Topik Terkait: Amalan Hati (halaman 102)

  • Yuk Amalkan, Doa Masuk...
    Tausiyah
    Sabtu, 19 Oktober 2019 - 14:37 WIB
    Ada satu doa memiliki keutamaan besar bagi yang mengamalkannya. Di zaman Rasulullah SAW, para sahabat hingga tabiin sering mengamalkan doa sekaligus zikir ini ketika memasuki pasar.
  • Flek Coklat Sebelum...
    Muslimah
    Kamis, 23 Desember 2021 - 10:13 WIB
    Ada flek coklat sebelum haid, bolehkan shalat? Pertanyaan ini umum dialami oleh kaum muslimah, sehingga mereka merasa ragu-ragu ketika akan melaksanakan kewajiban ibadah lima waktu ini.
  • Surat-surat Al-Quran...
    Muslimah
    Minggu, 16 Juli 2023 - 15:41 WIB
    Al-Quran menjelaskan tentang kondisi wanita yang hamil dalam beberapa ayat di dalamnya. B ahkan Al-Quran menceritakan detik-detik kelahiran seorang anak yang dikandung ibunya ketika usia kehamilan sudah waktunya melahirkan
  • Surat An-Najm Ayat 57-59,...
    Hikmah
    Kamis, 10 Agustus 2023 - 11:17 WIB
    Surat An-Najm ayat 57-59, misalnya, bisa menjadi doa atau wasilah agar terhindar dari bala. Adapun caranya yaitu dengan membaca Surat An-Najm ayat 57-59 secara istikamah.
  • Khubaib, Orang Pertama...
    Hikmah
    Rabu, 13 Mei 2020 - 07:30 WIB
    Ada satu kisah sahabat yang wafat syahid di zaman Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam. Beliau salat sunnah 2 rakaat sebelum dibunuh kaum musyrikin di tiang gantungan.
  • cover top ayah
    وَحُشِرَ لِسُلَيۡمٰنَ جُنُوۡدُهٗ مِنَ الۡجِنِّ وَالۡاِنۡسِ وَالطَّيۡرِ فَهُمۡ يُوۡزَعُوۡنَ (١٧) حَتّٰٓى اِذَاۤ اَتَوۡا عَلٰى وَادِ النَّمۡلِۙ قَالَتۡ نَمۡلَةٌ يّٰۤاَيُّهَا النَّمۡلُ ادۡخُلُوۡا مَسٰكِنَكُمۡ‌ۚ لَا يَحۡطِمَنَّكُمۡ سُلَيۡمٰنُ وَجُنُوۡدُهٗۙ وَهُمۡ لَا يَشۡعُرُوۡنَ‏ (١٨) فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّنۡ قَوۡلِهَا وَقَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًـا تَرۡضٰٮهُ وَاَدۡخِلۡنِىۡ بِرَحۡمَتِكَ فِىۡ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيۡنَ (١٩)
    Dan untuk Sulaiman dikumpulkan bala tentaranya dari jin, manusia dan burung, lalu mereka berbaris dengan tertib. Hingga ketika mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut, Wahai semut-semut! Masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari. Maka dia (Sulaiman) tersenyum lalu tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa, Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih.

    (QS. An-Naml Ayat 17-19)
    cover bottom ayah
  • Berikut Perbuatan Mulia...
    Tausyiah
    Minggu, 10 Mei 2020 - 03:47 WIB
    Al-Quran menjelaskan, sebagaimana yang dijelaskan oleh sunnah, bahwa sesungguhnya perbuatan manusia di sisi Allah itu memiliki berbagai tingkatan
  • 3 Amalan yang Dapat...
    Hikmah
    Jum'at, 07 Februari 2020 - 18:15 WIB
    Dalam pandangan syariat, penyakit lupa merupakan fitrah manusia. Ada 3 amalan yang dapat menguatkan ingatan seseorang. Berikut ulasannya.
  • Bila Jodoh Tak Kunjung...
    Muslimah
    Kamis, 04 Juli 2024 - 09:22 WIB
    Ketika jodoh yang tak kunjung datang maka seringkali orang tua menjodohkan anak dengan pilihannya. Bolehkan mencarikan jodoh atau melakukan perjodohan tersebut dalam pandangan syariat?
  • 6 Faedah Penting Hadis...
    Tausyiah
    Rabu, 29 Juli 2020 - 12:59 WIB
    Puasa Arafah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang, maknanya dosa selama dua tahun. Dosa jenis apa saja yang akan dihapus?
  • Suami-Istri Ibarat Pakaian,...
    Muslimah
    Jum'at, 21 Januari 2022 - 15:30 WIB
    Dalam Islam, hubungan antara suami dan istri yang baik adalah bagaikan pakaian. Artinya bahwa suami dan istri adalah perhiasan dan sekaligus sebagai penutup aib di antara keduanya
  • Hati-hati Jebakan Riba...
    Tips
    Selasa, 11 Mei 2021 - 09:05 WIB
    Sudah menjadi tradisi menjelang lebaran, kaum muslimin disibukkan dengan menukar uang pecahan baru guna memenuhi kebutuhan Hari Raya. Bagaimana hukumnya?
  • Bacaan Niat Puasa Sunnah...
    Tips
    Selasa, 31 Mei 2022 - 20:16 WIB
    Malam ini kita memasuki awal bulan Dzulqadah 1443 Hijriyah. Bagi yang ingin menunaikan puasa sunnah Dzulqadah besok hari, berikut bacaan niat lengkap Arab dan latinnya.
  • Sejarah Idul Fitri dan...
    Dunia Islam
    Kamis, 28 April 2022 - 13:23 WIB
    Tahukah bahwa Idul Fitri, Ramadhan dan Perang Badar ternyata sangat berkaitan. Bila kita menengok sejarah masa lalu, perayaan Idul Fitri pertama kali diselenggarakan pada 624 Masehi atau tahun ke-2 Hijriyah.
  • Begini Tata Cara Puasa...
    Tips
    Minggu, 02 Juni 2024 - 09:52 WIB
    Memasuki bulan awal Dzulhijjah, ada amalan yang penuh keutamaan yang dianjurkan dilaksanakan, salah satunya yakni puasa Arafah. Bagaimana tata cara puasa sunnah ini?
  • Kematian Itu Mendadak,...
    Muslimah
    Sabtu, 08 Agustus 2020 - 09:00 WIB
    Seandainya kita tahu betapa dahsyatnya keadaan manusia berdiri di padang Mahsyar kelak, maka kita akan terus berusaha meningkatkan kuantitas dan kualitas ibadah kita sekuat tenaga
  • Pengin Terlihat Cantik?...
    Muslimah
    Rabu, 17 Agustus 2022 - 13:55 WIB
    Meskipun tidak ada doa khusus, namun ada beberapa doa agar terlihat cantik dan bercahaya seperti wajah bidadari yang bisa dibaca dan amalkan para istri untuk suaminya.
  • Lebih Baik Tersibukkan...
    Hikmah
    Kamis, 02 Februari 2023 - 11:35 WIB
    Para ahli ilmu kalam telah menyusun seuntai pepatah: lebih baik tersibukkan dalam tugas-tugas perkawinan daripada dalam ibadah-ibadah sunnah. Apa maksudnya?
  • Doa Ketika Turun Hujan,...
    Tips
    Selasa, 19 Oktober 2021 - 14:46 WIB
    Musim hujan akan segera tiba. Agar hujan menjadi berkah, Islam menganjurkan umatnya untuk memanjatkan doa ketika hujan turun, saat hujan lebat, dan setelah hujan reda
  • Amalan di Malam Nuzulul...
    Tips
    Selasa, 26 Maret 2024 - 09:38 WIB
    Amalan di malam Nuzulul Quran yang paling utama adalah berdoa dan menjadi momen yang paling baik untuk berinteraksi dengan Al-Quran. Kenapa demikian?
  • Kenapa Membaca Al-Quran...
    Tausiyah
    Jum'at, 07 Februari 2020 - 20:16 WIB
    Umat Islam diperintahkan untuk membaca, mempelajari, mengamalkan dan mengajarkan Al-Quran. Salah satu ada adabnya adalah membacanya dengan tartil.