap saja banyak yang berpendapat al-Quran tidak menceritakan asal-usul kejadian perempuan.
  • 6 Hukum yang Diwajibkan...
    Tausyiah
    Senin, 18 April 2022 - 14:16 WIB
    Imam al-Ghazali dalam bukunya berjudul Ihya Ulum al-Din menyebut 6 hukum yang diwajibkan dalam berpuasa. Selain itu ada 4 jenis pengganti yang wajib dilakukan jika seseorang membatalkan puasa.
  • Nasehat Syaikh Abdul...
    Tausyiah
    Jum'at, 20 November 2020 - 05:00 WIB
    Jangan berkata bahwa Allah telah membuatmu miskin. Menjauhkan dunia darimu. Telah menjatuhkanmu. Telah menjadi musuhmu. Telah membuatmu kacau. Tak mengukuhkan jiwamu. Telah menghinakanmu.
  • Haramnya Pendapatan...
    Tausyiah
    Selasa, 13 Juni 2023 - 05:15 WIB
    Syaikh Yusuf al-Qardhawi mengatakan kerja yang dianjurkan oleh Islam dan diakui pengarah positifnya adalah kerja yang baik atau halal sesuai dengan syariat.
  • Konsep Politik Hasan...
    Dunia Islam
    Kamis, 23 November 2023 - 14:06 WIB
    Ketiga teori itu memberikan inspirasi terhadap Hasan al-Banna untuk menformulasikan sistem politik Mesir. Ide patriotisme dan nasionalisme menurut al-Banna secara substansial tidak bertentangan dengan Islam.