Topik Terkait: Amal Dan Ilmu (halaman 482)

  • Kisah Ibnu Ummi Maktum:...
    Hikmah
    Jum'at, 08 April 2022 - 18:59 WIB
    Sejak teguran Allah itu, bila Rasulullah SAW melihat Ibnu Ummi Maktum datang, beliau menggelar baju luarnya seraya bersabda, Selamat datang sahabat, yang aku dicela Tuhanku karenanya!
  • Sahabat Nabi Ini Menjadi...
    Dunia Islam
    Minggu, 10 April 2022 - 01:50 WIB
    Wakaf selama ini sering kali dipahami sempit sebagai menyerahkan tanah untuk dijadikan masjid, makam, dan madrasah atau sekolah.
  • Kisah Rasulullah SAW...
    Hikmah
    Senin, 11 April 2022 - 23:29 WIB
    Tak hanya umat muslim di Indonesia, Rasulullah shallallahu alaihi wasallam dan Sahabat juga pernah mudik ke Mekkah pada bulan Ramadhan. Berikut ceritanya.
  • Dukung Kualitas Ibadah...
    Dunia Islam
    Rabu, 13 April 2022 - 22:19 WIB
    Ramadhan menjadi moment meningkatkan ibadah kepada Allah SWT diantaranya dengan menebar kebaikan pada sesma. Ini pula yang dilakukan PT Layanan Keuangan Berbagi
  • Berapa Rakaat Sholat...
    Dunia Islam
    Sabtu, 16 April 2022 - 01:02 WIB
    Berapa rakaat sholat Tarawih di Masjidil Haram? Umat muslim di Arab Saudi sangat gembira menyusul diizinkannya pelaksanaan sholat Tarawih di Masjidil Haram tahun ini.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Memperbanyak Istighfar...
    Tips
    Minggu, 17 April 2022 - 03:00 WIB
    Anjuran untuk memperbanyak istighfar di waktu sahur, selaras dengan sabda Nabi Shallallahu alaihi wa sallam tentang turunnya Allah ke langit dunia:
  • 6 Hukum yang Diwajibkan...
    Tausyiah
    Senin, 18 April 2022 - 14:16 WIB
    Imam al-Ghazali dalam bukunya berjudul Ihya Ulum al-Din menyebut 6 hukum yang diwajibkan dalam berpuasa. Selain itu ada 4 jenis pengganti yang wajib dilakukan jika seseorang membatalkan puasa.
  • Begini 8 Tujuan Al-Quran...
    Tausyiah
    Selasa, 19 April 2022 - 03:00 WIB
    Apa sejatinya tujuan Al-Quran yang sering diperingati nuzululnya itu? Quraish Shihab menyebut bahwa antara lain ada 8 tujuannya, salah satunya untuk membersihkan akan dan mensucikan jiwa.
  • Quraish Shihab: Rasulullah...
    Tausyiah
    Rabu, 20 April 2022 - 03:00 WIB
    Rasulullah SAW mengajarkan kepada umatnya, dalam rangka menyambut kehadiran Lailat Al-Qadar itu, antara lain adalah melakukan itikaf. Walaupun itikaf dapat dilakukan kapan saja.
  • Istilah Zakat Pahala...
    Tausyiah
    Rabu, 20 April 2022 - 20:49 WIB
    Zakat thariqah adalah zakat pahala untuk orang-orang yang faqir dan miskin pahala karena kurangnya ilmu pengetahuan tentang agama sehingga amal ibadahnya sedikit bahkan ditolak oleh Allah SWT.
  • Podcast Religi Buat...
    Dunia Islam
    Jum'at, 08 April 2022 - 13:54 WIB
    Audio+ yang merupakan fitur dari platform RCTI+ memiliki beberapa konten yang hadir lebih banyak pada bulan Ramadhan ini. Salah satunya Podcast Kamus Ustadz.
  • Jadwal Buka Puasa Jakarta...
    Dunia Islam
    Jum'at, 08 April 2022 - 15:01 WIB
    Jadwal buka puasa untuk Jakarta dan sekitarnya ini berlaku untuk hari ini Jumat, 8 April 2022 (6 Ramadhan 1443 Hijriyah). Jadwal buka puasa ini lengkap dengan jadwal sholat.
  • Zubair bin Awwam: Ahli...
    Hikmah
    Sabtu, 09 April 2022 - 12:34 WIB
    Zubair bin Awwam salah seorang sahabat Nabi yang dijamin masuk surga. Beliau wafat pada saat pecah konflik di tubuh ummat Islam. Zubair ditikam pendukung Khalifah Ali bin Abu Thalib.
  • Melihat Kaum Tunawicara...
    Dunia Islam
    Senin, 11 April 2022 - 12:30 WIB
    Di tengah keterbatasan panca indera, anak-anak tuna wicara terlihat cukup antusias mengikuti Pesantren Ramadhan. Mereka dengan penuh antusias mengikuti pembelajaran
  • 3 Keutamaan Sedekah...
    Tips
    Senin, 11 April 2022 - 18:25 WIB
    Di dalam ayat Al-Quran disampaikan bahwa sedekah memiliki banyak keutamaan. Sedekah juga adalah amalan yang senantiasa dicontohkan oleh Rasulullah SAW.
  • 5 Keutamaan Sholat Tahajud...
    Tips
    Selasa, 12 April 2022 - 21:56 WIB
    Sebenarnya ada banyak keutamaan sholat tahajud. Walaupun bernilai sunnah, tapi sholat di malam hari setelah tidur ini sangat dianjurkan. Berikut 5 keutamaannya.
  • Bau Mulut Orang Berpuasa...
    Tausyiah
    Rabu, 13 April 2022 - 03:00 WIB
    Allah taala tidak akan menganggap bau mulut orang berpuasa, bahkan akan menggantikannya dengan aroma misik. Terpenting adalah kualitas kebersihan laku dan jiwa seseorang tatkala menjalankan puasa.
  • Jangan Terlewat! Ini...
    Tips
    Rabu, 13 April 2022 - 16:55 WIB
    Ada tiga waktu terkabulnya doa di bulan Ramadhan. Hendaknya umat Islam tidak melewatkan waktu tersebut kecuali dengan memperbanyak berdoa kepada Allah Taala.
  • Rahasia Keberkahan Puasa,...
    Tausyiah
    Kamis, 14 April 2022 - 03:05 WIB
    Tak terasa kita telah melewati 10 hari pertama puasa Ramadhan 1443 Hijriyah. Umat muslim perlu mengetahui rahasia keberkahan puasa agar bernilai di sisi Allah.
  • Kisah Fakhitah, Dua...
    Hikmah
    Kamis, 14 April 2022 - 17:20 WIB
    Sebelum menikah dengan Sayyidah Khadijah, Muhammad jatuh hati dengan Fakhitah. Sayang, cinta ini kandas di tengah jalan. Lamaran pria berjuluk Al-Amin ini ditolak.